JupiterZ Boros… 1 Liter BBM Cuma Tembus 20 Km…!!!

image

Ferboes.com – Hi guys…
Sampai tahun 2016 ini, motor saya yaitu si Jupe Sexeh Yamaha Jupiter Z burhan (burung hantu) tahun 2009 sudah berusia sekitar 5,5 tahun lebih. Sebentar lagi 7 tahun, dan sampai sekarang belum juga tergantikan. Masih sayang banget sama motor bebek lemot yang satu ini guys…

Spy shot yamaha R15 facelift
Yamaha R15 facelift 2016 kembali di render
Yamaha R15 facelift 2016 semakin dekat bro!
Cewe berjilbab ini sungguh memalukan
Apakah AHM akan meniru Yamaha lagi?
Yamaha R15 dan Xabre motor yang menyiksa pemakainya

Sebelumnya sudah pernah saya test konsumsi BBM yamaha Jupiter z burhan saya ini, dan hasilnya adalah 1:26 km/liter sebelum ganti kampas kopling dan oli. kemudian setelah selesai service, ganti oli, dan kampas kopling dapat angka 1:36 km/liter. Bahkan pernah menyentuh angka 1:45 km/liter. Sayangnya itu tidak bertahan lama….

Setelah akhirnya saya putuskan untuk memasang pelk tapak lebar New Jupiter mx 135 serta cakram belakang, performa si jupe sexeh semakin menyedihkan. Tarikan lemot dan Topspeed hanya sampai 70 km/h. Masih bisa sih di gass lagi, tapi getarannya bikin gak nyaman. Jadi males aja untuk lebih dari 60 km/h. Dan yang paling terasa adalah…. Konsumsi BBM menjadi semakin boros.

image

Di balik kegagahan Yamaha Xabre, oh..ternyata…
ingin tahu ketebalan cat dan vernis Yamaha Vs Honda?
Yamaha Xabre sungguh memikat hati
Xabre, motor keren dari Yamaha
kelebihan yamaha xabre
Yamaha R15 yang bikin cenut-cenut ridernya

Terakhir saya test, hanya mendapatkan angka 1:20 km/liter. Entah kenapa, sejak saya menjadi mengangguran, memang jarang sekali saya pakai untuk perjalanan jauh lebih dari 10 km. Hanya dipakai untuk antar jemput anak sekolah dan mengantar istri kepasar. Jaraknya juga tak lebih dari 5km pulang pergi. Dekat sekali sih…

Dengan bahan bakar shell super, oli mesin shell advance yang botolnya biru, dan service setahun sekali, begitulah performa sang jupe sexeh saat ini. Meskipun begitu, saya tetap sayang dengan bebek lemot nan boros milik saya ini guys. Meskipun tampangnya sudah semakin lusuh dengan “luka-luka” di sekujur tubuhnya karena gesekan di gang senggol, tapi tetap tak mengurangi rasa sayang saya pada si jupe sexeh. Kondisi mesin si jupe dari sejak baru sampai sekarang masih standart pabrik. Gak ada upgrade mesin atau korek-korek mesin segala… Masih original dari sononya. Dan… Ya begitulah borosnya motor bebek 110cc ini, yang setara dengan motor 250cc dua silinder. Bahkan bisa dibilang lebih boros dari konsumsi bbm Yamaha R25 yang tembus 1:28 km/liter.
KEREN BANGET YA GUYS….!!!
bisa ngalahin Yamaha R25 loh…. BOROSNYA…!!!

Modifikasi spion jalu Yamaha Xabre 150
Modifikasi Yamaha Xabre pakai ban tahu siap offroad
Cover headlamp untuk menutupi “konde” Yamaha Xabre
Modifikasi Yamaha Xabre 150 Hypermotard
Modifikasi Yamaha Xabre cat pelk warna hijau
Headlamp custom z1000 untuk Yamaha Xabre 150

Thanks for reading and sharing guys…..

Baca juga yang berikut ini…
[display-posts tag=”sensasi” post_per_page=”15″]

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Blog Ikan Hias: Ferboes.com & Goldfish-union.com
Blog Modifikasi: SAiiSOKU.com
Blog Sensasi: Sensasiku Blog
Blog Otomotif: TraktorDOHC.com

53 Comments

  1. z1 bukannya sudah imjeksi ya om, kok boros amir?
    ojmx sya rekor terborosnya 15-19km/ltr, itupun dgn kondisi yg sudah d bore up jd 178cc + karbu terboros sedunia pwk 28, tapi sebanding dgn power yg di dapet..

  2. jupe 2003 gen awal ane yg blm pake z gk sboros itu gan msh dikisaran 1:40 ban blakang ukuran 100/70. munkin perlu dicek karbunya..

  3. Kalau jupi z aku keluaran thn 2006 om,,,udah 2 kali turun mesin gara2 dipake trus bawa karung berat(dipake nguli)konsumsi bbm masih dapet 30 an km/h…..top speed masih nyampe 100 km lebih dikit,saking sayangnya dg motor ini sampai saya ganti motor baru jupi z saya bawa ke kampung di pedalaman sulawesi selatan buat dipake ortu dan sampai skrg masih ada dan sehat….menurut saya jupi z ini motor bebek paling bandel dan tangguh dibanding motor bebek merek lain keluaran thn yg sama …usianya sdh 10 thn tp tarikan masih jos …….

  4. boros amat kang…
    ada yang ga beres keqnya tuh, butuh sentuhan mekanik beres.
    saya pake shogun SP, tahun ini usia 9 tahun, KM 84.000, bbm masih 1:40 premium, spido 100 km masih masuklah, mesin masih halus, tarikan enteng, ban depan 80/80 belakang 90/80. ane ga salah pilih motor keqnya ya.

  5. cek karet vakum karbunya om.. di bagian kanan.. indikasi robek kyknya sampai seboros itu.. klo karbu normal.. cb liat head nya cz kn udh ganti kamkop.. paling gampang ya di geber.. liat ada asep item apa ngga cek busi warnanya apa..

  6. mungkin itu baru gigi 1 kecepatan 60km/jam..
    jadi nya geter2 terus boros,,
    coba gigi 6 kecepatan 60km/jam,, #eh,,
    giginya ada berapa ya? :p

  7. sorry gan bukan mau sok tau

    1. cek busi, kalo item keborosen
    2. cek kondisi karbu, basah bensin endak, kalo basah ada yang mrembes brati.
    3. beli repair kit aja gan 30 k, pasang 40 k, motor umur segitu waktunya repair kid pasti.
    4. cek stnk, waktunya bayar pajak endak, dendanya itu bikin boros jg
    5. pengalaman sih ganti pelek ama ban gak seberapa ngaruh ama konsumsi bbm
    6. pasti karbu masalahnya itu gan. ganti karbu king aja

  8. Jupiter 2005 saya 1:23, sangat terasa boros. Entah kenapa, dan apa yang harus dilakukan? diservis udh cek ini itu udh…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*