Tips: Saat Mati Lampu (listrik mati) Bagaimana dengan ikan kita…???

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Beberapa diantara penghobby ikan hias, sering mengeluhkan tentang hal kematian ikan kesayangan mereka disaat terjadi pemadaman listrik atau biasa kita menyebutnya mati lampu. Ikan didalam aquarium membutuhkan arus air dan suplay oksigen dari filter aquarium dan mesin aerator (air pump), disaat mati lampu otomatis semua alat tersebut juga ikut mati. Bagi yang tidak memiliki Genset dirumah, tentu saja akan menjadi sebuah masalah untuk ikan-ikan mereka. Tapi tenang….!!!
Semoga beberapa tips yang akan saya berikan di bawah ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang tidak memiliki Genset di rumah anda.

Gunakan Air pump Batterey
Di saat mai lampu, semua alat di dalam aquarium akan mati karena sumber tenaga berasal dari listrik. Sedangkan ikan kita membutuhkan suplay oksigen untuk kelangsungan hidup mereka. Jika anda tidak memiliki Genset atau generator dirumah, anda bisa memakai Air pump (pompa gelembung) yang memakai batterey. Sudah banyak yang di jual di toko-toko ikan hias. Alat ini biasanya menggunakan 2 buah batterey ukuran besar. Dari batterey tersebut, biasanya bisa bertahan hingga 6-7 jam.
Ada dua jenis air pump batterey yang dijual di pasaran, yaitu:
• Air pump batterey yang memiliki indikator otomatis. Yang dilengkapi dengan kabel colokan ke listrik sebagai indikatornya. Saat kabel disambungkan ke listrik, air pump mati, dan saat listrik mati, air pump akan bekerja otomatis menggunakan daya dari batterey yang sudah di pasang sebelumnya. Lihat gambar berikut:
image

 
 
Air Pump batterey biasa, cara kerjanya sama-sama menggunakan 2 buah batterey besar, hanya saja tidak dilengkapi dengan kabel colokan indikator. Jadi, air pump model ini akan bekerja setelah kita memasangkan batterey dan menekan tombol on/off nya. Lihat contoh gambar:
image
Menggunakan Air Pump AC/DC
Air pump AC/DC adalah pilihan lain. Air pump model ini memakai aki kering sebagai tempat penyimpanan energi. Air pump inj juga bisa digunakan memakai daya listrik, di saat memakai listrik, pompa akan mengisi daya di aki sebagai tenaga cadangan, dab disaat listrik mati, maka pompa akan bekerja secara otomatis. Biasanya kekuatan aki air pump AC/DC mampu bekerja selama 7-8 jam dalam keadaan terisi penuh.
Kurangi Volume air
Tips yang ketiga, kurangi volume air di dalam aquarium anda hingga 50%. Cara ini bermaksud agar ikan anda lebih mudah untuk mengambil oksigen dari atas permukaan air. Cara ini cukup efektif apabila ikan peliharaan anda tidak terlalu banyak di dalamnya. Akan tetapi jika ikan anda cukup banyak dan padat, maka harus menggunakan cara pertama dan kedua.
Itulah sedikit tips yang bisa saya berikan kepada anda mengenai “apa yang harus dilakukan saat mati lampu (listrik padam)”
Semoga saja dapat berguna bagi anda. Jika hendak ditinggal bepergian, cara kedua adalah cara yang paling dianjurkan karena airpump AC/DC bisa bekerja otomatis tanpa kita harus memasang batterey pengganti. Atau bisa juga memakai air pump batterey yang dilengkapi dengan kabel colokan indikator listrik.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Bonus:
image
Lapak Ferboes disini
Written by Ferboes Richardson
email: ferboesrichardson@gmail.com
twitter: @FerboesR

Baca juga yang berikut ini guys…
[display-posts tag=”arwana, aquarium, spg-cantik, the-ladies, foto-spg, inspirasi” post_per_page=”5″]
[display-posts tag=”yamaha, bengkel-modifikasi, body-custom, honda, otomotif, gadget, modifikasi, suzuki” post_per_page=”5″]
[display-posts tag=”aquascape, ikan-koki kolam-ikan” post_per_page=”5″]
[display-posts tag=”info, sensasi” post_per_page=”5″]

36 Comments

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Harga ikan-ikan ini selalu stabil…!!! | Ferboes.com
  2. Apakah ikan Arwana Bisa Di Gabung didalam Satu Aquarium……..?????? | Ferboes.com
  3. Kelebihan dan Kekurangan Pemakaian Lampu LED…!!! | Ferboes.com
  4. Ikan Parrot No Tail: Unik Gak Ada Buntutnya… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*