Discus Red Melon: This Is Absolutely Red…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling menarik adalah Ikan Discus. Ikan yang memiliki bentuk badan bulat dari samping dan gepeng dari depan ini mempunyai warna yang bisa dibilang paling menarik diantara jenis ikan hias air tawar. Kenapa….??? Karena rata-rata jenis ikan hias air tawar memiliki warna yang cenderung lebih pucat. Berbeda dengan ikan hias air laut yang memiliki warna yang kontras dan indah.

image

Diantara jenis-jenis ikan discus discus yang paling banyak diminati adalah jenis Red Melon. Karena warna tubuhnya merah mulai dari belakang kepala hingga pangkal ekornya. Red Melon sendiru nama sebenarnya adalah Red Watermelon yang berarti merah semangka. Mungkin kebanyakan orang terlalu ribet untuk mengucapkan red watermelon, sehingga namanya lebih dikenal dengan red melon saja :mrgreen:

image

Ada beberapa jenis ikan discus yang memiliki warna merah seperti ini. Diantaranya adalah Red white, Red marlboro, dan Solid red. Namun yang paling populer dan banyak dijual di pasaran adalah red melon. Ikan discus termasuk ikan yang “agak susah” dipelihara karena tergolong ikan yang sensitif terhadap lingkungan sekitar, misalnya…. perubahan suhu ekstrim, perubahan kualitas air, dan tankmatenya itu sendiri juga bisa sangat berpengaruh. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam memelihara ikan discus ini.

image

Untuk menjaga warna ikan agar tetap terlihat cerah juga harus diperhatikan, karena vitamin yang masuk melalui makanan juga bisa berpengaruh untuk ketahanan tubuh dan kecerahan warnanya. Makanan ikan discus yang bagus bisa anda baca disini. Jika makanan yang anda berikan asal-asalan, tentu saja warna ikan yang anda pelihara juga bisa semakin memudar. Selain pemberian pakan yang bagus, sinar matahari yang cukup juga sangat berpengaruh. Jika memang tidak memungkan untuk menempatkan aquarium ditempat yang terkena sinar matahari, anda bisa menggantinya dengan penggunaan lampu matahari. Misalnya… lampu silvania aquastar yang memiliki kadar cahaya 10.000 kelvin. Nyala lampu maksimal cukup 12 jam sehari. Jika terlalu lama menyalakan lampu, maka air didalam aquarium akan menjadi hijau dengan cepat. Untuk mengatasi masalah air yang menghijau, silahkan anda baca disini.

image

Ikan discus termasuk ikan hias air tawar dengan harga yang selalu stabil dipasaran. Tidak seperti beberapa jenis ikan hias air tawar lainnya yang mudah terjun bebas setelah berhasil diternakin oleh para pembudidaya ikan hias. Karena untuk mendapatkan kualitas ikan discus yang bagus itu tidak mudah. Meskipun sudah banyak yang berhasil membudidayakan ikan discus, namun tidak semua hasil anakannya bisa dibilang bagus.

image

Apakah diantara brosis ada yang hobi memelihara ikan discus…??? Jenis yang mana yang paling anda sukai…???
Monggo share dan komentarnya…..

image

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

25 Comments

    • Masih newbie masbro 🙂
      Saya dulu juga pernah punya beberapa ikan cupang. Waktu saya tinggal pulkam, dicampurin sama adik ipar saya, alhasil mati semua dah 🙁

  1. ini ikan yg pengen saya pelihara dulu,,
    cm setelah penjelasan tukang ikan nya,,
    ga jadi d piara nya,,
    ikan nya mahal perawatan nya sulit,, haha..

  2. pertama saya kok belum liat warna ini. taunya merah solid tok.

    kedua baru tau kalo ini warna paling digemari. saya suka kuning, biru, 🙂

    ketiga saya tau ini ikan paling rewel. butuh perhatian. selain mahal juga sih. jadi perlu dijaga baik baik. 🙂

    kalo mas fer suka warna apa nih???

  3. ahhh…di jogja yang jual dikit banget..kebanyakan udah dikasih obat juga jadi kecil2 udah kluar warnanya 😐
    punya ane cuma kayak gini sih, ga pakai lampu juga..blm pasang lagi 😀

  4. Bagus warnanya, kalau di kolonikan dengan yg “Blue Diamond” jadi keliatan makin cakep aquariumnya, sayangnya kalau lagi sakit, ikan Discus berubah warna jadi hitam.

  5. Informasi: Bahwa Polri akan menggelar OPERASI ZEBRA 2014 mulai tgl 26 Nop s/d 9 Desember 2014 secara serentak seluruh indonesia. Di ingatkan kembali, bila mengendarai Sepeda motor/ mobil persiapkan segala sesuatunya spt : SIM,STNK,Helm SNI, khusus roda 2 nyalakan lampu pada siang hari,dan SPM/TRUCK gunakan lajur kiri,serta patuhi rambu2 lalu lintas. “JADILAH PELOPOR KESELAMATAN BERLALU LINTAS DAN BUDAYAKAN KESELAMATAN SEBAGAI KEBUTUHAN” silahkan di share ke rekan2 terdekat,terimakasih.

1 Trackback / Pingback

  1. Pesona Ikan Pari (stingray) Air Tawar | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*