Elephant nose….. gajah dari dunia ikan hias…!!!

Elepant nose
Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang salah satu jenis ikan yang sudah sngat jarang ditemuin disini (indonesia)
Ikan ini adalah ikan gajah atau biasa juga disebut dengan ikan elepant nose. Disebut demikian bukan karena ikan ini memiliki badan seukuran gajah, melainkan karena pada bagian mulut ikan ini memiliki bagian yang panjang menyerupai belalai gajah. Ikan ini bisa tumbuh hingga 25cm sampai 30cm. Makanan utama ikan ini adalah cacing beku atau cacing sutra. Entah kenapa sekarang jarang sekali yang jual ikan ini. Mungkin sudah mulai langka atau sedikit importir yang mau memasukan ikan ini ke indonesia. Entahlah, saya juga kurang paham. Sebenarnya ikan ini mudah dalam pemeliharaannya. Ga perlu perhatian khusus.
Diantara beberapa jenis ikan elepant nose, hanya satu atau dua jenis saja yang beredar diindonesia, salah satunya adalah yang berwarna hitam bergaris putih (gambar paling atas)
Ikan ini agak pemalu jika pertama kali ditaruh di aquarium, tapi lama kelamaan akan terbiasa dan mulai aktif berenang kesana kemari. Apakah anda pernah memelihara ikan jenis ini….???
Karena jarang ditemuin ditoko-toko ikan kecil, mungkin ga banyak yang tahu tentang ikan ini. Semoga dengan sedikit ulasan dari saya bisa menambah pengetahuan anda dalam hal ikan hias air tawar.
Jika anda merasa tertarik untuk memelihara ikan ini, pastinya anda harus mulai berburu dari sekarang….hehehehehe.
Nah…. Ikan elepant nose, menarik juga yaa…..!!!
Elepant nose
Elepant nose
Elepant nose
Nih macam-macamnya…..
Elepant nose
Yang ini ukuran dewasanya…. Lumayan besar juga yaaa…..
Elepant nose

32 Comments

  1. Ini ikan hidup di permukaan air ato di dasar yah…
    muka mpe setengah badan jelas cocok di dasar…
    sirip mpe ekor untuk tipe perenang air yg mengaLir nih….
    jadi bingung??
    mirip CS 1 nih ikan….

  2. Punten mas, pgn nanya yg sdkit oot nih…
    1. Dlu saya melihara ikan koki (bunder, palanya ada barong nya gt, sepintas mirip motor dewo keluaran ngahaem mega crot) warna item n mas… Cm skitr setahun lebih modar 1 persatu… Nah, tp yg bkin bete itu koki tu jorok ya mas? Ad triknya gk biar gk jorok??
    2. Lampu aquarium saya (made in china, warna biru, neon sktr 30 cm, direndem di air) berkali2 sk nyetrum (klo gk salah 3x saya lem-biru)… Yg bkin jengkelnya itu nyetrumnya loh… Kdg ketika pas mlm plg dr kebun, saya kan jaringin eeq koki yg gk ksedot sm pompa, eh mlh kesetrum… Tu bijimana ya solusinya?
    3. Ikan yg dri meksiko warna pink dll (prnh dger dr skumpulan om2 songong di panti pijet) pa ya namanya?? Ktanya sih mahal.. Kira2 apa ya namanya??
    4. Ini yg paling penting, om ferboes dah pcrn sama mas marwoto (legend MM93) brp lama??

    • Okay bro, saya coba jawab satu persatu…
      1.ikan koki memang jorok. Penggantian air 1 minggu 2x-3x. Kasih makan dikit2 tapi sering
      2.lampu celup memang beresiko nyetrum kalo ga kenceng seal nya. Solusi taruh diatas air aja gan
      3.wah kalo yg warna pink ga tau gan, biasanya yg buat refleksi itu ikan gararupa warna hitam harga sekitar 10ribu/ekor
      4. Hahahahahaaa….. Kalo yang ini sepertinya anda salah orang :mrgreen:

  3. 1 lagi mas, aquarium saya ukuran 100x35x25 cm… Kira2 cocok diisi ikan apa ya? Yg berwarna n kuat… trus brp ekor?? Mksdnya biar anak saya (3thn) tertarik… Soalnya saya pelihara love bird dy cuek, saya pelihara uler dy gk suka baunya, kucing katanya suka nakal, monyet takut… Soalnya saya kan bda rmh sama anak saya (pisah dgn ibunya) jdi biar ada “pemancing” anak saya biar mau maen n nginep drmh gt…

    • Untuk ukuran segitu mending pelihara ikan koki saja maksimal 10 ekor ukuran tanggung. Karena koki ikan yg lucu.kebanyakan anak suka.atau bisa juga ikan2 kecil yg berwarna-warni.seperti neon tetre,cardinal tetra,guppy,barbir…. Dan semacamnya 😀

      • Makasi ya om… Mgkn bsk2 kalo mw ane fungsiin lg tu aquarium ane bakal konsultasi sama om… Seandainya saya di jakarta, pasti saya belanja tmpt om deh… Berhubung saya di pelosok kota kecil di sebrang pulau jdi nya gk bs ke tmpt om… Makasi ya om..
        Btw klo blh om, di bkin dong artikel2 ttg serba serbi ikan pasaran kya koki gt…klo bisa ada gambarnya jg.. TY om

      • Udah pernah kok gan, saya bahas satu persatu, ikan koki dan jenisnya,juga perawatannya,arwana,sekarang ikan kecil2 juga akan saya bahas satu persatu. Diselengi artikel guyonan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*