Ikan parrot….!!! Tampangnya sih lucu… Tapi galak eeuuuyyy….!!!

Parrot warna1
Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…??? Semoga sehat selalu dan tetap ceria.
Beberapa hari ini saya ga’ sempat nulis artikel, kerjaan ngantri kaia gerbong kereta. Maklum pekerja serabutan, jadi apa aja dikerjain demi lembaran-lembaran rupiah :mrgreen:
Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas tentang ikan Parrot. Ikan ini termasuk kedalam keluarga ikan cichlid. Jika, biasanya ikan cichlid miliki wajah yang aga’ lumayan seram, maka berbeda dengan ikan Parrot yang tampangnya lumayan unyu-unyu brosis. Bentuk badan hampir mirip dengan ikan louhan bonsai, hanya saja bentuk mulut ikan parrot menyerupai segitiga, jadi berkesan ikan ini selalu senyum sepanjang waktu 😀
Mulut parrot
smile face……!!!!
Diindonesia ada dua jenis ikan Parrot, yaitu blood Parrot (berekor) dan heart Parrot (tanpa ekor). Jika anda bertanya kenapa ga ada ekornya…??? Entahlah, saya sendiri juga ga tahu, itu asli atau rekayasa genetik. Ikan parrot sendiri kabarnya adalah ikan hasil silangan dari red devil dan ikan sympilum. Jadi jika ikan parrot dikawinkan dengan sesama jenis, maka telur yang ada ga bisa menetas (menjadi anak). Itu menurut hasil survey yang saya tanyakan kepada suplayer ikan ini saat dia (si suplayer) mengirim ikan ke toko. Apakah benar begitu…??? Bisa jadi, karena beberapa ekor ikan parrot yang bertelur disini memang telurnya ga pernah menjadi ikan….
Blood parrot
Blood parrot……..!!!!
Meskipun ikan ini terlihat lucu, tapi tetap saja sifatnya seperti ikan cichlid yang lainnya, jangan dicampur dengam ikan mas koki atau ikan yang lebih kecil. Saya sendiri pernah beberapa kali digigit ikan ini saat membersihkan aquarium, walaupun giginya halus, lumayan lah bikin lecet2 kulit anda, bahkan sampai berdarah. Saran saya jika hendak mencuci aquarium siapkan tongkat pemukul jadi jika ikannya mau menggigit, lang aja pukul pakai tongkat tersebut, dijamin ikannya kapok :mrgreen:
Heart parrot
heart parrot…. Siapa yang ngambil buntutnya…??? Hayooo ngakuuu…..!!!!
Ikan parrot termasuk ikan yang kuat, dan tahan terhadap segala penyakit. Ga heran jika banyak orang suka memeliharanya karena selain warnanya yang cerah ikan ini juga cukup mudah pemeliharaannya.untuk pakannya bisa diberikan berupa pellet, udang, dan cacing beku.
Parrot warna2
Ikan parrot yang disuntik pewarna…!!!
Beberapa tahun lalu sempat booming ikan parrot import taiwan yang disuntik warna. Ada yang berwarna merah, kuning, hijau, biru, dan ungu. Ada juga yang dikasih tulisan dan ukiran kotak2 seperti tikar. Ada-ada saja ulah orang taiwan ya…… Tentu saja warna-warnanya ga akan selamanya seperti itu. Bersamaan dengan pertumbuhan ikan, maka warna buatan tersebut semakin lama juga akan semakin memudar.
Parrot laut
ikan parrot air laut….!!!
Sebenarnya ikan laut juga ada ikan parrot, tapi bentuk dan warnanya berbeda jauh dengan ikan parrot air tawar. Menurut brosis, keren ikan parrot yang air tawar atau yang air laut…???
Naaahhh…. Bagaimana brosis ikan parrot nya…??? Layak dimiliki kah…???
Atau jangan-jangan anda sudah pernah memeliharanya….??? Mari berbagi pengalaman anda…..!!!!
Sekian sekilas info, semoga berguna.

53 Comments

  1. Yg laut ikan kakatua kan om? Enak kalo dipepes. Kl dipancing tarikannya mantabz. Saya pernah dapat 4kg-an waktu mancing dasaran.

  2. saran saja; kisaran harga mungkin bisa di masukkan om ferboes, jadi yg tertarik mau pelihara sudah ancer2 berapa budged yang harus disiapkan..

  3. Pilih ikan parot air laut mas.. Wkwkwk.. Tarikannya lumayan, giginya buat pemancing naik darah (senar sering putus) , badannya yg sangat licin buat pemancing sering nangis (jari luka kena sirip) ┣┫ŪhŪªÅ┣┫ªÅ ..

      • Pernah dapet yg 20-25cm gitu mas wkwkwk.. Jenis Ikan karang wkwk.. Mulut kecil .. Mata pancing ukuran sedang (lupa nomer) wkwkw.. Tarikan lumayan, dy suka sana sini, gak ke 1 arah aja, jadi di situ letak sering buat putus wkwkwkwk.. tpi dah lama ndak mancing, kasian wkwkwk.. Udah ndak tega lihat darah wkwkwk

  4. Pernah dapet yg 20-25cm gitu mas wkwkwk.. Jenis Ikan karang wkwk.. Mulut kecil .. Mata pancing ukuran sedang (lupa nomer) wkwkw.. Tarikan lumayan, dy suka sana sini, gak ke 1 arah aja, jadi di situ letak sering buat putus wkwkwkwk.. tpi dah lama ndak mancing, kasian wkwkwk.. Udah ndak tega lihat darah wkwkwk

  5. Ikan parrot saya lg nelor… dia emang galak banget buktinya ramarezy, redfin, lemon… pada takut ma dia…. padahal ikan hasil beli korban banjir malah nelor dia….hahaha

  6. kok ikan parrot yg aslinya g ada… sebenernya sebelum ikan Parrot hybrid ada sudah ada ikan parrot cichlid lainnya yg mempunyayi nama latin Hoplarchus Psittacus….

7 Trackbacks / Pingbacks

  1. Tokyo Motor Show 2013 . . . Kawasaki Hadirkan Bat-Bike | OTOMOTIF
  2. Tokyo Motor show 2013 . . . . Motor Yamaha 250 cc Bakal Hadir nggak yaa ? . . . Nih sketsa aslinya !! | OTOMOTIF
  3. Makanan ikan koki yang bagus….!!! | Ferboes Richardson
  4. MITOS: Ikan Pembawa HOKKI…. !!! | Ferboes Richardson
  5. Pertumbuhan ikan parrot…!!! | Ferboes Richardson
  6. Semua Tentang Ikan Parrot | Ferboes.com
  7. Yang Menarik Dari Ikan Louhan Bonsai….. | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*