Cara perawatan dan pemeliharaan aquascape…….!!!

?????????
Salamat pagi masbro dan mbaksis…! Apa kabar anda hari ini? Semoga tetap sehat dan selalu ceria.
Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas sebuah artikel tentang pemeliharaan san perawatan aquascape. Jika sebelumnya saya sudah membuat sebuah artikel tentang apa saja yg kita butuhkan untuk membuat aquascape, maka kali ini adalah artikel lanjutannya.
Ini artikel sebelumnya ==> http://ferboesrichardson.wordpress.com/2013/10/05/apa-aja-yg-perlu-dipersiapkan-untuk-membuat-aquascape/
Lansung saja…..
Jika semua yang tersebut diatas sudah dipenuhi maka kita sudah siap untuk menanam tanamannya didalam aquarium.
Langkah pertama taruh pasir kedalam aquarium sampai ketebalan 5cm, setelah itu ratakan pupuk dasar merata diatasnya, selanjutnya timpa dengan pasir kembali sampai ketebalan sekitar 10cm.
Setelah tanaman selesai ditanam, pasang tabung co2, regulator,selang,bubble counter, dan diffuser pada tempatnya. Setting filter juga harus diperhatikan dengan seksama.setelah semua terpasang, isi air aquarium anda.
Untuk pengisian ikan, bisa dilakukan setelah kurang lebih 4minggu setelah tanam, paling cepat 2 minggu. 1 minggu setelah tanam, ganti air aquarium sebanyak 50-75%. Jika sudah ga sabar bisa dicoba memasukkan beberapa ekor ikan kedalam aquarium sebagai percobaan, itupun setelah 1 minggu (minggu kedua) supaya kandungan dari pupuk dasar sudah di netralisir oleh filter.
Selanjutnya untuk pemberian pupuk cair bisa dimulai setelah 1bulan penanaman, diberikan rutin sesuai dosis dan tempo yg tertera dikemasan pupuk yg anda pilih, karena beda merk beda juga cara penggunaannya.
Untuk penggantian air lakukan rutin setiap 2 minggu sekali sebanyak maksimal 50% dari aquarium. Pencucian media filter juga jangan sampai lupa, lakukan rutin minimal 1bulan sekali.
Untuk pencahayaan dalam 1 hari cukup selama 12jam.
Jika anda rutin melakukannya maka tanaman anda akan terlihat segar dan cerah didalam aquarium anda. Jika anda memakai pendingin (chiller) cukup di stel pada suhu 25 derajat, atau bisa lebih dingin lagi, misalnya diangka 22 derajat maksimal 18 derajat. Tetapi jika terlalu dingin itu akan menimbulkan pengembunan pada kaca yg mengganggu pemandangan aquascape anda.
Nah, sekian sedikit ulasan saya tentang perawatan aquascape… Jika ada yg kurang jelas, bisa ditumpahkan dikolom komentar.
Selamat pagi, dan selamat beraktivitas.
*semoga berguna 🙂 🙂 🙂

29 Comments

  1. met pagi om,, 🙂
    nih pertama kali ane komen di warung om nih,,,
    memenuhi undanganya si om ,,,,
    selama ini ane cuman ngintip2 aja,, aka silent reader,, 🙂
    oh ya om,, mau tanya nih,,, kalo taneman nyang bagus untuk di tanem di dalem aquarium air tawar taneman apa ya,,, ??
    segitu dulu ya om,,,
    soalnya masih banyak nyang mau ane tanyain nh,,, 😀

  2. Waaah.. Akhirnya ninggalin tanda tangan juga 😀
    Tanaman yg bagus banyak om, tapi yg paling favorit itu java moss tanaman yg kaia rumput jepang bisa ditempel di kayu bakau. Kadaka,black amazon, atau kabomba… 😀
    *makasih dah sempet mampir 🙂

  3. hhm,,, banyak ya,,,
    trus bedanya sama enceng gondok (kalo kagak salah,, tanaman air juga ) apa ya om,,,
    kalo kagak salah lagi,,, enceng gondok menyerap oksigen dari air,, apa taneman yang om sebut diatas sifatnya kayak enceng gondok juga,,,,
    soale dulu ane pernah mau buat nyang kayak ginian om,,, 🙂

  4. Enceng gondok biasanya buat kolam om,kurang cocok kalo buat aquascape. Ga tau juga kalo ada jenis yg lain.
    Tanaman sifatnya kalo siang nyerap co2(carbon dioksida) kalo malam nyerap o2(oksigen)
    Jadi jangan kasih ikan terlalu banyak,hanya sebagai pemanis aja 🙂

  5. ntar deh,,, tak potoin aquarium punya kantor ane,, trus ane upload,, kira2 tuh nyang ada disana taneman apa aja om,,, trus ikan apa aja,,,
    ane mau jum’atan dulu nih,,, 🙂

  6. ane mau ngingu ikan jenis Fbh dalam tangki cbfire, kira2 tumbuhan apa aja yang bisa dipake, humhumhum ngempet ngguyu

  7. Butuh info atau tempat untuk mencari tanaman aquascape ?
    Kunjungi website kami di tanamanaquascape.com
    Semoga membantu 🙂

  8. bos saya mu nanya, saya menanam tanaman air setelah 2 sampai 3 hari daunnya berubah menguning dan berlubang penyebabnya apa yah dan apa solusinya. trima kasih

  9. Nice Artikel..
    Mungkin sobat banyak yang bertanya-tanya, “untuk apa sih aquascape?? benarkah aquascape itu bermanfaat??, trus apa seh manfaatnya, coba pikir 100 x deh, aquascape kan mahal?” Atau mungkin banyak lagi yah keraguan sebelum membuat aquascape, Ok inilah jawabannya…
    Baca lebih lanjut, PENTING!! 7 Manfaat Membuat Aquascape Yang Belum Anda Ketahui
    !! Temukan kemudahan dan nuansa baru berbelanja online aquascape !!
    Pachira Aqua5cape : Menyediakan kebutuhan Aquarium Tanaman Hias Air Tawar, berupa Ikan, Udang, Keong, Tanaman Stem Moss, Anubias, Peralatan Aquascape
    http://www.aqua5cape.com

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Ikan yang cocok untuk Aquascape….!!!! | Ferboes Richardson
  2. Perawatan Aquascape itu gampang-gampang Susah…!!! | Ferboes Richardson

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*