CHILLER: Apa sih fungsinya…???

image
Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya…???
Kalu ini saya ingin membahas secara singkat tentang CHILLER.
Mungkin sebagian dari brosis masih ada yang belum tahu apa fungsi dari chiller dan bagaimana memakainya.
Chiller adalah sebuah alat untuk membantu menjaga suhu aquarium anda supaya lebih stabil dan terjaga. Terutama untuk mendinginkan air aquarium anda. Biasanya alat ini dipakai pada aquarium aquascape atau aquarium air laut.
Sebelum anda membeli, anda harus tahu dulu berapa volume air di dalam aquarium anda. Cara menghitungnya yaitu: panjang (cm) x lebar (cm) x tinggi (cm) : 1000.
Setelah itu perhatikan contoh spesifikasi chiller dibawah ini….

image
Contoh spesifikasi chiller...

Setelah anda tahu berapa volume air aquarium anda, pilihlah chiller yang sesuai dengan ukuran volume air tersebut. Kalo perlu pilih yang satu tinggkat diatasnya. Jangan sampai memilih chiller yang spesifikasinya di bawah volume air, karena nanti hasilnya tidak maksimal.
image
Contoh produk chiller...

Cara pemasangannya sangat mudah…
Anda bisa mengaplikasikannya dengan pompa filter anda langsung dari pompa ke lubang “in” dan sambung selang dilubang “out” kembali ke aquarium anda. Atau bisa juga diaplikasikan dengan filter external anda jika kekuatan pompanya sesuai dengan ketentuan pabrikan (lihat gambar terlampir).
Untuk setting suhu nya tinggal disesuaikan dengan keinginan anda, misalnya 25°-22° celcius atau terserah anda tentunya. Semua bisa di setting secara manual dan setelah itu chiller akan bekerja secara otomatis menurunkan suhu pada aquarium anda dan akan berhenti jika suhunya sudah sesuai dengan yang anda setting sebelumnya.
Tentunya berbeda jika kita memasang kipas angin, karena suhunya tidak bisa di kontrol, tetapi memang cukup membantu untuk menurunkan suhu.
Untuk harga chiller tidak bisa dipastikan, karena beda merk, dan beda kota mungkin tidak akan sama.
Untuk mengira-ngira saja biasanya harha chiller sekitar 2,9 juta rupiah untuk ukuran yang paling kecil (1/20 PK) dan bisa mencapai lebih dari 7 juta rupiah untuk ukuran 2 PK (kapasitas +2000 liter).
Naahhh… itulah sedikit ulasan tentang chiller yang bisa saya suguhkan. Jika ada yang kurang mohon ditambahkan, dan jika ada yang salah tolong dibenarkan.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Update: ini salah satu contoh daftar harga chiller periode september 2013
image
Daftar harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan...

26 Comments

  1. Owwwwhhhhhh ngono toh,berarti harus tau jg suhu yg di butuhkan ikan brapa derajat, klw gk tau terus ikannya kedinginan gimana ngasih jaketnya,hehehhe
    Btw 1/20 PK itu kecil bnget ya bro,

1 Trackback / Pingback

  1. Ikan Serpae Slayer (longfin serpae tetra) Banyak Peminatnya Juga Nih… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*