Mata ikan arwana turun…??? Waaahhh…. CELAKAAA….!!!

Super red
Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya…???
Apakah anda termasuk penggemar ikan arwana…??? Wow… Pasti ada kebanggaan tersendiri ya jika ikan arwana kita terlehat sehat, warnanya bagus, berenangnya anggun, dan semua mulus tanpa cacat. Sayangnya terkadang semua itu ternodai jika mata ikan arwana kita menjadi turun dan ga normal seperti biasanya.
Kita bahas dulu apa sih penyebabnya mata ikan arwana bisa turun…???
Hmmm…. Sebenarnya banyak juga penyebabnya brosis….. Mata ikan arwana bisa turun karena salah satu penyebabnya adalah kebiasaan dikasih makan ikan mas… Karena ikan mas adalah ikan yang suka berenang didasar aquarium, jadi mata ikan akan lebih sering terfokus untuk memandang kebawah yg menyebabkan matanya akan turun dalam jangka waktu tertentu. Selain makanan, penyebab lain juga bisa dikarenakan pencahaan yang terlalu terang dan menyilaukan. Kegemukan juga bisa menyebabkan mata ikan arwana jadi turun, karena lemak-lemak yang ada disekitar mata mendorong mata ikan keluar dan semakin keluar. Jadinya ya si ikan terlihat kurang indah.
Lalu, bagaimana cara mengatasinya…???
Ada beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah dan mengobati mata turun pada ikan arwana.
Pasang stiker warna gelap dibagian belakang dan samping aquarium, biasanya pilihan warna hitam yang paling sering digunakan, jadi pantulan cahaya dari kaca aquarium akan sedikit teredam oleh warna yang gelap tersebut….
Meletakkan benda mengambang didalam aquarium yang berwarna terang untuk menarik perhatian si ikan supaya lebih sering untuk melihat keatas…
Pemberian pakan berupa makanan yang mengambang diatas, contohnya seperti jangkrik. Karena jangkrik selalu mengambang diatas permukaan air….
Pindahkan ikan arwana yang matanya turun kedalam kolam tanpa lampu, cara ini dipercaya bisa mengembalikan mata ikan yang turun secara perlahan.
Cara-cara diatas, adalah untuk mata turun yang belum terlalu parah. Jika mata ikan arwana sudah sangat parah turunnya, maka jalan terakhir adalah melakukan operasi pada mata ikan tersebut. Biasanya dilakukan oleh para ahli tentunya, jangan melakukannya sendiri yaaa…..
Hampir 75% memang penyakit ikan ini terjadi pada ikan kesayangan yang dipelihara didalam aquarium brosis…
Semoga ikan anda dirumah baik-baik saja tanpa masalah.
Sedikit tulisan saya ini semoga bisa berguna bagi anda.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Bonusnya gaaannn….. :mrgreen:
Tukul arwana

39 Comments

  1. bener tuh kata om orong orong… ngantuk kali kang forboes itu ikan na..
    makanya lw pagi di ajak ngopi dulu biar gk ngantuk lagi…. muehehehehehe…..
    nice info kang.. ane jga punya arwana warna cream tpi mengkilat klo kena cahaya,, tau warna apa itu namanya secara lbih spesifik… Alhamdulilah gk ada msalah kayak gitu, makanannya emg jangkrik sich,, kdang2 lipan yg udah di ilangin kepalanya..
    tapi ya,,, spa tau aja belum.. jdi kalo suatu saat trjadi kayak gtu,, tau deh gmana cara menanganinya..
    thanks kang infonya.. pokoke nice info mbanget.. 4 jempol untuk infonya.. muehehehehe

  2. baru sekitar sebulan ini menekuni hobi miara arwana.. arwana emang pancen jossss… bisa menenangkan hati kalo lagi liat dia berenang meliuk liuk kesana kemari di dlm aquarium.. ada perasaan seneng gtu lah pokoke,, lama lama malah terkesan kayak naga ya… asik lah pokoke…. muehehehe

    • Bro surya, jika badan arwana sampeyan panjang, mungkin itu jenis arwana silver. Semoga ga terjadi pada ikan anda. Ikan arwana memang disebut juga sebagai dragon fish aka ikan naga 🙂

  3. Kalo mata ikan koki yang turun gimana mas?? 🙁 ikan aku yg paling gede matanya turun . trus kalo ikan di dasar kolam diem aja itu cara biar bisa aktif gerak lg gimana??

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*