Perlengkapan lengkap Tabung Co2…!!!

image
Hallo masbro dan mbaksis….. Apa kabar semuanya…???
Aquascape memang sangat indah, apalagi jika tanaman yang ada di dalamnya tumbuh subur dan sehat. Semua itu tentu tidak mudah untuk merawatnya. Nah, untuk perlengkapan kebutuhan yang di perlukan buat aquascape ini ada banyak. Anda bisa baca (di sini) dan (di sini)
Diantara semua perlengkapan yang dibutuhkan, salah satunya yaitu tabung Co2  untuk tanaman. Di sini akan saya bahas tentang perlengkapan lengkapnya dan kegunaan dari masing-masing item.
Adapun macam-macamnya adalah sebagai berikut:
1. Tabung Co2
image
Kegunaannya yaitu untuk menyimpan gas Co2 supaya bisa bertahan cukup lama sesuai ukuran tabung dan cara penggunannya sendiri. Tabung ini tersedia berbagai ukuran. Dari ukuran 0,5 liter sampai 3 liter. Harganya mulai dari Rp. 380.000 hingga Rp. 1.200.000;
2. Regulator Co2
image
Fungsi dari regulator Co2 adalah untuk menjaga atau menstabilkan pengeluaran gas Co2 dari tabung. Selain itu juga memudahkan kita untuk menyetting besar/kecil nya pengeluaran gas sesuai keinginan kita.
3. Check Valve
image
Check valve berfungsi sebagai alat untuk menahan alur balik dari air yang ada didalam aquarium suoaya tidak masuk ke dalam tabung di saat gas Co2 nya habis. Semacam jalur one way. Memang jarang terjadi, tapi kemungkinannya selalu ada. Harganya tidak terlalu mahal hanya Rp. 2.000 saja.
4. Bubble Counter
image
Bubble counter berfungsi untuk memudahkan kita menghitung banyaknya suplai Co2 kedalam aquarium. Misalnya, jika kita ingin menyetting sebanyak 1 gelembung setiap 3/5 detik sekali, nanti akan terlihat gelembung yang keluar didalam bubble counter tersebut. Harga bubble counter ini adalah Rp. 40.000;
5. Diffuser
image
Diffuser berfungsi sebagai alat output untuk gas Co2 di dalam aquarium. Gas yang keluar akan menjadi halus sekali sehingga mudah tersebar didalam aquarium. Untuk penempatannya akan lebih bagus jika tepat di bagian bawah arus air, sehingga akan mudah tersebar merata ke seluruh aquarium. Harga diffuser ini sekitar Rp.60.000. Ada juga yang lebih mutah dan lebih mahal. Tergantung merk dan model produk tersebut.
6. Co2 Reactor
image
Alat ini berfungsi untuk mencampurkan Co2 ke dalam air sebelum masuk ke dalam aquarium. Harga Co2 reactor sekitar Rp. 90.000 hingga Rp. 120.000 tergantung ukuran.
Jika memakai alat ini, maka anda tidak perlu memakai diffuser lagi. Begitu huga sebaliknya, jika anda memilih untuk memakai diffuser, maka anda tidak perlu menggunakan Co2 reactor. Pilih salah satu saja.
Untuk pemasangannya silahkan perhatikan gambar dibawah ini…
Jika anda menggunakan diffuser, maka contoh pemasangannya seperti ini…
image
Jika anda menggunakan Co2 Reactor, maka pemasangannya seperti ini …..
image
Itulah sedikit informasi tentang kelengkapan tabung Co2. Semoga bisa nembantu anda yang sedang ingin membuat aquascape didalam rumah anda.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Posted by Ferboes Richardson

37 Comments

  1. nyimak dulu gan.
    btw ikan black ghost kira2 brp duit ya gan?
    ane lihat di pasar kopro tj. duren kagak ada yg jual -_-

  2. enakan sekalian masukin ikan gt,,
    jadi ikan nya keluarin co2,,
    tanaman ambil co2 nya keluarin o2,,
    ikan nya sebaliknya,,
    jadi simbiosis mutualisme gt..
    ga perlu keluarin duit gt banyak,, -__-

  3. Gan kalo buat aquarium ukuran 90cm kira kira bisa ga ya pake tablet co2 nya???
    Trz misal kan klo mau pake tabung co2 kira kira cukup nya pake yg ukuran brp gan?? Trz total pembelian nya kna brp buat tabung co2 untuk ukuran aquarium 90cm???

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. INFO: Tempat pengisian Tabung Co2 di Jakarta…!!! | Ferboes Richardson
  2. Co2 Tablet… Pilihan Praktis Untuk Aquascape Mini | Ferboes.com
  3. Diffuser 3 in 1: Paket Komplit By ISTA | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*