Algae Eater: Ikan Sapu-sapu Yang Rajin Tapi Usil…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Kembali lagi kita mengenal jenis-jenis ikan hias air tawar. Hampir semua orang pasti tahu dong yang namanya ikam sapu-sapu…??? Ikan yang terkenal suka makan lumut dan membersihkan kaca aquarium yang memiliki warna hitam, kulit yang tebal, keras, dan kasar, serta dibikin somay banyak ada dikali. Namun ada juga beberapa jenis ikan sapu-sapu yang harganya jutaan rupiah.

image

Tapi ikan sapu-sapu yang ini kulitnya gak keras dan tebal, warnanya pun gak hitam seperti ikan sapu-sapu kali, namanya Algae eater. Algae eater sendiri kalau di artikan kedalam bahasa indonesia berarti “pemakan alga (lumut)” CMIIW. Algae eater ini ada beberapa jenis, seingat saya ada yang namanya CAE (chinese algae eater) dan SAE (siamese algae eater). Semoga tidak salah brosis…!!!
Kali ini yang saya bahas adalah yang CAE atau chinese algae eater.

image

Ikan ini memiliki bentuk badan yang panjang, berwarna kuning, orange, belang-belang hitam, bahkan ada juga yang putih. Mulutnya ada berada dibawah dan bisa menempel pada kaca maupun dinding kolam anda seperti halnya ikan sapu-sapu yang lainnya.
Algae eater termasuk jenis ikan sapu-sapu yang aktif dan rajin untuk membersihkan lumut-lumut yang ada didalam aquarium maupun kolam ikan anda. Namun ikan ini juga termasuk ikan yang usil. Biasanya suka menempel dan mengejar ikan lain untuk menghisap sari madunya  lendir yang ada di tubuh ikan. Bisa dibilang ikan ini agak agresif brosis.

image

Ikan algae eater ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 17-20cm. Sampai ukuran dewasa, ikan ini masih sangat gesit dan lincah. Selain makan lumut, algae eater juga bisa memakan cacing beku dan pellet. Diutamakan pellet yang tenggelam ya…
Harga ikan algae eater ini tidak terlalu mahal. Ukuran 4-5cm biasanya dijual dengan harga Rp.5.000 hingga Rp.7.500 per ekornya. Untuk ukuran yang besar sekitar Rp.50.000-an per ekor. Ikan ini kurang cocok untuk dimasukkan kedalam aquascape karena bisa merusak daun-daun tanaman yang ada didalam aquascape. Jika hendak mencampur ikan ini, usahakan mencampurnya dengan ikan-ikan yang gesit dan lincah. Jangan dicampur dengan ikan yang pasif dan pendiam.

image

Bagaimana pendapatnya tentang ikan algae eater diatas brosis… Apakah anda sudah memilikinya…???

[display-posts tag=”obat ikan, tips, inspirasi, aquascape, ikan hias air tawar” post_per_page=”5″]
[display-posts tag=”arwana, lelucon, kisah inspiratif, ikan koki, kolam ikan” post_per_page=”5″]

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson.
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

26 Comments

  1. masih lbh bae dan rajin yang SAE, walau warna lebih jelek, tapi tetep yang paling langka itu Otocynclus

  2. Waduh baru baca… harus dipindah kyknya ni ikan. rajin mmg ni ikan, gak kayak brushmouth ngumpet mulu.

  3. Selamat pagi.
    numpang lapak : kami petani ikan Algae Eater, kolam kami berada di kaki gunung salak ciomas – Bogor. bermint hubungi kami : Apen Maropen di no 087873377787 atau di 02519652165 demikian terimakasih.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ikan Sepat Biru: Bahasa Kerennya Mini Gurame Blue Neon | Ferboes.com
  2. Solusi Mengatasi Air Aquarium/Kolam Yang Hijau…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*