DEHIDRASI: Jangan dianggap remeh…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Setiap hari, tubuh kita selalu membutuhkan cairan supaya kita tetap bisa beraktivitas dan tetap aktif. Apabila tubuh kita mengalami kekurangan cairan, maka biasanya kita akan merasa lemas dan kurang bersemangat.
Kekurangan cairan tubuh biasa kita kenal dengan istilah Dehidrasi.

Disarankan oleh para ahli bahwa setiap harinya kita dituntut untuk mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas air. Ukuran gelas normal sekitar 200-250 ml. Cmiiw
Jika kita kurang minum dan menyuplai cairan untuk tubuh kita, maka kita bisa saja terkena Dehidrasi.

image

Dehidrasi banyak sekali gejala-gejalanya. Sebagian orang mungkin hanya mengetahui bahwa jika kita dehidrasi, maka tubuh kita akan terasa lemah dan tak bersemangat. Itu adalah gejala-gejala umum yang terbilang masih termasuk gejala ringan. Sebenarnya efek yang ditimbulkan oleh kekurangan cairan bisa lebih dari itu. Misalnya, bibir pecah-pecah, kulit kering, hingga terjadi kram dan sulit bergerak. Gak percaya….???

Saya termasuk salah satu orang yang sudah mengalami kejadian tersebut, tidak hanya sekali tetapi sudah 3 kali mengalami hal serupa. Dehidrasi hingga tubuh terasa kaku, dan sulit bergerak. Ini sudah termasuk gejala dehidrasi yang terbilang berat.

Gejala awal yang saya alami sebelum tubuh saya benar-benar menjadi kaku dan sulit bergerak adalah….
-Badan terasa kesemutan di seluruh tubuh
-keringat dingin keluar banyak sekali hingga pakaian menjadi basah
-dada terasa sesak dan sulit bernafas
-urat-urat tubuh serasa tertarik hingga akhirnya tidak bisa bergerak.
Pertama kali saya mengalami hal itu, saya sempat takut dan panik karena kondisi tubuh sangat mirip dengan penderita STROKE.

image

Cara mengatasinya….
-biarkan tubuh berbaring ditempat yang rata dan nyaman.
-pijat bagian yang terasa kaku (biasanya bagian tangan dan kaki)
-berikan minuman teh hangat yang dicampur dengan garam.

Perlahan-lahan akan terasa seperti ada yang mengalit didalam tubuh kita dan bersamaan dengan itu, tubuh kita akan bisa digerakkan dengan perlahan. Istirahat sejenak setelah tubuh merasa lebih baik, kalau bisa tidak perlu melakukan aktivitas terlebih dahulu. Setelah itu minumlah air putih atau bisa juga minuman isotonik untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

image

Dari kejadian yang sudah saya alami, penyebab gejala dehidrasi tersebut adalah karena saya kurang mengkonsumsi air putih. Selain itu kemungkinan tubuh saya tidak kuat dengan suhu panas terik matahari. Pada saat itu memang sedang tugas keluar untuk mengantar aquarium pesanan pelanggan.

Setelah konsultasi dengan dokter, menurut penuturannya dehidrasi bisa juga dialami saat kita menderita diare dan muntah-muntah. Itu juga harus diwaspadai. Karena saat anda terkena penyakit diare dan muntah-muntah, tubuh kita kehilangan banyak sekali cairan tubuh. Jadi efek dehidrasi gak cuma lemas dan tak bersemangat aja. Bisa lebih dari itu, bahkan bisa saja menyebabkan kematian jika tingkat dehidrasinya sudah parah dan tidak cepat-cepat mendapatkan pertolongan.

image

Jadi, mulai sekarang biasakanlah untuk minum air sebanyak mungkin supaya anda terbebas dari Dehidrasi yang ringan maupun dehidrasi berat. Mengkonsumsi air kelapa muda, dan berolahraga supaya tubuh tetap sehat dan bugar. Serta biasakan untuk hidup sehat tanpa Drugs dan Alkohol.

Semua yang saya sampaikan adalah pengalaman pribadi yang pernah saya alami. Dan informasi tambahannya saya dapatkan saat saya berkonsultasi dengan dokter di klinik yang merawat saya.

Semoga sedikit ulasan saya kali ini bisa berguna bagi anda semuanya. Jika anda memiliki informasi tambahan, silahkan ditambahkan infonya dikolom komentar. Tentu itu akan sangat membantu para pembaca yang membutuhkan.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Lapak Ferboes disini

Written by: Ferboes Richardson

34 Comments

  1. wualaahh.. ane ga bisa ini..
    mau fokus ke botol berisi air nya malah belok ke yg lain fokusnya.. ahaha
    sulit sulit 😀
    hayoo ngaku..

  2. mimumlah air minimal 2 liter sehari. kurang dari itu dehidrasi bisa menyerang kita. poko’e paksa dan nanti akan terbiasa minum 2 liter sehari. setelah itu kita akan enak kalo minum 2 liter lebih. tanda tubuh enak ini kalo minun berarti kita tidak akan mudah dehidrasi. cairan tubuh tercukupi.

    jika sudah terpenuhi cairan tubuh, kulit jadi cantik, aka lembab, bibir basah aka lembab, rambut tidak mudah kering dan lecek aka lembab, dan macem macem. tubuh makin bugar.

    waktu minum air usahakan kapan saja. jika kita bukan penderita gagal ginjal, kita bisa kapan saja sepuasnya minum air di mana pun kapan pun dalam tanda kutip. jika ada yang sudah gagal ginjal maka minum air tidak boleh sembarangan dan berlebih.

    ayo bro minum terus minimal 2 liter. awalnya kalo ga biasa sakit. tapi kalo biasa kita akan senang jika minum banyak.

  3. oleh sebab itu ane saranin ada sejenis botol minuman yg bisa ditempel dibadan seperti punya pembalap yg dipasang di wearpack, jadi tinggal SEDOTT…

  4. uaseeemmmikk.. model gambar wedoke suegeeer men caaah.. Im getting hornnnnnnnnny.. hellyeaaah 😀

1 Trackback / Pingback

  1. Tiada Hari Tanpa Gadget…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*