Ikan Koki Paling Diminati…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Diantara semua jenis ikan koki, ada beberapa jenis yang paling digemari oleh sebagian banyak penghobby ikan tersebut. Bagi yang belum tahu tentang jenis-jenis ikan koki, silahkan [klik disini]
Dibawah ini adalah 3 Besar jenis ikan koki yang paling di Gemari oleh para pecinta ikan hias khususnya ikan koki.
1. Ikan Koki Ryukin (tossa)
image
Ryukin ini ada dua macam, yang satu ekor pendek, dan yang satu lagu ekor panjang. Ekor pende biasa disebut sebagai Ryukin, dan ekor panjang disebut sebagai Tossa. Jenis ikan koki ini paling banyak diminati oleh sebagian banyak pecinta ikan koki maupun yang baru belajar memelihara ikan koki. Harga ikan koki jenis ini bervariasi tergantung ukuran dan kualitasnya. Mulai dari Rp. 5000; sampai yang jutaan rupiah juga ada.
2. Ikan Koki Oranda
image
Ikan koki jenis ini memiliki jambul dikepalanya. Menjadikannya tampak lucu dan menggemaskan. Ada dua jenis ikan koki oranda dilihat dari bentuk badannya. Oranda Short Body memiliki tubuh yang membulat dan jambul kepala yang besar, sedangkan Oranda Jumbo memiliki bentuk badan yang agak memanjang dan jambul kepala cenderung lebih kecil dibandingkan yang jenis Short Body. Harga ikan koki jenis ini juga bervariasi tergantung ukuran dan kualitasnya. Mulai dari Rp. 10.000; hingga jutaan Rupiah.
3. Ikan Koki Ranchu
image
Ikan koki jenis Ranchu adalah jenis ikan koki yang paling di gemari setelah ikan koki ryukin (tossa) dan oranda. Berbeda dengan ryukin (tossa) dan oranda, ikan koki ranchu tidak memiliki sirip atas (dorsal). Ikan koki ranchu terkesan bongkok dan terlihat kekar, kepalanya berjambul seperti ikan koki jenis oranda, dan berekor pendek. Harga ikan koki jenis ini (ranchu) juga bervariasi tergantung ukuran dan kualitasnya. Mulai dari harga Rp. 10.000; hingga jutaan rupiah.
Itulah 3 jenis ikan koki paling digemari oleh pecinta ikan hias. Saat ini ada beberapa spesies/jenis ikan koki baru yang mungkin belum banyak beredar di pasaran. Selain dari perbedaan bentuk tubuh, ikan koki juga dibedakan menurut perbedaan warnanya. Sebagai contoh, ikan koki 3 warna (panca warna) disebut Calico. Ada juga ikan koki yang tidak memiliki sisik kasar seperti jenis ikan koki biasanya disebut dengan Sakura.
Diantara 3 jenis ikan koki diatas, manakah yang paling anda suka…???
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Baca juga:
Tips Memilih Ikan Koki Jenis Ryukin yang Bagus
Tips Memilih Ikan Koki Jenis Oranda yang Bagus
Tips Memilih Ikan Koki Jenis Ranchu yang Bagus
Lapak Ferboes disini
Written by Ferboes Richardson
email: ferboesrichardson@gmail.com
twitter: @FerboesR

14 Comments

  1. baru beli 5 koki trus d pindah k aquarium.. lalu dlm 5 menit ada yg mati. 2 hari dah mati smua. trus beli lg dan terjadi lg, smua koki mati. apa tuh pnyebabnya bro..? pdhl air dah d ganti.

    • Waktu beli, ikannya seger2 apa tidak? Lain kali sebelum diisi ikan, air minimal di filtrasi selama 24jam. Seterusnya sebelum ganti air, siapkan air untuk penggantian yang sudah di aerasi minimal 1x24jam

      • kondisi ikan ya msh seger bro, gt d cemplungin k aquarium lgs pd megap2 gt..
        maksudnya aerasi bro..?

      • d air tow..
        sumber air dari instalasi pengolahan mandiri pakuwon city..
        y bsk tak cobae pake isi ulang bro..
        thanks y..

        • Sama sama. Pakai air pam dab sumur bisa aja. Disetiap daerah/wilayah kadang berbeda beda kadar airnya. Bisa saja memakai air pam/sumur tapi di filtrasi terlebih dahulu minimal 1×24 jam sebelum diisi ikan

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. All About Ikan Koki Ranchu | Ferboes Richardson
  2. Gallery Ikan Koki Ryukin…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*