Ikan SUMPIT: cara berburu yang luar biasa…!!!

image

Ikan Sumpit

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya…???

Jika biasanya kita memakai sumpit untuk memakan mie ayam dan mie instan, maka Sumpit yang satu ini jelas sangat berbeda.

Ikan sumpit adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki cara berburu lain dari yang lainnya. Jika  biasanya ikan pemangsa berburu dengan cara mengejar, dan mengoyak mangsanya, ikan ini bisa menembak mangsanya dari jarak 1-2 meter 😯

image

Ikan sumpit tersebar di perairan india, australia, pasifik barat, dan asia tenggara termasuk Indonesia. Ikan dewasa bisa tumbuh hingga 40 cm, tapi rata-rata hanya tumbuh maksimal antara 25 sampai 30 cm. Ikan sumpit biasa bisa menembak sejauh 3-4 meter, akan tetapi tembakan paling akurat antara 1-1,5 meter. Ikan ini biasa berburu serangga yang ada di sekitar habitatnya. Setelah serangga tertembak jatuh, maka saat itu juga ikan sumpit akan memangsanya dengan segera.

image

image

Selain jago menembakan air ke udara, ikan ini juga jago melompat untuk berburu mangsanya. Lompatan ikan ini bisa mencapai 30 cm dari permukaan air.  Selain serangga, ikan ini juga berburu ikan-ikan kecil yang ada didalam air.

image

image

Populasi ikan ini mulai berkurang karena perusakan hutan bakau. Belum terlalu banyak pembudidaya ikan hias yang membudidayakan ikan ini. Sebenarnya cukup banyak diminati oleh para pecinta ikan hias. Tapi ikannya sendiri jarang di temui, terutama di tempat saya bekerja yaitu di daerah Grogol Jakarta barat. Mungkin di tempat lain ada banyak.

image

Bagaimana pendapat anda tentang ikan Sumpit ini….???
Atau mungkin di daerah anda banyak ikan ini di sungai…???
Silahkan di komentari….

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Lapak Ferboes disini

Sumber foto dan info: ada disini

Written by: Ferboes Richardson

23 Comments

  1. di sungai ketemu yg besar. nembak serangga lumayan jauh. dapet. 1 meter lebih kira2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*