Aquascape for Discus…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Sudah cukup lama saya tidak membahas tentang Inspirasi Aquarium disini. Maklum, karena saya belum menemukan bahan wacana untuk hal tersebut. Tapi kali ini saya punya sesuatu yang beda dari sebelumnya.
image
Aquascape for Discus adalah aquarium dengan tanaman hijau yang segar serta di huni oleh ikan Discus yang terkenal manja seperti pacar baru dan sensitif. Jika kita melihat dari sisi masing-masing (aquascape dan ikan discus) sebenarnya sangar bertolak belakang, karena aquascape membutuhkan suhu rendah ( kurang dari 27° celcius), dan ikan discus membutuhkan suhu yang cukup tinggi ( minimal 29° celcius). Tapi semua bisa menjadi satu jika kita menyesuaikannya.
Inspirasi ini berasal dari kota Depok jawa barat. Dikirim oleh Masbro Iwan Kristanto via Whatsapp (terima kasih sharingnya masbro) dan saya kupas disini sebagai inspirasi untuk anda.
image
Spesifikasi Aquarium
• Aquarium JEBO panjang 1 meter
• Lampu TL Boyu “Plant Specialy” 25 watt (7500 kelvin) x 3 bohlam (total 75 watt)
• External filter JBL cristaprofi E700 (700 l/h) dan Eheim 2213 (440 l/h)
• Kipas Deepcool 12 cm
•  Eheim UV Reflex 500 sterilizer
• Tanaman tahan suhu tinggi
• Pupuk cair Wonder grow Micro+
• Tanpa Co2
• Tanpa Chiller (pendingin)
Perawatan dan Pemeliharaan
Untuk aquarium ini, perawatannya cukup sederhana. Asalkan anda rutin melakukan beberapa hal seperti dibawah ini:
• Pemberian pupul cair seminggu 2 kali.
• Water change (penggantian air) seminggu sekali 25%
• Lampu menyala 12 jam sehari (saat lampu menyala, kipas juga ikut menyala untuk mendorong suhu panas dari lampu supaya suhu air tetap stabil) jadi lebih baik memakai timer supaya anda tidak terlalu repot.
Sesuai dengan Konsepnya “Aquascape for Discus” tanaman yang dipakai adalah tanaman yang tahan suhu tinggi (antara 28°-29° celcius) supaya ikan pun aman. Aquarium ini tidak dilengkapi dengan chiller dan Co2. Alasannya Co2 dihasilkan dari fauna (hewan) yang ada didalamnya, sedangkan jika tanpa aerator ikan akan kekurangan oksigen, makanya masbro iwan menambahkan aerator kedalamnya. Cukup anda setting pada titik kritis aerator, karena jika terlalu besar, Co2 akan hilang tersapu oleh gelembung O2 (oksigen).
Pupuk Macro juga tidak dipakai, alasannya sudah bisa dihasilkan dari kotoran ikan dan siklus Nitrogen. Jadi pada konsep ini seperti halnya simbiosis mutualisme (saling membutuhkan) antara tanaman dan fauna. Tanaman sebagai penghasil O2 (oksigen) untuk ikan, dan ikan sebagai penghasil Co2 (carbon dioksida) untuk tanamannya.
Untuk menjaga supaya ikan tetap sehat, masbro Iwan memasang Lampu UV reflex untuk mensterilkan air supaya bakteri dan virus mati. Karena jika ikan sakit, tentu akan lebih repot karena kita harus memindahkan ikan untuk diobati. Lampu UV di setting menyala selama 12 jam sehari menggunakan timer. Ini dimaksudkan untuk menekan bakteri virus supaya kekebalan ikan bagus (konsep vaksin).
image
image
image
image
image
image
image
Untuk biaya pembuatan aquarium diatas terbilang cukup tinggi. Bisa saja dibuat se minim mungkin disesuaikan dengan alat-alat yang digunakan. Semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa menginspirasi anda yang ingin memelihara ikan Discus didalam aquarium Aquascape.

“Special Thanks for Masbro Iwan Kristanto atas foto dan sharingnya. Semoga bisa berguna bagi teman-teman disini yang ingin membuat konsep Aquascape for Discus seperti diatas”

Sekian sekilas info, semoga berguna.
Bonus: Percayalah…!!! Ini bukan milikku…!!! :mrgreen:
image
image
Lapak Ferboes disini
Written by Ferboes Richardson
email: ferboesrichardson@gmail.com
twitter: @FerboesR

35 Comments

  1. Wah ikan DiRut ini emang ngga bisa di milikin semua orang..mesti orang yg punya passion sama aquarium ya..akuarium boleh kecil atau besar klo ngga ada pasion ya kesian ikannya ya

  2. liat pemandangan di aquarium bikin tenang, apa lagi kalo ada air terjun di dalamnya.. jozzz banget deh

  3. ikan discus cantik ya, berapaan tuh se ekornya,
    eh ikan mas koki emang gampang mati ya kang, ni punyaku tiga kali mati, padahal yg jenis lain aman2 aja tuh?

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Merekam Ikan Koki Didalam Air Menggunakan Kamera GoPro Hero 4 | Ferboes.com
  2. Aquascape: Ada Tebing Dan Jembatan Gantungnya… | Ferboes.com
  3. Cara Membuat Air Terjun Pasir Didalam Aquarium Dengan Mesin Pompa Air | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*