Lubang pembuangan oli retak, dan oli pun menetes tiada henti….. Adakah solusinya…???

image
Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya…???
Tiada kata lain selain Apes.
Dua hari lalu saya melakukan penggantian oli si jupe sexeh dibengkel bongkar pasang dan ketok magic pinggir jalan langganan saya. Tanpa saya sadari, ternyata hari ini baru ‘ngeh’ kalo ternyata oli sijupe terua menetes..
image
Tetesan oli tersebut tepatnya pada bagian pembuangan oli. Awalnya saya pikir karena montirnya lupa memasang seal atau kurang tebal seal tape nya, tapi setelah saya bersihkan dibantu oleh mas montir bukan mase yang punya kenthoet paling bau itu lho yaaa… :mrgreen:
Ternyata pas pada bagian drat lubang pembuangannya retak 🙁
Waaaahhhhh….. cilakaaaa…….!!!!!

image
Seperti ini penampakan retaknya.....

Lalu si mas montirnya bilang bisa di lem… lalu dia ambil lem yang berwarna putih dan hitam, dicampur, trus diolesin kebagian yang retak. Akhirnya motor saya tinggal. Sore hari baru saya ambil.
Hasilnya….???? NIHIL……!!!!
Olinya tetap menetes dan bahkan sampai habis.
Melalui media blog kecil ini saya ingin minta bantuan urun rembug kepada brosis sekalian siapa tahu pernah mengalami hal serupa, atau mungkin punya solusi terbaik untuk hal tersebut.
image
Sudah terpikir dalam benak saya untuk mengganti blok mesin baru, ternyata jualnya satu set kanan kiri. Kalo beli sebelah doang boleh gak ya….????
Semoga brosis yang membaca tulisan saya ini mau memberi solusi, saran, atau mungkin jalan keluar lain selain mengganti blok mesin baru. Atau memang gak ada jalan keluarnya…???
Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya. Selamat malam.

103 Comments

  1. 1.ganti crankcase baru,estimasi biaya kisaran 800rb total. estimasi waktu sekitar 1,5 bulan daerah jakarta. hasil 100%.
    2.dibawa kebengkel bubut tanpa turun mesin,(dilihat dulu kondisi keparahannya,jika terlalu parah tidak bisa),kemudian di las babet.estimasi biaya 50ribu.hasilnya 60-80%.estimasi waktu 2-3jam tergantung antrian.
    3,turun mesin,crankcase dibelah kemudian dilas babet,estimasi biaya 500ribuan total. estimasi waktu 2-3 hari.hasil 80-90%.

      • kalo menurut ane sih, terlalu kenceng sewaktu masang baut tutup pembuangan*
        *seharusnya untuk ngencengin baut tutup oil itu tidak perlu terlalu kencang karena bautnya sudah di lengkapi O-ring juga tidak perlu di tambahin seal tape / teflon tape.
        **saran ane kedepannya lebih baik ganti oil sendiri wong cuma modal kuci 1 doang,( lebih baik sedikit kurang bersih tapi lebih aman )
        ***hindari menggunakan kunci pas/open spainer apa lagi yang nama nya kuci inggris

    • bisalah,,, wong di cokot marwoto,,, 😆
      gara2 sing nduwe warung ngajakin ketemuan,, 😆
      buahahah,,,

  2. coba, baut tutup oli didratnya dikasi isolasi keran, trus beli seal ring yg seukuran baut oli (yg lama kelamaan gepeng kena panas seperti paking)

  3. bengkelnya dah bener mas cuma prosesnya mungkin da yg kelewat,sebelum dilem retakan harus dibersihkan dulu pake sabun cuci kemudian dijemur baru di lem(sambil ditekan biar lem meresap ke retakan)
    motorku & motor ponakan bloknya pecah gara2 mentok rel kereta pake cara gini manjur ,ni dah 5 thn awet fa rembes

  4. kalo dilas entar ja kalo turun mesin sekalian,krn yg mahal bukan ngelasnya tapi bongkar mesinnya

  5. mending kalo bisa diganti la….trus lain kali kalo nutup bautnya jgn terlalu kencang dan dikasi satu benang kasar yg biasanya ada di kain pel kasar biru itu.

  6. 1. las babet
    2. ganti blok baru,, ribet urusan sama polisi juga 😀
    3. ganti Z1, jupiter mx, new vixion, r15 lokalan, r25 lokal 😀

  7. motor saya blade tahun 2013
    sudah retak aja tuh pembuangan oli nya…
    payah
    nanya tukang las biaya cmn 50rb
    tp bongkar mesin dan paking nya mahal
    mending langsung sekalian aja ganti crankcase baru daripada hasilnya jelek, terutama bongkar mesin nya harus sama yg rapih ngerjainnya biar ga bocor sana sini

  8. saya juga mengalami retak di mx di blok tengah sebelah kanan tepatnya di pinggir drat nya, saya sudah menemukan cara yntuk mengatasi bocor nya oli yang 1 hari keluar 250ml jadi 4 hari keluar 1 liter, cara yang akan saya lakukan:
    1. tetap menggunakan lem besi pitih dan hitam biaya murah
    2: di buat jepitan pake baut, seng plat, karet sebagai paking, baut tembus keluar, bisa menutup retak atau berlobang di crankcase tapi bikan di lobang oli, lakukas saat bongkar mesin total, biaya murah.
    3. menggunakan las karbit, babet lakukas saat bongkar mesin total, biaya murah.
    saya akan mulai dari no 1. cara no 2 dan 3 bisa di pikirkan bro sebab no 2 saya yakin 100% bisa karna menggunakan paking karet, sedangkan no 3 bisa 90 hingga 100% sebab kadang masih ada lobang kecil yang gak terlihat, jadi setelah selesai celupin ke bensin dulu apa masih tembus. demikian tehnik dari saya, salam

    • Terima kasih masukannya masbro. Saat ini masih saya lem. Udah dua kali ngelem :mrgreen: soalnya sayang kalo harus turun mesin. Karena mesin masih enak. Belum bermasalah 🙂

    • Setahu saya harus dibongkar kaloau dibubut. Kadi harus bongkar mesin. Atau di lem aja seperti motor saya trus dikasih iketan pake drat

  9. Klo beli blok baru di dealer harga sekitar 500,, tp harus di tukar sama blok punya kita,soalnya ga boleh harus punya 2 blok mesin,soalnya dituker itu agar bisa buat nomor mesinnya lagi,,tu org dealer yg bilang, tp indent sekitar 4 bln.

  10. ternyata bnyk jg yg punya nasib kyak diriku,maksud hati ingin ganti oli sndri,,,,eh malah si blade repsol retak dibagian baut tap oli.kasusnya terlalu kenceng muter bautnya,retak dech…….tapi untung ada si lem G seharga 6000perak,jadi sembuh sudah si blade repsol,kagak bocor lgi olinya…….makasih lem G(CYANOACRYLATE ADHESIVE tipe W 20)

  11. D lem pake alteco hevy duty. Yg buat reamer karbu, atau yg sering bentuk ulang crank case ninja itu mas bro. 😉

  12. saya barusan juga gitu om.. lubang pembuangan oli retak dan besar juga.. sepertinya bakalan turun mesin 🙁 untuk sementara sih pake lem besi hitam putih 🙁

  13. nasibnya sama gan, waktu habis ganti oli lalu pasang baut dan terasa bautnya muter terus, setelah saya lihat ternyata lobang pembuangan oli samping baut retak,
    ‘yg dimaksud kuncian selang’ itu klem selang ta?

    • Saya ganti blok mesin baru sekarang. Prosesnya sampai 4bulan. Total habus 1,3juta di Yamaha DDS cempaka putih jakarta pusat

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Crankcase si Jupe Sexeh retak…??? Sudah Diselesaikan….!!! | Ferboes Richardson
  2. Ediaannn… Crankcase Vixion Somplak…!!! | SAiiSOKU.com
  3. Opname Ganti Crankcase JupiterZ… Ini Estimasi Waktunya guys… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*