KOKI MUTIARA: Perawatan dan pemeliharaannya……!!!

image

Hallo masbro dan mbaksis… Apa kabar semuanya….???

“Semoga daerah yang terendam banjir akan segera surut dan bisa beraktivitas normal kembali”

Apakah anda tahu salah satu jenis ikan yang lucu dan menggemaskan ini…??? Ikan koki yang memiliki badan bulat seperti bola pimpong tapi memiliki sisik yang menonjol seperti butiran mutiara ditubuhnya (mungkin lebih mirip barisan jagung :mrgreen: )
Ikan koki mutiara adalah salah satu jenis ikan koki yang butuh perhatian lebih.
Kenapaaa…….?????

Karena ikan ini paling lemah dibanding jenis ikan koki yang lain, dan biasanya jadi sasaran empuk untuk di bully teman-temannya. Lalu bagaimana caranya supaya bisa awet kita pelihara…??

image

Untuk perawatan ikan koki ini gak jauh beda dengan perawatan ikan koki lainnya. Lakukan penggantian air 3 kali seminggu atau kalo malas ya minimal 1 kali seminggu (tergantung banyaknya ikan yang anda pelihara).
Pemberian pakan teratur, 3 kali sehari secukupnya. Dan jangan dicampur dengan ikan lain selain sesama jenis ikan mutiara.

Bila anda mencampurnya dengan ikan lain, maka akan beresiko sisik-sisiknya yang unik akan habis digigitin oleh ikan yang lain. Kalaupun itu tidak terjadi, anggap saja anda sedang beruntung :mrgreen:

image

Ikan koki mutiara sendiri ada dua jenis, yaitu koki mutiara tikus dan koki mutiara jambul. Dulu sudah pernah saya bahas juga.
Kedua jenis ini bisa di pelihara bersamaan di dalam satu aquarium. Untuk ikan ini, kalau bisa airnya jangan terlalu tinggi, disesuaikan dengan ukuran ikannya, misalkan masih kecil max. Tinggi air 35 cm, jika sudah besar, max. Tinggi air cukup 50 cm. Karena badan ikan ini membulat, agak susah untuk berenang dikedalaman air yang terlalu dalam. Untuk arusnya juga jangan terlalu kencang atau terlalu deras… kasian ikannya 🙁

image

Untuk pakan ikan ini  bisa di berikan cacing beku, atau pellet yang tenggelam didasar air. Sesuaikan dengan design filtrasi aquarium anda, misalnya saja… Sistem input filter anda ada diatas, ya lebih baik kasih pellet yang tenggelam, tapi kalo input filter anda ada dibawah boleh kasih pellet yang mengambang. Cacing beku bagus untuk pertumbuhan ikan, tapi gak bisa membantu untuk menaikan warna pada ikan anda, kalau mau bisa saja dicampur serbuk spirulina atau astaxantine bersama dengan cacing beku tersebut.

image

Nah, itulah sedikit pembahasan dari saya, semoga bisa berguna untuk anda semua. Dan semoga ikan yang ada dirumah anda sehat dan lincah, supaya tuannya juga enak untuk menikmatinya sambil santai menikmati segelas kopi/teh…. 🙂

image

Sekian sekilas info, semoga berguna.

29 Comments

  1. wah pantes ikan mutiara saya ga awet,,
    pake aquarium nya ketinggian c,,
    50cm d,, padahal ikan nya masi kecil..

    • Input atas itu air masuk ke filter lewat permukaan air. Kalau input bawah air yang masuk ke filter lewat bawah. Langsung dari pompa atau biasanya yang model sekat trus input airnya lewat bawah

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Bubble eyes….. | Ferboes Richardson
  2. Ikan Koki Mutiara bisa sebesar ini…!!! | Ferboes Richardson

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*