Kenapa arwana super red bisa menjadi kuning….???

image
Hallo masbro dan mbaksis…. apa kabar semuanya…???
Jika anda mendengar nama arwana super red, pasti taunya warnanya merah seperti gravatar saya :mrgreen:
Perlu anda ketahui, tidak semua ikan arwana super red akan menjadi merah saat sudah besar nantinya.
Banyak faktor yang membuat arwana super red menjadi merah dan tumbuh sempurna, begitu juga sebaliknya.
Jika anda melihat gambar ikan diatas, pasti akan mengira bahwa itu adalah jenis golden red atau biasa disebut dengan RTG (red tail golden)
image
Rtg memang sepintas hampir mirip dengan Sr, tapi jika anda perhatikan dengan seksama, punggung rtg terlihat hitam dan ekor rtg juga berwarna hitam pada bagian atas atau 1/3 nya hitam kebawah baru berwarna merah.
Lalu kenapa super red bisa jadi kuninh begitu…???
Beberapa faktornya adalah sebagai berikut:
Ikan sr yg menguning karena kurang perawatan, hal itu meliputi…
Penggantian air secara berkala, pemberian vitamin pada ait, dan kontrol  kadar PH pada air didalam aquarium. Jika anda tidak memperhatikan hal tersebut diatas, bisa jadi ikan anda akan menjadi kuning seperti gambar diatas.
image
Pakan yang baik….
Sejatinya pakan arwana yang baik adalah jangkrik, udang, atau bisa juga kelabang. Kodok dan ulat jerman juga bisa supaya ikan menjadi gemuk.
Pencahayaan…. semua makhluk hidup dibumi butuh sinar matahari, begitu juga ikan peliharaan anda. Jika memang tidak memungkinkan untul hal itu, maka gunakanlah lampu yang mempunyai kadal panas cahaya yang cukup tinggi, minimal 10.000 calvin atau lebih. Lampu ga harus menyala 24jam, cukup 12 jam sehari saja.
Tapi memang sinar matahari paling bagus.
Terakhir adalah faktor keturunan…
Bagaimanapun pemeliharaan anda, bisa saja akan menjadi kuning jika memang daru induk si ikan memanglah jelek. Untuk hal yang satu ini memang susah dipastikan. Karena dari sang penangkar sudah menyeleksi ikan maba yang akan bagus,lumayan,atau biasa-biasa saja. Pastinya disesuaikan dengan harga :mrgreen:
“Perlu diingat, harga yang mahal tidak menjamin ikan anda akan menjadi bagus… tapi harga yang mahal, sudah pasti anda akan mendapat ikan yang lebih bagus”
Selain hal-hal diatas, untuk membuat ikan anda menjadi bagus, bisa juga menggunakan obat. Tapi, tentu saja ada efek sampingnya jika terlalu keseringan.
Apapun ikan yang anda pelihar, asalkan kita rawat dan kita perhatikan, pasti akan tetap terlihat sehat dan bagus untuk dinikmati. Jika ada yang salah mohon dibenarkan, dan jika ada yang kurang tolong ditambahkan.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Note: maaf jika ada kata yg typo, belum terbiasa pake touchscreen nih :mrgreen:

29 Comments

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Pesona Ikan Pari (stingray) Air Tawar | Ferboes.com
  2. Arwana Super Red Masih Menjadi Ikan Favourite | Goldfish-Union.com
  3. Bayangkan Jika 15 Ekor Arwana Super Red Mati Bersamaan… Sakiiittt….!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*