Ikan koki terbalik…??? Ini penyebab dan pencegahannya……!!!!

swimbladder
Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya…???
Kemarin seharian ga bikin artikel tentang ikan hias, sekarang mulai menulis lagi.
Apakah anda pernah melihat ikan koki yang berenang terbalik…??? Kasian sekali jika melihat ikan tersebut ga bisa bereang normal seperti teman-temannya yang lain. Apa sih penyebabnya…???
Menurut penelitian :mrgreen:
Semua jenis ikan itu ada sebuah organ yang membantu mereka bisa berenang dan mengambang didalam air karena memiliki sebuah kantong renang atau biasa disebut “swimbladder”
Jika swimbladder ikan itu rusak alhasil ya ikannya ga bisa bebas berenang dan mengambang seperti biasanya. Sebenarnya ga cuman ikan koki saja yang mengalaminya, karena semua ikan juga memiliki swimbladder tersebut. Hanya saja banyak kasus yang terjadi kepada ikan koki yang gendut….
Naahhh… Kok bisa seperti itu…???
Banyak penyebabnya brosis, diantaranya, kebanyakan makan, atau ikan koki tersebut daya tahan tubuhnya lemah terhadap air yang dalam. Terkadang makanan ikan koki ada yang bagus dan yg kurang bagus untuk dikonsumsi berlebihan. Pellet yang mengembang terlalu besar jika direndam didalam air kurang bagus untuk makanan ikan koki karena bisa menyebabkan bagian ini cepat rusak (swimbladder).
Cara mengatasinya gimaa brooo…..???
Langkah pertama…. Jika masih baru terjadi, segera pindahkan ikan anda kedalam aquarium atau wadah dengan ketinggian air yang rendah sekitar 20cm saja… Berikanlah obat swimbladder treatment sesuai dosis yang tertera didalam kemasan.
Biasanya jika sudah terkena penyakit ini si ikan sudah tidak bisa lagi kembali kedalam aquarium yang tinggi airnya, karena akan terbalik lagi. Apakah akan segera mati…??? Oooohhh… Tentu tidak….!!! Ikan akan tetap hidup dan bisa makan seperti biasa, hanya saja ga’ bisa berenang normal.
Pemberian makan pakailah pellet yang bagus… Jangan pakai pellet yang mengembang terlalu besar jika direndam didalam air.
Pemberian pakan jangan terlalu banyak, sedikit-sedikit tapi sesering mungkin, yang penting langsung habis tanpa sisa, penggantian air berkala 2x seminggu. Karena ikan koki termasuk rakus dan ga ada hentinya makan. Jika sudah parah, kesenpatan untuk sembuh sangatlah tipis bahkan ga mungkin bisa kembali normal lagi, jadi jika sudah ada tanda2 berenangnya nungging atau berputar-putar segera lakukan tindakan seperti yang saya sebutkan diatas. jangan dicuekin saja karena nanti bisa menjadi semakin parah. Ikan yang sudah terbalik biasanya pada bagian perut akan mulai timbul bintik2 merah karena bagian itu selalu berada diatas pemukaan air, perutnya akan mengempis dan mengeras. Kasian kalo lihat ikan yang seperti itu.
Semoga ikan-ikan anda dirumah selalu sehat dan aktif sehingga tetap indah untuk dinikmati.
Sekian sekilas info, semoga berguna.

43 Comments

  1. Itu alesan aku jd bosen piara koki,udah dpiara lama jd gede bagus trus njempalik,lama2 badane menciut krn sulit makan akhire wasallam jg

  2. Ikan saya dulu pernah begitu. Tapi lama kelamaan membaik sendiri. Nice info mas bro. Gitu toh. Saya pikir ada virus apa-an.

  3. kalo ane nemu gitu langsung ane sembelih aja om, digoreng.
    lumayan buat 1 suapan aja, wkwkwk

  4. sering banget nih ipar pacar saya ikan maskokinya terbalik berenangnya.. kasian liat ikannya. thanks sobat dah share cara treatmentnya

  5. ferboes, kalo di perut maskoki yg terbalik muncul bintik2 merah itu penyakit kah? atau krn lama tdk terkena air saja? tks..

  6. ikan mas koki q 1 yang terbalik setelah ganti air dan pemberian garam ikan. sedangkan 5 ikan koki lainnya enggak begitu. semoga nanti mau kembali seperti biasa, itu masih menyesuaikan air baru atau gimana ya??

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Makanan ikan koki yang bagus….!!! | Ferboes Richardson
  2. Swimbladder Rusak, Ikan Koki Berenang Terbalik…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*