Aquarium ikan laut yang mungil…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Sebenarnya gak ada niatan untuk memelihara ikan laut. Kebetulan semalam saat saya maintenance dirumah orang di daerah jalan panjang kebon jeruk, ternyata yang punya rumah lagi mau bongkar aquarium lautnya. Nah… didalamnya ada seekor ikan Nemo (clownfish) yang mau di buang. Karena kasihan, akhirnya saya putuskan untuk membawanya pulang. Keesokan harinya saya kasih lihat ke anak saya bahwa semalam saya membawa ikan Nemo. Walaahh…. Senangnya bukan main tuh anak lihat ikan nemonya masih dikantong plastik. Dan akhirnya minta dipelihara deh tuh ikan, padahal awalnya mau saya kasih ke orang lain yang punya aquarium air laut.
image
Demi Anak Tercinta
Gak tega menghancurkan kebahagian si kecil (cieee…. Lebaayy) akhirnya saya juga yang harus repot mempersiapkan tempat untuk memeliharanya. Setelah pulang kerja, saya langsung berangkat ke toko ikan hias air laut untuk membeli air lautnya. Setelah itu siapkan aquarium kecil dan mesin filter.
image
image
image

Aquarium kecil, hanging filter, dan air laut sudah siap”

Setelah semua siap, langsung disantap segera masukan air kedalam aquarium, pasang filternya dan nyalakan…..
Setelah menunggu selama satu jam…. langsung masukan ikannya kedalam aquarium. Beres dah :mrgreen:
image

Ikannya cuma satu ekor

:mrgreen:
Sebenarnya cara instan seperti ini tidaklah bagus untuk ikan laut, karena biasanya sebelum ditaruh ikan kedalam aquarium, air harus di filtrasi selama +-1 minggu supaya airnya siap untuk ditaruh ikan kedalamnya.
Semoga si Nemo kecil tahan dan panjang umurnya…!!!
Apakah diantara masbro dan mbaksis ada yang ingin memelihara ikan Nemo juga…???
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Written by Ferboes Richardson
email: ferboesrichardson@gmail.com
twitter: @FerboesR

49 Comments

  1. Pak kalo bikin akuarium laut gitu minim dana nya nyampek berapa pak, minus ikan ya? Trus pakanya make apa? Air mesti ganti berapa periode atau gak perlu?

    • Saya aquarium memakai merk nisso Set-M 85.000, filter gantung Hailea SL-206 90.000, airnya beli 10 liter 5.000. Pakannya memakai pellet tetrabits 100ml 30.000. Untuk penggantian air, dulu pernah pelihara ikan laut gak pernah ganti, cuma tambahin air tawar aja setiap airnya berkurang. Kecuali, semua ikannya mati dan air keruh, baru ganti air 🙂

  2. dulu sempet mo piara yg laut2 gini,,
    banyak macem nya tuh ikan,,
    cm takut filter nya kan pake besi dsb,,
    kalo kena air laut takut gampang rusak kan asin,,
    ga jadi d,, padahal yg jual ikan laut banyak bgt dulu jenis nya,,
    ga murah jg c,, dulu ikan gitu 25rban,,
    terus ada penyu nya segala,,
    tapi seuda dipikir2,, nti merusak lingkungan laut,,
    ky penyu musti nya binatang dilindungi + langka nti jadi diburu buat dijual,,
    dan ikan2 laen nya,, drpd gt mending pelihara arwana aja d,,
    kan emang dibudidayakan buat dijual.. imho cmiiw..

    • pelihara ikan yang murah2 aja yg penting lucu dan colourfull. hampir semua ikan laut memang hasil tangkapan dari laut, makanya kurang daya tahan tubuhnya. berbeda dengan ikan hasil budidaya. tapi kabarnya di Bali sudah ada yang berhasil membudidayakan ikan laut jenis clownfish ini.

    • kalo saya c lebih suka yg kuat gt,,
      ky arwana palmas atw aligator,,
      kalo ikan hias warna warni gt ga sempet ganti aer seminggu aja,,
      dah keleyeng2 tuh ikan,,
      contoh ikan diskas atw koki,, musti extra,,
      laen kalo ky arwana gt,, lebih kuat,, imho..

  3. mas kalo untuk melihara ikan laut di akuarium kecil itu selain hanging filter perlu aerator dan protein skimmer juga ga? mohon pencerahan nya..

    • Kalau aquarium kecil disarankan cukup pelihara ikan saja. Jangan dicampur dengan terumbu karang. Pakai filter saja cukup sepengalaman saya

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Selamat Jalan Nemo…!!! | Ferboes Richardson
  2. Dekorasi Aquarium Ikan Koki Ini Unik Sekali…!!! | Ferboes.com
  3. Ikan Nemo Air Tawar…??? Amazing nih…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*