Cara membedakan kura-kura brazil jantan dan betina…….!!!!!!

Kura2 brazil
Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya…???
Apakah anda tahu kura-kura ninja…??? Itu termasuk salah satu film kesukaan saya waktu masih kecil dulu. Tapi, kali ini saya gak ingin bahas tentang si kura-kura ninja, saya ingin mengulas tentang bagaimana cara membedakan kura-kura jantan dan betina. Mungkin diantara brosis sudah ada yang tahu…. Ga apa-apa deh, siapa tahu aja masih ada sebagian pengunjung yang belum tahu tentang hal ini.
Kura2 brazil adalah salah satu binatang peliharaan yang paling diminati. Lucu dan menggemaskan, akan tetapi akan berubah semakin seram jika udah besar :mrgreen:
Terkadang banyak yang menanyakan cara membedakan cewek dan cowoknya gimana mas…??? Karena kebanyakan customer ingin memelihara sepasang kura-kura biar ga kesepian yaitu 1ekor jantan dan 1ekor betina, siapa tahu nanti bisa beranak, mungkin begitu dalam benak mereka 😀
Oke….. Langsung saja brosis.
Ada yang bilang untuk membedakannya adalah meraba bagian perut si kura-kura. Kura-kura jantan biasanya bagian perutnya cekung kedalam dan yang betina cenderung rata…. Jadi kita bisa meraba bagian itu jika kita ingin membedakan jantan dan betina, biasanya yg masih ukuran kecil.
Jika ukurannya sudah agak besar, misalnya diameter 7-10cm itu akan menjadi lebih mudah…
Perhatikan gambar dibawah ini……
Jantan dan betina
Pada gambar diatas yang saya ambil dari diary “mbah google” :mrgreen:
Terlihat jelas bahwa kura-kura brazil jantan memiliki kuku cakar yang lebih panjang daripada sang betina, begitu juga dengan ekornya. Ekor sang jantan lebih panjang dari ekor sang betina. Biasanya terlihat saat ukuran kura-kura sudah mencapai diameter 7-10 cm.
Itulah sedikit pengetahuan tentang bagaimana cara membedakan kura-kura jantan dan betina untuk jenis kura-kura brazil. Semoga berguna 🙂
Kura-kura brazil
Kembali ke laptop
Note: semua gambar diatas saya ambil dari google. Mohon maaf bagi yang bersangkutan.

43 Comments

    • Cacing beku dan pellet gan, kal masih kecil (tempueung masih lunak) harus extra hati2, soalnya gampang terserang sakit mata dan mati. Jadi harus sering ganti air bersih 🙂

  1. saya punya om 2 ekor beli ditahun 2000, sekarang dah gede2, pernah salah satunya bertelur tapi ga pernah menetas, setelah browsing baru ketahuan kalo kura2 saya betina semua

  2. hasem tenan… uapik yo… dadi pingin lho aku… muehehehehehe
    kalo beli yg ukuran kecil kayak di gambar itu,, kira kira sampe harga berapa om perboes…??

  3. kalo saya punya metode yg lebih tok cer mas Bro…
    Kalo di pegang2 mengeras, itu pasti jantan.
    Kalo di pegang2 terasa agak2 basah, nah pasti betina… Hehe…
    Semoga berguna…

  4. owh…
    jangan kan 15 ribu,, 20 ribu juga aye mau om kalo ada yg bagus sperti yg ada di gambar di atas itu…
    haduuuhh… imut imut mbanget.. gemes om liat na.. hehe

  5. tapi nyang paling seru,,, bedain kura2 brazil ama kura2 lokal,,,,
    kalo kura2 brazil,, pasti pinter2 maen bola kaki,,,
    kalo kura2 lokal,,, gak tega ane nyebutnya,,, 😆

  6. @bro fitready…
    Waduh…!!! Biasanya kalo ukuran yg kecil memang lebih rentan bro. Lain kali jika ingin pelihara lagi, pilih yang tempurungnya udah keras, biasanya daya tahan tubuhnya udah kuat.

  7. paling gampang bedain jantan & betina kl udah gede (dah mau kawin).
    Tinggal disatukan pd malah hari dlm kotak yg ada pintunya.
    Yg bs keluar dr kotak paginya berarti jantan.
    Dan kl kotak dibuka akan terlihat yg betina gak bs jalan dg kaki diatas krn abis ML ama jantan.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mainan Baru… Kura-kura Brazil…!!! | Ferboes.com
  2. Lobster Air Tawar Mulai Rame Lagi Ya…??? | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*