Tips Agar Ikan Koki Selalu Lincah…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Ada beberapa customer saya mengeluhkan tentang ikan peliharaannya (ikan koki) dirumah yang kurang aktif. Menurut penuturan mereka, ikan-ikan yang ada dirumah berenangnya sangat lamban dan kurang semangat. Berbeda dengan ikan yang ada ditoko yang selalu terlihat aktif. Mungkin anda salah satu yang memiliki masalah serupa dengan ikan koki peliharaan anda…???
Perawatan ikan koki itu memang gampang-gampang susah, Kali ini saya ada sedikit tips agar ikan anda menjadi aktif dan terlihat semangat.

image

Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kesehatan ikan. Salah satunya adalah jumlah populasi didalam sebuah aquarium yang dihuni oleh ikan-ikan tersebut. Usahakan jangan terlalu banyak memasukkan jumlah ikan kedalam aquarium. Sesuaikan jumlah ikan dengan ukuran aquarium yang anda miliki. Anda harus mempersiapkan aquarium baru jika ingin menambah koleksi ikan anda. Jika populasi didalam sebuah aquarium terlalu padat, maka amonia yang dihasilkan dari lendir dan kotoran ikan pun akan menjadi lebih tinggi, tentu saja hal ini tidak bagus untuk kesehatan ikan kita. Tahu sendiri bagaimana kotorannya ikan koki brosis…. !!!

Agar ikan selalu terlihat aktif, maka anda perlu membuatnya selalu merasa lapar. Maksud saya disini bukan mempuasakan ikan kita, namun perhatikan cara pemberian pakannya. Dalam memberikan makanan, sebaiknya anda berikan porsi yang sangat sedikit untuk ikan peliharaan anda. Berikan setiap 1 atau 2 jam sekali dengan porsi yang sangat sedikit. Ini dimaksudkan agar supaya ikan selalu merasa lapar. Seperti halnya manusia jika diberi cemilan dengan porsi sedikit, pasti akan merasa lapar meskipun diberikan makan setiap 1 atau 2 jam sekali. Jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk hal tersebut, anda bisa menggunakan alat food timer.

image

Lakukan penggantian air sesering mungkin agar air didalam tank selalu segar dan fresh. Maksudnya sesering mungkin adalah setiap 2 atau 3 hari kuras aquarium sebanyak 50%. Atau seperti yang saya lakukan setiap hari dirumah adalah mengganti air aquarium saya 1/3 bagian setiap harinya.
Ini dimaksudkan agar supaya kualitas air tidak rusak karena amonia dari tubuh dan kotoran ikan koki tersebut.
Baca Juga: Cara Membesarkan Ikan Koki

Kira-kira seperti itulah hal yang saya lakukan didalam merawat semua ikan-ikan yang saya pelihara. Baik itu ikan boss saya yang ada ditoko maupun “ikan pasar” milik saya pribadi yang ada dirumah. Semoga sedikit tips diatas bisa berguna bagi anda yang memiliki ikan koki yang kurang aktif dan kurang semangat. Selamat mencoba ūüôā

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

3 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Giant Oranda: Ikan Koki Bisa Sebesar Ini… | Ferboes.com
  2. Perawatan Dan Pemeliharaan Ikan Koki Untuk Pemula… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*