Hiu air tawar…..???? Itu namanya GENGISH KHAN…….!!!!!

Gengish khan
Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya….???
Apa dibenak anda jika mendengar nama gengish khan…??? Pasti langsung teringat seorang tokoh dalam peperangan ya….. Tapi gengis khan yang ini beda brosis. Ini adalah salah satu jenis ikan air tawar yang biasa disebut sebagai hiu air tawar. Disebut hiu air tawar karena sepintas ikan ini mirip dengan ikan hiu yang ganas dilautan. Berbeda dengan ikan hiu yang sesungguhnya (hiu laut) ikan gengish khan tidak memiliki gigi layaknya ikan hiu air laut, hanya fisiknya saja yang hampir menyerupai seperti hiu yang hidup dilaut. Siripnya yang pangjang dan menjulang tinggi layaknya ikan hiu sangat menarik. Ikan ini termasuk jenis pemangsa apa saja. Mungkin bagi anda yang belum tau ikan ini akan mengira kalo ini adalah ikan patin :mrgreen: karena warna dan bentuknya juga menyerupai ikan patin, bedanya ikan pati memiliki sirip yang pendek dan agak membulat. Kalo sirip ikan gengish khan panjang dan meruncing dibagian ujungnya.
Gengish khan
Entah kenapa ikan ini diberi nama “gengish khan” saya kurang tahu sejarahnya :mrgreen: padahal jika kita melihat gambar tokoh gengish khan diatas ga ada mirip-miripnya sama sekali ya….. Kecuali kumisnya mungkin..!!! :mrgreen:
Ikan gengish khan juga termasuk dalam keluarga ikan catfish karena memiliki ciri-ciri seperti ikan catfish, ditandai dengan adanya kumis dimulut bagian bawah dari ikan ini. Ukuran maksimal ikan ini bisa mencapai lebih dari 1,5 meter dialam bebas…. Makanannya pun beragam, bisa berupa pellet, ikan, udang, kodok, cacing beku, daging cincang juga pasti mau… Jadi ga susah untuk pemeliharaannya.
Ikan ini termasuk kuat dan tahan terhadap penyakit, bisa di gabung dengan ikan lain yang seukuran dan sama besar. Untuk harga dipasaran memang ga bisa dipastikan tapi disini biasanya dijual dengan harga 75ribu untuk ukuran 10 cm dan sekitar 250ribu untuk ukuran 30cm. Harga bisa berubah sewaktu-waktu jika barangnya banyak, biasanya akan turun, dan sebaliknya jika barangnya jarang ada bisa saja jadi lebih mahal.
Untuk ukuran aquarium minimal ukuran 100x50x60cm tapi disarankan untuk ukuran yang lebih besar, karena jika pemberian pakan mencukupi maka pertumbuhannya bisa sangat cepat. Dari ukuran 10cm-50 cm dalam waktu kurang dari 1tahun. Jika dikolam besar dengan makanan yang cukup maka bisa tumbuh lebih cepat lagi.
Naaahhh…. Brosis bagaimana menurut anda…??? Pantaskah ikan ini dimiliki…???
Mungkin saja, jika anda salah satu penggemar ikan raksasa tentunya….!!!
Gengish khan
Sekian sekilas info, Semoga berguna.

44 Comments

  1. iku hiu apa patin raksasa om… kok agak mirip patin yo… muekekekek..
    serem om,, mendingan peliharaan ku,, cupang.. muehehe

  2. namanya pangusius sanitwongsei…ane prnah punya..pelihara dari ukuran 5cm 4ekor smp 30cm, ngerasa klo ikan makin gede aqua g muat ane jokul z…bedanya sm patin fisik sirip sm face beda, trz cara renangnya juga beda klo patin gerak tidak beraturan,klo gengiskan berputar 360drajat mengitari aqua/kolam,,mungkin dnamakan gengishkan cara menyerangnya/memangsanya yg cepat dan ada sirip2 lancip seperti gengiskan..

  3. Juoozzz tambahannya gan. Saya malah ga tahu kalo nama lainnya adalah pangasius sanitwongsei. Memang tampang dan sirip agak berbeda, dan cara berenang yg aktif. Kalo patin lebih pasif. Thanks sharingnya gan 😀

  4. mirip ikan lundu disungai….
    ikan lundu, secara fisik mirip bgt sm ikan ini, bukan hanya doyan sgala jenis makanan tapi daya tahan terhadap kadar garam disungai ketika musim kemarau pun luar biyasa :mrgreen: sungai dkt laut kalo lg musim kemarau airnya berubah jd asin, dan ikan lundu yg mirip ikan ini seolah ga terpengaruh eksistensinya #hayah…
    cuman, klo ikan lundu besar yg pernah aku tau panjangnya 20an centi 🙂
    beda sm ikan pendekar ini.. :mrgreen:

  5. kalo ukuran 120 * 60 * 60 bisa piara berapa ekor paling banyak mas? terus yakin bisa makan pelet?
    dl pernah piara patin mah enak,, makan apa jg mau,,
    kalo ikan genghis khan ky patin jg mau makan apa aja,,
    jadi pengen piara,, haha..

    • mo yg ga ganti tempat,, itu buat masa depan gt ceritanya,,
      misal nya kalo dah gede cm cukup 2,, berarti piara 2 aja dari masi kecil,, jgn piara 10 nanti kalo dah gede jd puseng,, pusing tempat ma pusing kasi makan,, haha,,

      • dari tiga atw empat jenis tuh bro,,
        polydon spatulla, acipenser, ma gengis,,
        1. bagusan mana? yg paling keren,,
        2. terus yg paling gampang dkasi makan nya yg mana?
        3. sama yg apa ya? mo nulis lupa,, nti ditanya kalo inget..

  6. Ikan hiu air tawar ada yang dijual hidup2x gak ya di Malang ,soalnya aku mau pelihara hiu air tawar

5 Trackbacks / Pingbacks

  1. Di ujung Indonesia . . . TMCBlog Joint Honda Roadventure sampai di titik Nol km Sabang NAD | OTOMOTIF
  2. Saatnya nguras kolam besar….!!! | Ferboes Richardson
  3. Hiu Air Tawar…..!!!! | Ferboes Richardson
  4. Ikan botia….. Lucu juga nih….!!!! | Ferboes.com
  5. Ikan Serpae Slayer (longfin serpae tetra) Banyak Peminatnya Juga Nih… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*