ALTHUM ORINOCCO: Kenapa ikan ini bisa mahal banget harganya…..????

image

Hallo masbro dan mbaksis .. Apa kabar semuanya…???
Jika anda ingat beberapa waktu lalu saya pernah membuat artikel tentang salah satu ikan yang sangat jarang ditemui di Indonesia… yaitu ikan Althum orinocco. Yang belum baca bisa klik disini .
Ikan ini kalo dilihat sepintas memang ga ada spesialnya… malah terlihat seperti ikan jenis angelfish yang lain. Jika belum tahu jenis-jenis ikan angelfish, silahkan baca disini .

Lalu, kenapa ikan althum yang satu ini harganya bisa mahal sekali….???
Untuk informasi saja… untuk ukuran 3-4 cm di Singapore di jual seharga USD $20 dan di Indonesia (ga semua harga di masing-masing wilayah sama ya) dijual dengan harga Rp.1.200.000; untuk ukuran 13-16 cm (ukuran dari sirip atas sampai sirip bawah). Tentu harga tersebut di atas sangat mencengangkan dan terlihat sangat Overprice.

Selain ikan ini sudah mahal dari orok kecilnya, ternyata ikan ini juga susah untuk beradaptasi dengan kondisi udara, suhu, dan kadar air disini (Indonesia). Jadi, setelah para importir itu membawa ikan tersebut masuk ke Indonesia, biasanya banyak sekali ikan yang mati dan tidak dapat bertahan hidup. Belum lagi biaya yang harus di keluarkan untuk membawanya dari luar negeri (ngurus surat2nya ribet), sebut saja sebagai contoh Singapore.

Pernah juga salah satu importir kenalan saya dan beberapa customer yang juga pernah membawanya dari singapore ke indonesia, hasilnya memang ikannya gak kuat dengan keadaan iklim di sini (indonesia) dan akhirnya banyak yang mati.

Makanya terpaksa harga ikan ini jadi sangat mahal sekali. Lagi pula tidak banyak orang yang tahu akan jenis ikan yang satu ini (althum orinocco).
Sekali lihat pasti mikirnya ” ah… cuma ikan manfish biasa kok mahal banget…!!!”
Hal itu wajar, karena memang ikan ini jarang di temui. Kalopun ada, pasti itu milik kolektor hobbies ikan langka, dan pastinya beruang kutub berduit banyak.

Meskipun begitu, bukan berarti ikan ini tidak bisa di jual atau bahkan tidak akan ada yang mau membelinya. Selama ada yang jual pasti akan ada yang beli. Karena pembeli lah maka ada yang jual. :mrgreen:
Jadi jika suatu saat anda menemukan ikan ini dan tahu harganya sangat overprice,  jangan kaget yaa….. :mrgreen:
Karena memang tidak mudah untuk bisa membawa dan memeliharanya.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

10 Comments

  1. iya om,,,
    pasti kalo nggak ngerti tentang ikan hias,, ngomongnya kemahalan,,,
    padahal,,, kalo ikan hias pesenan ane itu ada,,,,
    harga juga kagak ternilai kalo di jual,,, ūüėÜ

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. GALLERY: Althum Orinocco….!!! | Ferboes Richardson
  2. Althum Orinocco: Meskipun mahal, masih diminati…!!! | Ferboes Richardson

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*