Test Konsumsi BBM si Jupe Sexeh…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Setelah kemarin meluncurkan artikel Test Konsumsi BBM Yamaha R25, sekarang giliran konsumsi BBM si ‘Jupe Sexeh’.
Bagi yang belum tahu apa itu si Jupe Sexeh, jupe sexeh adalah sebuah motor Yamaha JupiterZ yang saya beli pada juli 2009 lalu. Sekarang usianya sudah 5 tahun lebih 2 bulan. Kondisi mesin masih standart tanpa ada ubahan apapun.

image

Untuk pengetesan kali ini memakai metode Full to Full. Sebagai informasi, jenis bahan bakar yang saya pakai adalah Shell Super. Untuk perawatan si jupe sexeh, saya biasanya service 1 tahun sekali sehabis lebaran :mrgreen:
Kebetulan habis service dan ganti oli, jadi sekalian ditest komsumsi BBM lagi. Oli yang saya pakai adalah shell advance (botol kuning). Penggantian oli setiap 1 bulan sekali (kurleb 800KM). Ban depan: IRC 70/90-17, Ban belakang:  IRC 100/70-17. Sebelum service dan ganti oli, konsumsi BBM si jupe sexeh hanya 26 km/liter. Setara motor 250cc 2 silinder (yamaha R25) :'(

Sebelum ini saya catat KM (kilometer) dispeedo menunjukkan angka 48383.8 KM. Saya ada fotonya sih, tapi gak keliatan karena speedometer sudah saya tutup stiker hitam transparan. Ini penampakannya….

image

Fulltank, angka di speedo 48383.8 KM

Setelah beberapa hari saya pakai beraktivitas, hari ini tangki BBM sudah nipis lagi. Akhirnya saya isi lagi fulltank di SPBU Shell di jelambar seberang tempat saya bekerja. Tercatat di speedometer menunjukkan angka 48485.5 KM.
Sedangkan BBM yang terisi ketangki sebanyak 3,30 Liter. Jadi konsumsi BBM si jupe sexeh setelah service dan ganti oli adalah….
48485.5 – 48383.8 = 101.7 KM
101.7 KM ÷ 3.30 Liter = 30.81 KM/Liter.

image

Tangki sudah penuh….. ups, tangkinya lupa di lap dulu :mrgreen:

image

Pengisian BBM Shell super sebanyak 3.30 liter….

Bedanya dikit banget antara sebelum dan sesudah service dan ganti oli. Padahal dulu…… pernah tercatat konsumsi BBM si jupe sexeh 44km/liter pakai bahan bakar pertamax. Sekarang kok jadi boros banget yak…??? Bingung euuyy…!!!

Bagaimana menurut brosis tentang hasil konsumsi BBM si jupe sexeh…???

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson

81 Comments

  1. apa jupiter z standar 1:30km pertamax setara megapro, rxking, satriaf ??? Koq masih irit jupiter mxku ya 1:40 km bensin premium 😀 padahal dah 88ribu km jarak tempuh speedonya, spek standar.

  2. ukuran ban ngaruh tuh bro, pake ukuran newjupimx ya? kurang angin dikit langsung berasa beratnya

  3. dulu vega 2005 ane juga boros,kagak tau dah kenapa. kagak pernah ngebut padahal. 9bulan yang lalu terpaksa turun mesin,gara2 malas servis. nyampe olinya habis. 6bulan yang lalu dimahar kakak buat wara wiri.

  4. Kemarin servisnya meliputi part apa aja om?
    Baiknya bawa ke beres (kalo bisa beres terbesar di kota ente), trus keluhkan masalahnya, toh ga mahal kok,
    Lah vixi saia lebih tua dari jupe om perbus, ga se boros itu,,,, :3

  5. revo saya kalo dipake kerja tiap hari dapatnya sekitar 45km/l, kalo dipake keluar kota bisa 50km/l lebih jadi tergantung sikon jalan lurus apa naik turun, sepi apa macet 🙂

  6. boros amat kang,,, ane juga punya jupe burhan masih 35-40an trgntung pemakaian..
    ane malah aneh ma sufit 2004 ane, udah ganti knalpot racing, ma ban 90/90 blakang masih bisa 50an..

  7. punya ane jalan 60-80 kpj konsumsinya cma 1:35-40 tpi bagi ane boros bgt buat motor yg kubikasinya 110cc…..scara njmx yg 135 cc aja bisa 1:50 og…itu aja jalan 60-80 jg.

  8. tahun 2009 yah, wajar bro, motor2 di tempat ane yg buat jualan roti juga segituan dapetnya, 1:30 mentok 1:35, motor apa aja, vega, supra fit, jupi burhan, karisma, semuanya sama aja segitu dapetnya… tapi heavy duty yah, dipasangin box roti dan jalan pelan di gigi 1 dan 2 aja soalnya buat muterin kompleks2 perumahan

  9. mungkin total rasio nya keentengan kali bro hehe. mtr ane smash 05 udh kena porting, papas noken as 280°, knalpot bobokan, final gear 15-28, karbu gl 22mm eco ride dapet 1:44 premium (bukaan klep in dikendorin 2 puteran)
    kebut2an pake gear 14-28, karbu gl 26mm dapet 1:35an (bukaan klep in dikendorin 0.5 puteran)

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Konsumsi BBM CBR150R Jauh Lebih Irit Dari Motor Bebek 110cc ini…!!! | Ferboes.com
  2. Konsumsi BBM Suzuki Address FI Menggunakan Premium | SAiiSOKU.com
  3. JupiterZ 2009: Ganti Kampas Kopling… Topspeed Bertambah dan Jauh Lebih Irit…!!! | SAiiSOKU.com
  4. JupiterZ Boros… 1 Liter BBM Cuma Tembus 20 Km…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*