Belajar Breeding Ikan Koki Otodidak

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Beberapa hari ini saya sedang mengalami gangguan jaringan internet pada handphone saya, sehingga tidak bisa mempublish artikel seperti biasanya. Oh ya… Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang Breeding atau budidaya ikan koki. Kebetulan salah satu ikan saya (lebih tepatnya dua ekor betina) bertelur kemarin sore. Nah… Sekalian saja saya belajar breeding….

Oke… Mari kita mulai brosis…..
Tanpa sengaja, kemarin sore saat saya baru pulang sampai rumah, saya di kejutkan dengan penampakan aquarium yang menjadi sangat keruh dan berbusa. Tidak seperti biasanya nih…. Saya langsung berfikir… “Wah… Pasti bertelur nih…!!!” dan ternyata benar brosis, ada banyak telur di dasar  aquarium saya… Agak panik sebentar lalu berfikir dengan tenang. Ikan-ikan yang lain sudah pada memakan butiran-butiran telur yang ada. Akhirnya saya pindahkan semua ikan yang ada ke aquarium yang satunya lagi.

image
Aquarium kecil menjadi penuh dan sesak

Kemudian saya cari ikan mana yang bertelur… Dan ternyata ada dua betina yang bertelur. Tanda-tandanya apa untuk mengetahui ikan yang bertelur…??? Perutnya besar dan lembek brosis… Itu kata teman saya via whatsapp saat saya menanyakannya. Kemudian saya urut perutnya untuk mengeluarkan isi telur yang tersisa. Oh ya… Video saat mengeluarkan telur ini bisa brosis lihat disini.

image
Ini betinanya... Masih kecil

Setelah saya keluarkan telurnya, kemudian kata teman saya si jantan balikin lagi ke aquarium supaya dapat membuahi telur-telur yanh sudah keluar. Oke… Saya ambil sang jantan dan saya taruh kembali ke aquarium yang ada telurnya tadi.

image
Jantannya black muscle
image
Telurnya banyak banget euuyy...

Kemudian saya perhatikan gerak-gerik si jantan. Saat si jantan sudah mulai “usil” memakan butiran-butiran telur yang ada, kembali saya angkat si jantan supaya telur-telur tetap aman.

Lalu… Apa langkah selanjutnya…???
Berikan suplay oksigen kedalam aquarium yang ada telurnya tadi, cukup gelembung kecil aja brosis. Langkah selanjutnya… Menunggu selama 3 hingga 4 hari sampai telurnya menetas. Hmm… Penasaran nih, nanti bakal jadi anakan apa tidak ya….
Nantikan bahasan selanjutnya tentang telur-telur ikan koki ini ya brosis… Dan mohon doanya semoga telur-telut yang ada bisa menetas nantinya 😀

[display-posts tag=”ikan hias, makanan ikan, obat ikan, aquarium, dekorasi” post_per_page=”5″]

Sekian sekilas info, Semoga berguna

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Whatsapp: +628568847750

15 Comments

  1. taruh Eceng Gondok Boes untuk betina nempelin telurnya, biasanya kalau jatuh kebawah ngak nempel di pohon itu gagal, ya tapi di coba aja dulu kase aerator dan obat anti jamur, jantan perutnya di urut pelan2 nah cairan yang keluar langsung di aduk aduk dengan telur yang ada

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Update: Hari Ketiga Telur Ikan Kokiku…!!! | Ferboes.com
  2. Update: Hari Kelima Telur Ikan Kokiku Sudah Menetas…!!! | Ferboes.com
  3. Ciri-ciri Indukan Ikan Koki Siap Kawin… | Ferboes.com
  4. Musim Hujan, Dingin-dingin, Saatnya Musim Kawinin Ikan Koki… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*