Tips Pemeliharaan ikan koki…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Ikan koki merupakan salah satu jenis ikan yang paling digemari dan paling laku di pasaran, karena hampir setiap hari pasti ada yang beli ikan ini ditempat saya bekerja 😀
Selain itu, ikan koki juga terkenal sebagai ikan yang jorok karena banyak kotorannya. Jika kita mau memelihara ikan ini, kita harus exstra rajin dalam mengurusnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa masbro dan mbaksis lakukan bila ingin memelihara ikan koki.
Jenis ikan koki
Sebelum kita memelihara ikan koki, pertama-tama kita harus tahu dulu jenis ikan yang akan kita pelihara dan bagaimana perilakunya. Untuk macam-macam jenis ikan koki, anda bisa klik disini. Supaya nanti kita gak asal campur mencampur macam-macam jenis tersebut, karena ada beberapa jenis ikan koki yang gak bisa di campur dengan jenis lain. Salah satunya adalah ikan koki bubble eyes (mata balon) dan ikan koki jenis mutiara. Ikan koki juga bisa digabung dengan ikan lain. Untuk saran tankmate ikan koki, silahkan klik disini
Filter air
Ikan koki merupakan ikan yang memiliki banyak lendir dan banyak kotoran. Hal ini bisa menyebabkan tingkat amonia didalam air menjadi tinggi yang dapat membuat air menjadi cepat kotor/keruh dan dapat mengganggu kesehatan ikan anda. Usahakan untuk memakai filter yang lebih besar dari filter standart aquarium.
Misalnya, filter aquarium dibuat sebesar 1/3 dari aquarium,biasanya dibuat semacam filter bawah dengan sekat-sekat kaca.atau disesuaikan dengan banyaknya ikan yang akan anda pelihara. Usahakan jangan terlalu padat supaya ikan gak gampang sakit dan filter bisa bekerja maksimal.
Pemberian Pakan
Ikan ini termasuk ikan yang bisa dibilang “gak ada kenyangnya” kapanpun dikasih makan, pasti akan dimakan terus. Sebenarnya gak ada larangan untuk terus-terisan memberi makan, tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya:
• Jenis ikan, untuk jenis Ryukin, demekin, tossakin, butterfly, mutiara adalah beberapa jenis ikan koki yang paling rawan terkena penyakit swimbladder (berenang terbalik) jika kebanyakan makan.
• Kualitas pakan, pilihlan pakan yang bagus dan bermutu untuk ikan kesayangan anda. Karena pengaruh pakan yang jelek juga bisa membuat ikan anda menjadi jelek juga.
• Waktu pemberian pakan, ikan koki bisa diberikan pakan setiap 1-2 jam sekali. Asalkan tidak terlalu banyak. Jika dalam waktu maksimal 10 menit tidak habis, lebih baik anda segera membersihkan sisa makanannya.
Penggantian Air
Supaya ikan koki kita selalu sehat dan aktif, kita harus rutin untuk melakukan penggantian air di dalam aquarium. Lakukan penggantian air secara berkala setiap 3 sampai 5 hari sekali. Atau jika ikan anda tidak terlalu banyak, seminggu sekali cukup asalkan media filter selalu dikontrol dan diganti jika memang sudah tidak layak untuk dipakai. Jangan lupa untuk selalu memberikan garam ikan setiap melakukan penggantian air. Untuk tips cara penggantian air aquarium, silahkan baca disini
Sinar Matahari
Semua makhluk hidup membutuhkan sinar matahari, begitu juga ikan hias jenis apapun.
Sinar matahari sangat bagus untuk ikan supaya tetap sehat dan aktif, selain itu juga dapat membuat warna ikan anda menjadi lebih cerah. Jika tidak memungkinkan untuk meletakkan aquarium anda ditempat yang terkena sinar matahari, maka anda bisa menggunakan lampu matahari sebagai gantinya. Maksimal nyalakan lampu selama 12 jam sehari.
image
Jika anda mengikuti tips-tips diatas, insyaallah ikan koki anda akan selalu sehat, lincah, dan semakin didepan semakin menggemaskan. Biarpun begitu, tentu saja kita jangan lupa untuj selalu berdo’a sesuai kepercayaan masing-masing supaya kita, keluarga kita dan ikan peliharaan kita diberi kesehatan dan dijauhkan dari penyakit :mrgreen:
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Lapak Ferboes disini
Written by Ferboes Richardson
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR

35 Comments

  1. • Jenis ikan, untuk jenis Ryukin, demekin, tossakin, butterfly, mutiara adalah beberapa jenis ikan koki yang paling rawan terkena penyakit swimbladder (berenang terbalik) jika kebanyakan makan.
    =======================================================
    lah ini yang paling lucu dari ikan koki, beri makan ampe kekenyangan and start d show, koki freestyle

  2. bro, misal saya pelihara ikan. trus kalo ditinggal mudik 10 hari gimana ngasih makannya?
    tolong dijawab ya om, biar ngerti, saya awam

  3. Musuh utama koki mati lampu Boes “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮, rentan banget ama bubble oksigen, jam 10 mlm mati lampu jam 3 pagi hidup lagi, koki se aquarium aye koit semua bwawawawa 🙁 :(, dulu hobby aye koki jenis lion-head yg ngak ada sirip atasnya jadi sepintas mirip barongsai hehehe

  4. Kak mau nnya, kalo gabungin koki dengan udang hias/sapu2 untuk cleaning service aquarium boleh ga?

7 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ikan Koki Hitam Warnanya Luntur/Pudar | Ferboes Richardson
  2. Cara Membesarkan Ikan Koki | Ferboes.com
  3. Tips Agar Ikan Koki Selalu Lincah…!!! | Ferboes.com
  4. Warna – Warni Ikan Koki | Ferboes.com
  5. Cara Merawat Telur dan Burayak Ikan Koki | Ferboes.com
  6. Perawatan Dan Pemeliharaan Ikan Koki Untuk Pemula… | Ferboes.com
  7. Bak Pembesaran Ikan Koki… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*