Ikan sapu-sapu dibikin somay….????? Mosoooookkkk…..?????

Selamat siang masbro dan mbaksis….! Bagaimana kabar anda hari ini…? Semoga tetap sehat dan selalu ceria.
Berawal dari obrolan singkat saya dengan teman, akhirnya saya mendapatkan secuil informasi yg membuat saya mengernyitkan dahi (iwb mode.on)
Salah dua dari teman saya memberi info bahwa ikan sapu2 dijadikan bahan baku pembuatan somay. Tapi bukan ikan sapu2 yg ada diartikel ini yaa….. ==>http://ferboesrichardson.wordpress.com/2013/09/26/ikan-sapu-sapu-harganya-lebih-dari-satu-jutaaa-yang-boneng-loooo/?trashed=1&ids=772
Ikan sapu2 yg dimaksud adalah ikan sapu2 yg biasa ditemukan dikali-kali atau sungai yg kita tahu bahwa tempat hidupnya itu jauh dari kata layak ataupun pantas untuk kehidupan binatang yg bisa kita konsumsi. Secara, pasti kan banyak juga diantara kita yg suka atau bahkan doyan banget sama makanan yg bernama somay.
Sebenarnya saya sendiri juga belum melihat langsung karena teman saya bilang pernah dibahas juga di salah satu TV swasta, mungkin waktu itu ditempat saya sedang mati listrik jadi saya ga tahu…
Naaahhh… Apakah diantara brosis ada yang mengetahui tentang hal ini…???
Atau mungkin brosis pernah melihat ataupun membaca berita tentang fenomena ini…???
Kalo benar begitu adanya… Wah, serem juga ya kalo mo makan somay, soalnya selama ini yg saya tahu somay dibikin pake ikan tenggiri. Karena ikan tenggiri mahal,jadi diganti ikan sapu-sapu….
IMG_2906
Hiii……. Sereeeeemmmmm…….!!!!

35 Comments

  1. itu ane nyebutnya ikan pembersih kaca gan…wah ane pernah makan tuh walau kulitnya sangat keras..rasanya enak juga gan..kayak ikan pindang.hehe..tp awalnya emang ngeri..tp begitu rasain..wah mantap juga nih ikan.. (tp itu dulu waktu saya masih SMA sewaktu di sidoarjo.) hehe

  2. Saya pernah makan ikan sapu2,mungkin krna kulitnya kelihatan kaku dan keras,padahal dagingnya enak juga tuh,cuma buang kulitnya yg susah.

  3. ikan sapu punya daya tahan kuat terhadap pencemaran sungai. Ketika ikan jenis lain sudah mati, ikan sapu masih mampu bertahan hidup. Tapi dagingnya tentu sudah tercemar, mirip daging sapi yang dipelihara di penampungan sampah. Gak layak dikonsumsi.

  4. setau saya ikan sapu-sapu enak dimakan, tapi yang asalnya dari kali dan ikan sapu2 tidak banyak tulangnya kalau yang mengolah bisa,
    daging ikan sapu2 itu warnanya merah seperti daging sapi lo

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ikan sapu-sapu albino…!!! | Ferboes Richardson
  2. Algae Eater: Ikan Sapu-sapu Yang Rajin Tapi Usil…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply to Fitready Cancel reply

Your email address will not be published.


*