Ikan Discus: Ini Yang Harus di Perhatikan…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Salah satu ikan hias air tawar yang penuh warna adalah ikan Discus. Ikan yang memiliki bentuk badan yang membulat empuk dan kenyal dan tipis ini menjadi salah satu ikan terfavourit karena memiliki warna-warna yang cerah dan beragam. Mulai dari warna putih, biru, merah, kuning, coklat, sampai yang belang-belang pun juga ada. Warna-warni ikan Discus ada [disini]. Beberapa tahun yang lalu ikan ini masih banyak yang di import dari luar negeri, tapi sekarang hasil peternak dan hobbies lokal juga tak kalah bagusnya dengan ikan discus import. Salut buat para peternak ikan discus lokal, karena mereka sekarang harga ikan ini tidak terlalu mahal untuk dimiliki.

image

Discus Red melon

Sebelum anda memutuskan untuk memelihara ikan ini, maka simaklah beberapa hal yang harus anda perharikan berikut ini.
Suhu Air
Ikan discus merupakan ikan tropis yang menyukai suhu sedang diantara 28°-30°. Jika anda hendak memeliharanya ditempat yang suhunya rendah, misal diruangan ber-AC maka anda harus memasang Heater untuk menjaga suhu airnya agar tetap stabil sesuai yang kita inginkan. Usahakan setting diatas 29° celcius. Mengenai Heater, anda bisa membacanya disini. Tapi jika anda memeliharanya ditempat suhu yang normal antara 28°-30° celcius, lebih baik tidak perlu memakai heater agar supaya ikan-ikan anda tidak menjadi manja. Namun apabila di saat musim hujan, lebih baik anda selalu memasang heater, karena saat musim hujan suhu air bisa naik dan turun tak tentu.
Kadar PH air
Untuk hal yang satu ini mungkin agak sedikit susah. Karena anda membutuhkan sebuah alat yang bernama PH tester. Yups, kadar PH air yang bagus atau sesuai untuk ikan diantara 6,5-7,5. Akan tetapi ada beberapa ikan discus mampu hidup dengan kadar PH yang lebih rendah maupun lebih tinggi dari yang saya sebutkan diatas, Tapi… mungkin akan berpengaruh pada warna ikan discus tersebut menjadi kurang bagus atau tidak cerah.
Makanan ikan Discus
Makanan yang paling banyak dipakai untuk ikan discus adalah cacing beku maupun cacing sutra. Selain itu ada juga yang memakai jantung sapi yang dihaluskan dengan cara di blender kemudian bisa ditambahkan obat untuk membantu mencerahkan warnanya.
Untuk obat yang bisa mencerahkan warna ikan, anda bisa membacanya [disini]
Jika anda tidak mau repot, cara paling mudah dan hasil yang memuaskan, anda bisa memberikan pakan berupa pellet yang berbentuk granule yaitu Tetrabits Complete untuk semua jenis ikan discus anda.
image

Tetrabits Complete for Discus

Makanan ini mengandung vitamin-vitamin yang bagus untuk ikan discus anda. Bahkan makanan ini juga bisa digunakan untuk ikan-ikan hias lainnya.
Tankmate ikan Discus
Ikan discus termasuk jenis ikan yang tenang dan tidak terlalu aktif. Ikan discus mudah stres jika anda mencampurnya dengan ikan-ikan yang agresif. Misalnya, jenis-jenis ikan cichlid semacam lemon, frontosa, tropheus dan sebagainya. Pilihlah jenis ikan yang tidak agresif atau galak kepada ikan lain sebagai tankmate ikan discus. Ciri-ciri ikan discus yang mulai stres, biasanya ditandai dengan perubahan warnanya yang menjadi lebih gelap, sirip-sirip menguncup, dan ikan terlihat malas untuk berenang. Jika ikan anda ada yang seperti itu, segeralah anda pisahkan dari ikan-ikan lain yang masih sehat dan segera berikan treatment agar supaya cepat sembuh.
Beberapa hal diatas haruslah diperhatikan agar ikan discus anda tumbuh menjadi ikan yang cantik dan memiliki warna yang cerah.
Satu tambahan lagi….
Penggantian air secara berkala
Lakukan penggantian air dan membersihkan media filter secara berkala minimal seminggu sekali. Banyaknya penggantian air maksimal sebanyak 50% dari volume aquarium anda. Karena ikan discus termasuk ikan yang sensitif terhadap perubahan air baru. Usahakan memakai air yang sudah ditampung dan di aerasi terlebih dahulu. Bisa juga menambahkan vitamin-vitamin untuk airnya seperti garam ikan, daun ketapang, ataupun vitamin cair yang dijual ditoko-toko ikan hias di kota anda.
Semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa berguna bagi anda pecinta ikan discus.
Jika ada hal yang ingin anda tanyakan atau anda ingin menambahkan informasi, silahkan anda tuliskan dikolom komentar. 🙂
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Lapak Ferboes disini
Written by Ferboes Richardson
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR

28 Comments

  1. dah bikin aquarium buat neh ikan,,
    tapi pas tanya ma tukang ikan gmn rawatnya..
    ternyata ya ini susah banget,,
    musti suhu aer nya gini,, ph nya gini,,
    kasih makan nya kudu gini gitu..
    musti pake heater segala,, dsb,,
    pusing2 piara aligator atw palmas aja,,
    kalo lagi ada duit piara arwana,, dah ga pusing..

  2. ini ikan seneng rapat/meeting..semuanya harus di diskusikan terlebih dahulu..dah kayak DiRut..
    Direktur Gendut!!

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Discus Red Melon: This Is Absolutely Red…!!! | Ferboes.com
  2. Ikan Sepat Biru: Bahasa Kerennya Mini Gurame Blue Neon | Ferboes.com
  3. Ikan Hias Kecil Ini Tetap Terlihat Menarik… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*