Iklan
jump to navigation

Lubang pembuangan oli retak, dan oli pun menetes tiada henti….. Adakah solusinya…??? Januari 9, 2014

Posted by Ferboes in Just story.
trackback

image

Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya…???
Tiada kata lain selain Apes.
Dua hari lalu saya melakukan penggantian oli si jupe sexeh dibengkel bongkar pasang dan ketok magic pinggir jalan langganan saya. Tanpa saya sadari, ternyata hari ini baru ‘ngeh’ kalo ternyata oli sijupe terua menetes..
image

Tetesan oli tersebut tepatnya pada bagian pembuangan oli. Awalnya saya pikir karena montirnya lupa memasang seal atau kurang tebal seal tape nya, tapi setelah saya bersihkan dibantu oleh mas montir bukan mase yang punya kenthoet paling bau itu lho yaaa… :mrgreen:
Ternyata pas pada bagian drat lubang pembuangannya retak 😦
Waaaahhhhh….. cilakaaaa…….!!!!!

image

Seperti ini penampakan retaknya.....

Lalu si mas montirnya bilang bisa di lem… lalu dia ambil lem yang berwarna putih dan hitam, dicampur, trus diolesin kebagian yang retak. Akhirnya motor saya tinggal. Sore hari baru saya ambil.
Hasilnya….???? NIHIL……!!!!
Olinya tetap menetes dan bahkan sampai habis.

Melalui media blog kecil ini saya ingin minta bantuan urun rembug kepada brosis sekalian siapa tahu pernah mengalami hal serupa, atau mungkin punya solusi terbaik untuk hal tersebut.
image

Sudah terpikir dalam benak saya untuk mengganti blok mesin baru, ternyata jualnya satu set kanan kiri. Kalo beli sebelah doang boleh gak ya….????
Semoga brosis yang membaca tulisan saya ini mau memberi solusi, saran, atau mungkin jalan keluar lain selain mengganti blok mesin baru. Atau memang gak ada jalan keluarnya…???

Terima kasih atas perhatian dan kunjungannya. Selamat malam.

Iklan

Komentar»

1. potretbikers - Januari 9, 2014

Waduch, kalau cuma bautnya aja gampang!! Kalau BAK mesinya, waduh…bisa berabee 😀 (Coba di las diral lagi)

Ferboes Richardson - Januari 9, 2014

mungkin di las dulu kang

2. aripitstop - Januari 9, 2014

1.ganti crankcase baru,estimasi biaya kisaran 800rb total. estimasi waktu sekitar 1,5 bulan daerah jakarta. hasil 100%.
2.dibawa kebengkel bubut tanpa turun mesin,(dilihat dulu kondisi keparahannya,jika terlalu parah tidak bisa),kemudian di las babet.estimasi biaya 50ribu.hasilnya 60-80%.estimasi waktu 2-3jam tergantung antrian.
3,turun mesin,crankcase dibelah kemudian dilas babet,estimasi biaya 500ribuan total. estimasi waktu 2-3 hari.hasil 80-90%.

Kobayogas - Januari 9, 2014

untung ada kang ari

Ferboes Richardson - Januari 9, 2014

komplit sudah jawaban dari kang ari. tinggal pilih sesuai dana.
*berpikir keras 🙄

aripitstop - Januari 9, 2014

Yup,tinggal pilih
Pulsa hbs, WA sj,xixixi.tuch dah tak jwb to

Ferboes Richardson - Januari 9, 2014

oke kang ari, saya masukan proposal ke meja ibu suri duloo… :mrgreen:

RC7 - Januari 9, 2014

yg no2 mngkin prlu d coba

*enaknya pny blog..bnyak yg bantuin
**amg lkas buh si jupe..
sexxeehhhhh…

RC7 - Januari 9, 2014

ketikanku kacau

Ferboes Richardson - Januari 9, 2014

amiiiiinn …. coba dulu yg nomor dua deh… yg murah dulu….

bikerkampung86 - Januari 10, 2014

kang ari emang juoozzzz…….
ninggalin jejak dulu…..
http://bikerkampung86.wordpress.com

Faris Naufal - Mei 29, 2017

Kang ini saya punya motor supra x125 bautya jg sleek oli netes muluuu. Itu harus Beulah mesin ya? Trs bikin drat baru dillobang Oliyakan. Trs Ada efek sampingya ga klo kita turun mesin

Kang ari - Mei 29, 2017

Iya lebih bagus turun mesin,
Klo bocor terus oli cepat habis dan part mudah aus

3. Kobayogas - Januari 9, 2014
Ferboes Richardson - Januari 9, 2014

dah dijawab lengkap sama kang ari bang 🙂

4. macantua - Januari 9, 2014

Las tambah daging trus bubut ulang. Paling gitu om

Ferboes Richardson - Januari 9, 2014

terima kasih sarannya gan.

5. J_wijaya - Januari 9, 2014

Dibubut ulang mas bro,sapa tau msh bisa

Ferboes Richardson - Januari 9, 2014

oke masbro 🙂

6. mas huda - Januari 10, 2014

Kok bisa retak gitu ya

Ferboes Richardson - Januari 10, 2014

ga tau juga mas, tau2 udah kaia gitu

I like fby - Januari 11, 2014

kalo menurut ane sih, terlalu kenceng sewaktu masang baut tutup pembuangan*
*seharusnya untuk ngencengin baut tutup oil itu tidak perlu terlalu kencang karena bautnya sudah di lengkapi O-ring juga tidak perlu di tambahin seal tape / teflon tape.
**saran ane kedepannya lebih baik ganti oil sendiri wong cuma modal kuci 1 doang,( lebih baik sedikit kurang bersih tapi lebih aman )
***hindari menggunakan kunci pas/open spainer apa lagi yang nama nya kuci inggris

Ferboes Richardson - Januari 11, 2014

nice info gan.

peyek - Januari 10, 2014

bisalah,,, wong di cokot marwoto,,, 😆
gara2 sing nduwe warung ngajakin ketemuan,, 😆

buahahah,,,

7. ndesospeed - Januari 10, 2014

xari crankcase dloakan cp tau dpt kan sbelah kiri lo sblah kanan bisa brabe

Ferboes Richardson - Januari 10, 2014

ini crankcase yang ada nomor serinya bro. ini lagi nyari tukang las babet dulu

8. namharira - Januari 10, 2014

coba, baut tutup oli didratnya dikasi isolasi keran, trus beli seal ring yg seukuran baut oli (yg lama kelamaan gepeng kena panas seperti paking)

Ferboes Richardson - Januari 10, 2014

kemarin dah dikasih seal tape, tapi masih netes, karena yg retak bagian crankcasenya gan

9. badak - Januari 10, 2014

bengkelnya dah bener mas cuma prosesnya mungkin da yg kelewat,sebelum dilem retakan harus dibersihkan dulu pake sabun cuci kemudian dijemur baru di lem(sambil ditekan biar lem meresap ke retakan)
motorku & motor ponakan bloknya pecah gara2 mentok rel kereta pake cara gini manjur ,ni dah 5 thn awet fa rembes

10. badak - Januari 10, 2014

kalo dilas entar ja kalo turun mesin sekalian,krn yg mahal bukan ngelasnya tapi bongkar mesinnya

Ferboes Richardson - Januari 10, 2014

betul bro. ngelasnya cuma 50-80 ribu.
bongkar pasangnya minta 300 ribu
belum termasuk ganti packing.

jefri - Agustus 5, 2015

itu abangnya ngelem sendiri ka

Ferboes - Agustus 5, 2015

Iya, orang bengkel yang ngerjain.

11. ninja150ss - Januari 10, 2014

itu retak knp kang?
pasti wkt ngencengi baut hbs gnt oli tll kenceng tuh…
smoga cepet sembuh deh

Ferboes Richardson - Januari 10, 2014

lagi apes kang.

12. jaos_konsumen biasa - Januari 10, 2014

mending kalo bisa diganti la….trus lain kali kalo nutup bautnya jgn terlalu kencang dan dikasi satu benang kasar yg biasanya ada di kain pel kasar biru itu.

Ferboes Richardson - Januari 10, 2014

thanks atas tipsnya bro 🙂

13. bolang - Januari 10, 2014

dilem kuning hehe.

Ferboes Richardson - Januari 10, 2014

dilempar tuku maning…??? 🙄

14. Joko Verza Rider's - Januari 11, 2014

di patri mas hehe

15. ipanase - Januari 13, 2014

1. las babet
2. ganti blok baru,, ribet urusan sama polisi juga 😀
3. ganti Z1, jupiter mx, new vixion, r15 lokalan, r25 lokal 😀

Ferboes Richardson - Januari 14, 2014

yg nomer 3 kok ga enak banget yaaa…. 🙄

16. Mas Sayur - Februari 10, 2014

sdh terjawab oleh kang Ari…

btw…sdh di atasi.belum..?

Ferboes Richardson - Februari 10, 2014

akhirnya, dibersihkan, dikeringkan,trus di lem besi. alhamdulillah aman mas

bikerkampung86 - Februari 10, 2014

berhubung sdh normal lagi…..
ayo syukuran makan…..makan…… 😀

Ferboes Richardson - Februari 10, 2014

Kesini bro 😀

bikerkampung86 - Februari 10, 2014

pulau jekardah jauh om……
kasian gak ada yg nguruz aquarium ane…..
mana besok dpt job kuras laut
om mau ikut???………
wkwkwkwkwkwk…….. 😀

lanang - September 3, 2016

Saat membersihkan posisi oli mesin di tap ya kang?saya jg mengalami hal yg sama

Ferboes - September 3, 2016

Oli di tap. Nanti dipakai lagi 😀

17. bikerkampung86 - Februari 10, 2014

pulau jekardah jauh om……
kasian gak ada yg nguruz aquarium ane…..
mana besok dpt job kuras laut
om mau ikut???………
wkwkwkwkwkwk…….. 😀

Ferboes Richardson - Februari 10, 2014

Hahahaa…. semoga lancar ngurasnya 😀

18. Crankcase si Jupe Sexeh retak…??? Sudah Diselesaikan….!!! | Ferboes Richardson - Maret 3, 2014

[…] tadi ada salah satu teman yang mengingatkan tentang bagaimana nasib si Jupe Sexeh pasca insiden Crankcase yang retak pada lubang pembuangan oli, yang menyebabkan oli terus menetes tiada […]

19. Daryanto (@daryanto_paser) - Oktober 9, 2014

iya motor xeon saya retak juga tempat pembuangan oliny, setelah ganti oli di dealer yamaha, apa bisa di klaim ya? tolong pencerahanya.

Ferboes Richardson - Oktober 9, 2014

Kalo masih garansi coba tanyakan ke customer servicenya gan, kalo motor saya ini kebetulan servicenya dibengkel pinggir jalan. Jadi gak saya klaim. Sekarang sudah saya lem dan gak netes lagi.

Riki Priyadi - Maret 6, 2016

Kalo boleh tau pake lem nya merek apa mas.
Kebetulan motor honda blade saya begitu juga retak.

Ferboes - Maret 6, 2016

Saya pake lem besi yg warna hitam dam putih. Kalo gak salah merk dextone

Jarwo - Juli 22, 2017

Lemnya pake apa? Punya saya juga iya.

20. mastah - Oktober 12, 2014

motor saya blade tahun 2013
sudah retak aja tuh pembuangan oli nya…

payah

nanya tukang las biaya cmn 50rb
tp bongkar mesin dan paking nya mahal

mending langsung sekalian aja ganti crankcase baru daripada hasilnya jelek, terutama bongkar mesin nya harus sama yg rapih ngerjainnya biar ga bocor sana sini

Ferboes Richardson - Oktober 12, 2014

Iya, bongkar mesinnya mahal, mending di lem aja bro

21. rudy - November 23, 2014

Gambar setelah dilem ada ga gan…
mau niru ngelemnya mas broo….

Ferboes.com - November 24, 2014
22. adl - November 28, 2014

saya juga mengalami retak di mx di blok tengah sebelah kanan tepatnya di pinggir drat nya, saya sudah menemukan cara yntuk mengatasi bocor nya oli yang 1 hari keluar 250ml jadi 4 hari keluar 1 liter, cara yang akan saya lakukan:
1. tetap menggunakan lem besi pitih dan hitam biaya murah
2: di buat jepitan pake baut, seng plat, karet sebagai paking, baut tembus keluar, bisa menutup retak atau berlobang di crankcase tapi bikan di lobang oli, lakukas saat bongkar mesin total, biaya murah.
3. menggunakan las karbit, babet lakukas saat bongkar mesin total, biaya murah.
saya akan mulai dari no 1. cara no 2 dan 3 bisa di pikirkan bro sebab no 2 saya yakin 100% bisa karna menggunakan paking karet, sedangkan no 3 bisa 90 hingga 100% sebab kadang masih ada lobang kecil yang gak terlihat, jadi setelah selesai celupin ke bensin dulu apa masih tembus. demikian tehnik dari saya, salam

Ferboes.com - November 28, 2014

Terima kasih masukannya masbro. Saat ini masih saya lem. Udah dua kali ngelem :mrgreen: soalnya sayang kalo harus turun mesin. Karena mesin masih enak. Belum bermasalah 🙂

23. sonny - Maret 11, 2015

sebelum mengganti blok mesin coba dulu dengan re-coil material tsb terbuat dari bahan baja berbentuk ulir per dimana besar kecilnya diameter lubang bermacam2 tergantung type motornya , supaya lebih jelas coba kunjungi alamat web ini : http://motor.otomotifnet.com/read/2014/09/16/352563/213/27/Atasi-Drat-Baut-Slek-Pakai-Recoil-Aja-Bro

Ferboes - Maret 11, 2015

Terima kasih infonya masbro sonny 🙂

24. Ediaannn… Crankcase Vixion Somplak…!!! | SAiiSOKU.com - Juli 5, 2015

[…] sendiri pernah mengalami retak pada Crankcase motor saya (Jupiter Z burhan) namun tidak sampai separah itu. Dan akhirnya jalan keluarnya saya lem […]

25. jefri - Agustus 6, 2015

apakah semua bengkel pinggir jalan bisa nge recoil

26. jefri - Agustus 6, 2015

biaya beli bagian mesin yg d tengah berapaan? ane drat oli yg di tengah bawah slek

Ferboes - Agustus 6, 2015

Kurang tahu saya ttg harganya

27. jefri - Agustus 6, 2015

kata tetanggah ane harus turun mesin dan ganti yg bagaian bawah tengah

Ferboes - Agustus 6, 2015

Saya lem lalu saka kasih kuncian. Selama ini masih aman masbro

28. Ariya widiyantara (@a_widiantara) - November 20, 2015

motor saya fu mas, masalahnya baut tap oli aus di crankcasenya, apakah bisa di bubut tanpa turun mesin

Ferboes - November 20, 2015

Setahu saya harus dibongkar kaloau dibubut. Kadi harus bongkar mesin. Atau di lem aja seperti motor saya trus dikasih iketan pake drat

29. rere - Maret 1, 2016

Saya ngalami om,solusinya kta mekanik dan org bengkel di las,tpi kop mesin hrs dilepas

Ferboes - Maret 1, 2016

Punya saya udah kelar bro, kalo mau di las emang harus belah mesin. Kalo saya pake lem besi (hitam&putih) trus dikasih kuncian

adri - Agustus 10, 2017

Dikasih kuncian itu maksud nya gimana ya mas?

Ferboes - Agustus 10, 2017

Itu lho, kuncian selang yang pake baut

adri - Agustus 10, 2017

Berarti di lem dulu baru di kasih kuncian selang ya mas?
Trus kalo mw ganti oli, buang nya cmn mas?

Ferboes - Agustus 10, 2017

Ya seperti biasa gan. Buka baut ya 😀

30. doris harnando - April 2, 2016

Klo beli blok baru di dealer harga sekitar 500,, tp harus di tukar sama blok punya kita,soalnya ga boleh harus punya 2 blok mesin,soalnya dituker itu agar bisa buat nomor mesinnya lagi,,tu org dealer yg bilang, tp indent sekitar 4 bln.

Ferboes - April 2, 2016

Punya saya di lem udah aman sampai sekarang bro

31. Datuk Dukun Patah - April 3, 2016

bawa aja tuh blok mesinnya ke dukun patah…pasti manjur…bos….100 %

32. pak eko - April 11, 2016

ternyata bnyk jg yg punya nasib kyak diriku,maksud hati ingin ganti oli sndri,,,,eh malah si blade repsol retak dibagian baut tap oli.kasusnya terlalu kenceng muter bautnya,retak dech…….tapi untung ada si lem G seharga 6000perak,jadi sembuh sudah si blade repsol,kagak bocor lgi olinya…….makasih lem G(CYANOACRYLATE ADHESIVE tipe W 20)

Ferboes - April 11, 2016

Wah… Senasib hehehheheee

33. suwoto - April 12, 2016

Kalok di lem besi bisa mampett kakag yaa…..

Ferboes - April 12, 2016

Crankcase ane gak papa gan.

34. parno.inoy - April 16, 2016

Punya aq sama gmana ni..

Ferboes - April 16, 2016

Dil aja gan, punya ane tahan sampai sekarang.

inoy - April 16, 2016

Emg di lem kuat gan.duh dh sore mau blik lg..

35. viwimoto.com - Mei 6, 2016
36. Gtz#58 - Juni 29, 2016

D lem pake alteco hevy duty. Yg buat reamer karbu, atau yg sering bentuk ulang crank case ninja itu mas bro. 😉

37. Gtz#58 - Juni 29, 2016

Sya sering sebutnya alteco epo putty. Biasanya kisaran 55-70rb an mas bro.

Ferboes - Juni 29, 2016

Thanks masukannya masbro. Udah beres sama bengkel. Di lem pake dext*ne hitam & putih

38. fajar - Oktober 11, 2016

Lem nya itu lem sendiri kah gan?

39. fajat - Oktober 11, 2016

ngelem sendiri kah gan?

Ferboes - Oktober 11, 2016

Bengkel yg ngelemin gan

40. Dadang - November 1, 2016

saya barusan juga gitu om.. lubang pembuangan oli retak dan besar juga.. sepertinya bakalan turun mesin 😦 untuk sementara sih pake lem besi hitam putih 😦

Ferboes - November 3, 2016

Iya gan, saya juga pake lem besi hitam + putih. Trus di kunci pake kuncian selang.

41. Jual Dagang - Januari 4, 2017

Maaf gan kuncian selang itu yang bagaimana ya.sroalnya aneh jg punya kasus serupa nih.makasih

Ferboes - Januari 4, 2017

Ring cincin yang pake obeng gitu lho gan 😀 gak tahu namanya apaan

42. Opname Ganti Crankcase JupiterZ… Ini Estimasi Waktunya guys… | Ferboes.com - September 13, 2017

[…] Sebenarnya ini penyakit lama, kira-kira sejak 3 tahun lalu guys… (baca artikelnya disini) […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: