Apakah ikan Arwana Bisa Di Gabung didalam Satu Aquarium……..??????

Arwana
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya….???
Berawal dari sebuah komentar di artikel saya beberapa hari lalu, tepatnya oleh bro Dave. Brother satu ini bertanya tentang hal, apakah ikan arwana itu bisa dicampur didalam satu aquarium….????
Nah….. Berangkat dari situ saya akan mengulasnya melalui artikel ini.
Ikan arwana itu termasuk ikan yang agresive dan galak. Galak disini bukan karena si ikan suka marah-marah dan ngebentak orang. Tentu saja tidak, karena ini adalah seekor ikan. Ikan arwana bisa saja dicampur dengan ikan lain, baik itu yang berbeda jenis ataupun sesama jenis arwana. Tapi tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari penggabungan tersebut.

Katanya…… (entah siapa yg bilang pertama kali) ikan arwana bisa dicampur dalam jumlah banyak, tetapi ada pengalaman customer saya, beliau memelihara 9 ekor ikan arwana dari kalimantan (super red) ukuran 10cm satu induk & satu peranakan (kata beliau sih begitu) dalam waktu 2 tahun, tinggal sisa 3 ekor saja yg hidup. 😯 Sekarang sudah 35 cm lebih ukurannya. Padahal kan banyak, kok bisa berantem sampai mati…??? Namanya juga binatang brosis, hukum rimba emang kejam “yang terkuat yang bertahan” :mrgreen:
p51218-204508_wm.jpg
[display-posts tag=”arwana” post_per_page=”10″]
Memang ga semua cerita sama, ada juga customer saya yg bisa memelihara 5 ekor ikan arwana jenis super red dalam satu aquarium tapi…. Dicampur dengan ikan yang lain. Cukup banyak sih jenis ikan campurannya.
Dan aquariumnya juga lumayan besar, jadi ruang lingkupnya luas.
Ikan arwana bisa dicampur didalam satu aquarium apa bila jumlahnya banyak, sekitar 3-5 ekor lebih dan tentu saja aqarium/kolam nya haruslah cukup besar, dan juga dicampur dengan jenis ikan lain yang sama ukuran (makin banyak,makin bagus)
Kelebihan dari penggabungan itu tentu saja bisa menghemat tempat,karena didalam satu tempat (aquarium/kolam) kita bisa memelihara lebih dari 1 ekor ikan arwana.
Tapi disamping itu tentu saja ikan anda tidak akan bisa tumbuh dengan mulus. Pasti ada saja cacatnya… Entah itu siripnya pada sobek-sobek, sisiknya lepas, luka sana-sini dan lain sebagainya. Tapi paling tidak jika ikannya banyak dan tempatnya luas, biasanya “jarang” sekali menimbulkan korban (ikan mati).

Tentu saja sangat disarankan jika anda hendak memelihara ikan arwana yang bagus, apalagi yang harganya mahal, lebih baik cukup 1 ekor didalam 1 aquarium supaya ikannya tumbuh dengan bagus dan mulus tentunya. Jika memang merasa aquariumnya sepi anda bisa memelihara arwana jenis silver brazil, karena biasanya jenis silver lebih friendly dibanding jenis arwana lain. Jenis arwana yang paling brutal biasanya jenis arwana irian (jardini), super red, dan black silver brazil. ikan yang biasa dijadikan tank mate ikan arwana adalah: balasahrk, kapiat bangkok/albino, american flagtail, belida bangkok, stingray, atau ikan lain. Intinya harus seukuran dan sama besar dengan ikan arwana tersebut.
Semua keputusan ada ditangan anda, jika ingin ikan yang mulus dan cantik, lebih baik one on one :mrgreen:
Tapi jika memang ingin yang rame ya resikonya pasti ga akan sebagus jika di pelihara sendiri.
Itulah sedikit ulasan tentang “penggabungan ikan arwana”
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Baca juga yang berikut ini ya guys…
[display-posts tag=”kontes-ikan-arwana” post_per_page=”10″]
[display-posts tag=”tips” post_per_page=”10″]

34 Comments

  1. waduh,, sampe dibikinin artikel neh mas,, mantep dah,,
    tapi masi belom galau piara nya gmn,, haha,,
    masalah keterbatasan dana jg,,
    tapi ditambah ikan laen seperti ikan mas ukuran kecil2 gt,,
    semakin banyak mungkin aman kale ya mas? :p

  2. Aduh jadi inget super red bokap, 5 dijadiin satu aquarium. Mati 1 gara2 arwananya katarak & ga ngeh :'(

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*