Iklan
jump to navigation

HEATER: Fungsi dan kegunaan…..!!!! Februari 4, 2014

Posted by Ferboes in INFO.
Tags: , , , , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis…. Apa kabar semuanya…..????

Musim hujan telah tiba dan biasanya bisa membawa bermacam-macam penyakit. Begitu juga untuk ikan kesayangan anda. Di saat hujan biasanya suhu air di dalam aquarium bisa turun drastis, dan itu bisa saja membuat ikan anda terserang penyakit. Bisa saja stress sampai terkena katarak (cloudy eyes)
Makanya selalu sediain HEATER untuk aquarium anda.

“Apa sih fungsi heater itu…???”

Heater biasanya juga disebut sebagai pemanas air. Maksud dari “pemanas air” disini bukan untuk memasak air yaaa… :mrgreen:
Maksudnya adalah untuk menghangatkan atau meningkatkan suhu air pada aquarium anda. Bisa juga untuk menjaga supaya suhu air di aquarium anda tetap stabil meskipun di musim hujan seperti ini.
Adapun cara untuk memilih heater itu sendiri, sesuaikan dengan volume air aquarium anda. Perhatikan tabel berikut ini…

image

Pilihlah heater yang sesuai dengan kapasitas volume air di dalam aquarium anda. Untuk suhu maksimal, biasanya heater ini bisa di setting hingga 32-34° celcius. Kebanyakan heater yang dijual sudah otomatis, artinya heater akan mati sendiri saat suhu airnya sudah sesuai dengan  yang anda setting. Misalnya anda setting di angka 30° celcius, maka heater akan atomatis mati disaat suhu air sudah mencapai suhu tersebut. Dan akan hidup kembali saat suhu airnya mulai turun lagi, begitu seterusnya.

image

Heater biasanya sudah dilengkapi dengan lampu indikator untuk mengetahui apakah heaternya bekerja atau tidak (perhatikan gambar diatas)
Saat lampu menyala, itu berarti heater sedang bekerja (menyala) dan saat lampu indikator mati, berarti suhu air di dalam aquarium sudah mencapai suhu yang anda setting pada heater tersebut.

Selain untuk menjaga suhu air supaya tetap stabil, heater juga bisa digunakan untuk membantu mempercepat pengobatan pada ikan. Contohnya saat ikan anda terkena penyakit katarak (cloudy eyes) atau saat luka-luka karena bakteri.

image

Ikan yang sensitif sangat membutuhkan alat ini untuk menjaga suhu air supaya stabil.
Contohnya adalah ikan arwana dan ikan discus.
Biasanya ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan suhu yang drastis. Jadi kalau ikan anda terlihat ada perubahan perilaku, segera pasang heater ini saat suhu air aquarium mulai menurun.

image

Nah, itulah sedikit ulasan dari saya tentang heater ini. Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan anda tuangkan pertanyaan anda di kolom komentar.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Baca juga yang berikut ini guys…




Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Blog Ikan Hias: Ferboes.com & Goldfish-union.com
Blog Modifikasi: SAiiSOKU.com
Blog Sensasi: Sensasiku Blog
Blog Otomotif: TraktorDOHC.com

 

Iklan

Komentar»

1. genbuz - Februari 4, 2014

pertamaaaaaaaax…

genbuz - Februari 4, 2014

pertamax di aman kan, baca dulu ah…

Ferboes Richardson - Februari 4, 2014

juoozzz… 😀

2. wisnu3ds - Februari 4, 2014

kirain buat manasin aer dianak kost itu loh brot….

3. peyek - Februari 4, 2014

wah,, bisa untuk bikin telor setengah masuk,,, eh,,, setengah mateng,,, 😆

4. Ferboes Richardson - Februari 4, 2014

bro wisnu dan om peyek, ini bukan untuk ituu…. 😀

5. orong-orong - Februari 4, 2014

kalau panas bisa mendinginkan kalau dingin bisa memanaskan. kayak yang dikamar mandi itu

orong-orong - Februari 4, 2014
6. Fitready - Februari 4, 2014

bisa buat gantiin selimut nih 😛

7. Ferboes Richardson - Februari 4, 2014

ga bisa buat mendinginkan air dan gak bisa juga buat gantiin selimut :mrgreen:

8. dave - Februari 8, 2014

Berapa duitan ky gt mas?
Kl buat aquarium yg 170x50x50 pake yg mn?
Btw takut kepanasan, kemaren dl arwana saya ada yg mati, pas dipegang aernya anget gt.

Ferboes Richardson - Februari 9, 2014

Kalo yg made in german agak mahalan bro. Diatas 250 ribu. Kali yg china punya sekitar +50 ribuan. Kan bisa di setting suhunya bro. Dan biasanya sudah otomatis. Untuk aquarium brotha bisa pake yg 150 watt

dave - Februari 13, 2014

yap bisa di setting,,
tapi takutnya ky gt,,
ga bisa ada fitur dinginin udara c ya,,
btw harga diantara 50 – 250 ga ada ya?
jd ya jgn yg murahan,, jgn yg kemahalan jg gt,,

Ferboes Richardson - Februari 13, 2014

Ada yg merk rena atau jager eheim. Tergantung watt nya. Tapi sekarang harga2 sudah pada naik 😦

9. TREATMENT: Mengobati jamuran dan cloudy eyes pada ikan…!!! | Ferboes Richardson - Februari 9, 2014

[…] Pasang heater pada suhu 30-32° celcius. Untuk penjelasan tentang heater bisa anda baca di […]

10. Pakan yang baik untuk ikan discus…!!! | Ferboes Richardson - Februari 10, 2014

[…] discus adalah ikan yang cukup sensitif, kadang kita perlu pasang heater supaya suhu airnya tetap stabil. Supaya ikan anda tetap sehat dan warnanya makin cerah, tentu harus […]

11. Ikan Discus: Ini Yang Harus di Perhatikan…!!! | Ferboes Richardson - Juni 4, 2014

[…] yang kita inginkan. Usahakan setting diatas 29° celcius. Mengenai Heater, anda bisa membacanya disini. Tapi jika anda memeliharanya ditempat suhu yang normal antara 28°-30° celcius, lebih baik tidak […]

12. Musim Hujan Tiba, Waspada… Ikan Koki Mudah Terserang Penyakit. | Ferboes Richardson - Juli 10, 2014

[…] (pengobatan: ikan sakit) – Boleh ditambahkan obat dosis ringan seperti el-baju secukupnya. – Pasang Heater (pemanas) diangka 31°-32° […]

13. setya - November 14, 2014

ooowww gitu yah fungsinya,, thank infonya

Ferboes.com - November 14, 2014

Sama sama 🙂

14. Mustakim - November 21, 2014

Berapaan harganya yah ?

Ferboes.com - November 21, 2014

Hubungi Laris Aquarium (021)5671025

15. Vha ayumi hikaru - Januari 4, 2015

Hai saya pendatang bru yang masih minim pengetahuan tentang ikan.
Btw,mau tanya heater ini kebanyakan dijual dimana? Ada ngak dijual di toko ikan?
Trus gmn perawatan ikan yang luka karna terkena penyaring air? Ikan maskoki ku luka parah 😦 bisa dbilang luka.a luka borok hiks! Ini gi perawatan ksh blitz icht+tmbhkn garam tapi air.a dingin krn dikarantina bukan d aquarium lain tkt.a tdk bermanfaat tuh obat.a. Please,helf me. Dan apa ada beda.a harga +50 dgn 250 tentang pemanas.a ? Thank you.

16. Vha ayumi hikaru - Januari 4, 2015

Hai aku pendatang bru yang sangat minim pengetahuan tentang perawatan ikan. Mau tanya,dimana banyak dijual heater ini? Ada ngak dijual ditoko ikan?
Trus,gimana perawatan untuk ikan yang luka? Soal.a ikan kesayangku ikan maskoki luka. 😦 luka.a parah,luka seperti borok karna tersedot ma penyaring air di aquarium. Hiks! 😥 nih gi perawatan dan dikarantina tp bkn diaquarium. Aku ksh obat blitz icht+garam. Tapi air.a dingin takut.a obat.a tidak ada manfaat.a. Please helf me,thank you.

Ferboes - Januari 4, 2015

Luka2 bisa disembuhkan pake pomate atau el bayu. Ikan dipisahkan ke aquarium lain. Kasih gelembung atau filter (cukup kapas aja) setiap 1 atau 2 hari ganti air 50% lalu tambah obat lagi. Biasanya 1 minggu sudah baikan

17. johan - Februari 19, 2015

bro saya mau tanya2 ini,saya memelihara ikan aligator 1 pasang tpi masih kecil ,di aquarium yang sudah saya taro batu2 dan hiasan lainya dan juga alat filter ,yg mau saya tanyakan
1.ikan aligator saya ini sering sekali di dasar air ,apakah ini tidak apa2? apa ikan aligator memang seperti ya jarang ke permukaan air
2.kalo 1 hari sebelum menguras air akuarium ,bisakah AIR PDAM di gunakan untuk sementara di endapkan selama 1 hari 1 malam ?
3.ukuran akuarium saya tinggi 27 cm ,panjang 60 cm ,lebar 30 cm
apa dengan ukuran segini ikan aligator saya bisa tumbuh ke fase2 berikutnya, atau tempat yang cocok untuk bertumbuh hingga ke dewasa ?
4.apa heater ini cocok untuk pemakaian akuarium yg berisi ikan aligator 2 dan ikan sapu sapu 2 ?
5.apakah heater ini terus dibiarkan di dalam akuarium ato ada perawatan khusus

mohon balasanya ya Sob thanks

Ferboes - Februari 19, 2015

Hallo bro johan. Saya coba bantu jawab ya…
1. Biasanya ikan aligator memang cenderung berenang di dasar aquarium.
2. Air PDAM bisa dipakai, sebaiknya saat diendapkan juga di kasih gelembung dari aerator minimal 1x24jam.
3. Untuk ukuran aquarium bisa mungkin harus ganti saat ikan aligatornya berukuran 25-30cm nantinya.
4. Heater biasanya di pakai kalau ikan lagi sakit saja. Kecuali ruangan anda ber-AC.
5. Heater biasanya otomatis, saat suhu sudah mencapai pada settingan, maka heater akan mati dengan sendirinya.
Semoga membantu 🙂

johan - Februari 19, 2015

Terima kasih bro atas jawaban sebelumnya ..
1.tambahan bro maaf byk nanya2 baru memelihara ikan sekelas ikan begini sih hehehey ,maaf ralat bro,ikan saya lebih sering di permukaan sih ,apa itu tidak apa2 ? sementara pakan ikan kecil yg saya berikan lebih sering di dasar ,ikan saya malas bergerak mengejar ikan kecil trs(ikan guppy sekarang di akuarium ada 5 ekor) ,setelah saya perhatiin kemarin ikan guppy yg berenang di dasar pas berdekatan dengan muncung si aligator lgsg di lahap bro,tadi pagi saya ngasih makan lagi ikan guppy ada 5 ekor langsung,tpi blom dimakan2, tanda2 gini apakah memang ciri khas ikan ini ato ada yg tidak beres dgn ikan saya ?
2.untuk mata ikan saya , yang ikan aligator A ke 2 matanya terang , dan ikan aligator B ke 2 matanya agak gelap tapi tidak berselaput ,ini menurut bro gimana? apakah tidak apa2 ?
3.bro ciri2 umum ikan aligator yg sedang sakit seperti apa?
4.mengurasnya bisa setiap 10 hari gak bro? sudah termasuk pembersihan semua(filter dll) ,air untuk mengurasnya pakek air PDAM kan bro? dan ikanya di taro di tempat lain dulu untuk sementara ,aman gk mengeringkan di terik matahari? ato lebih baik di lap saja
5.di akuarium saya ada ikan sapu2 tuh bro 3 ekor,apa ini aman2 saja, ukuranya sama seperti ukuran aligator saya
6.apakah jangkrik dan cicak bisa untuk pakan si ikan aligator ini bro
7.untuk penggunaan LAMPU LV setiap malam ya bro di nyalakan?

lengkap saja saya tanyakan ya bro hehe ,mohon jawabny
Terima kasih 🙂

18. johanaxelfernanditobutarbutar - Februari 19, 2015

bro saya mau tanya2 ini,saya memelihara ikan aligator 1 pasang tpi masih kecil ,di aquarium yang sudah saya taro batu2 dan hiasan lainya dan juga alat filter ,yg mau saya tanyakan
1.ikan aligator saya ini sering sekali di dasar air ,apakah ini tidak apa2? apa ikan aligator memang seperti ya jarang ke permukaan air
2.kalo 1 hari sebelum menguras air akuarium ,bisakah AIR PDAM di gunakan untuk sementara di endapkan selama 1 hari 1 malam ?
3.ukuran akuarium saya tinggi 27 cm ,panjang 60 cm ,lebar 30 cm
apa dengan ukuran segini ikan aligator saya bisa tumbuh ke fase2 berikutnya, atau tempat yang cocok untuk bertumbuh hingga ke dewasa ?
4.apa heater ini cocok untuk pemakaian akuarium yg berisi ikan aligator 2 dan ikan sapu sapu 2 ?
5.apakah heater ini terus dibiarkan di dalam akuarium ato ada perawatan khusus

mohon balasanya ya Sob thanks

19. victor - Februari 20, 2015

sama seperti di atas nih ,aku mmlihara ikn aligator jg ,mw tny2 nih ,ap air hujan bisa utk ikn aligator ini ? ,klo cara pggunaan anti chlorine crystal tuh gmna y,apa lgsg dimasukin ke air aquarium yg msh berisi ikan2 ny ,ato gmn ,plis dijwb ya msih minim pgthuan nih

Ferboes - Februari 20, 2015

Air hujan…??? Belum pernah pakai sih, tapi seharusnya tidak masalah, yg penting di aerasi dulu. Kalo anti chlorine crystal langsung pakai boleh, tapi lebih disarankan untuk di kasih ke air tampungan yang hendak dipakai 🙂

victor - Februari 20, 2015

gan minta pendapat lbh baik menguras air(membersihkan smwnya,filter dll) ato hnya mengganti air akuarium 30%(filter juga di brsihkan) ,kira2 1 bln utk ikan ini,brp kli mengganti air dan mmbrsihkan filter nya

Ferboes - Februari 20, 2015

Kalau mau kuras total, harus pakai air yg sudah di aerasi minimal 1×24 jam. Lebih malam lebih bagus, atau sebulan sekali 50% saja masbro

20. Ahmad Indra - Februari 22, 2015

gan ferboes,bisa gak memelihara ikan alligator 3 ekor di ukuran aquarium 60x30x30 ,dan juga cara membedakan jantan sama betina gmna ya? mw memelihara yg kecil ini hehehe suwun

Ferboes - Februari 22, 2015

Gak bisa gan, kekecilan aquariumnya. Karena aligator bisa tumbuh besar. Jantan betina saya gak tahu bedanya 😀

Ahmad Indra - Februari 22, 2015

ukuran aligator saya 20 cm an bro, di ukuran aquarium segitu kira2 dlm tempo 1 tahun bisa nambah brp CM ke 3 ikan saya itu
iya sih bro cuman sementara aja nanti mau bikin kolam ,klo sudah lumayan besar ikanya heheh

Ferboes - Februari 22, 2015

Kalau mau bikin kolam lebih bagus, kalau mau lama gede jangan sering2 kasih makan 🙂

21. Julio - April 7, 2015

Gimana kalo ikan arwana baru beli udah 4 hari gk mau makan ?

22. A. Solihin - Mei 28, 2015

Kira-kira jika ikan kita tinggal untuk waktu yang lama, sebaiknya heaternya apakah perlu terus diaktifkan, seberapa aman memasang headter untuk ikan kita mas. terimakasih udah di share..salam

Ferboes - Mei 28, 2015

Heater otomatis bisa dipasang terus karena sudah otomatis mati jika suhu sudah mencapai yg kita setel. Dan menyala kembali saat suhu mulai turun

23. padie - Juli 8, 2015

Apakah heater dapat menyebabkan air berkurang setiap harinya ?

Ferboes - Juli 8, 2015

Bisa jadi, karena suhu yang lumayan tinggi mempercepat penguapan air

24. padie - Juli 9, 2015

Teman, kalau air nya berbuih, buih bisa hilang sendiru gak teman,
Ada pengaruh gak sama ikan teman ?

Ferboes - Juli 10, 2015

Harus di ganti airnya

padie - Juli 12, 2015

Ada nggak obat untuk air berbuih ?

25. ipalpadie - September 15, 2015

gan, klau obat untuk busuk sirip apa merk nya gan ???
Mahal gak ??

Ferboes - September 15, 2015

Biasanya pakai pomate, atau oxy tetraciclyn

26. Santai Saja - Oktober 11, 2015

gan, kalau udang hias bagus gak dikasih heater aquariumnya.? apalagi daerahku dataran tinggi jadi dingin banget airnya

27. irwan - Desember 29, 2015

Kenapa hiter d pasang berdiri gak nyala tapi klo d tidurkan nyala?

Ferboes - Desember 29, 2015

Kabelnya ada konslet mungkin. Harusnya di berdiriin maupun di tidurkan gak masalah

28. Kelebihan dan Kekurangan Pemakaian Lampu LED…!!! | Ferboes.com - Januari 10, 2016

[…] Fungsi heater dan kegunaannya […]

29. Ikan Parrot No Tail: Unik Gak Ada Buntutnya… | Ferboes.com - Januari 10, 2016

[…] Fungsi heater dan kegunaannya […]

30. Pesona Ikan Pari (stingray) Air Tawar | Ferboes.com - Januari 16, 2016

[…] masih suka sensitif dengan perubahan lingkungan termasuk suhu air. Jadi, usahakan untuk menggunakan heater untuk aquarium. Agar suhu airnya dapat terjaga dengan stabil hingga ikan pari air tawar peliharaan anda lebih aman […]

31. JENIS-JENIS IKAN RAINBOW | Ferboes.com - Januari 19, 2016

[…] Heater: fungsi dan kegunaannya […]

32. Ikan Belida Bangkok: Unik Karena Totol Di Tubuhnya…!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

33. INSPIRASI: Kolam minimalis…..!!!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

34. Arwana Pino Yang Dikenal Dengan Sebutan Green Arowana | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

35. Ikan Neon: Orang Bilang Ikan Yang Ada Lampunya…!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

36. Louhan bonsai…….. boleh juga nih…..!!!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

37. Arwana Super Red Platinum Rp.368juta Masih Dibilang Murah…??? | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

38. Kamar Tidur Didalam Air… Keren Nih | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

39. Foto-foto Ikan Arwana Antik & Unik 2015 | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

40. Ikan Transparan Itu Namanya GLASS EEL…!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

41. Kolam Ikan Koi diDalam Rumah…!!! | Ferboes.com - Februari 5, 2016

[…] Fungsi dan kegunaan heater […]

42. diko - Juli 23, 2016

hallo gan pendatang baru nich
begini gan, heater aku rusak(retak). itu masih bisa digunakan lagi gk ya..?
klo di lem pake silikon bsa gk ya gan…?

Ferboes - Juli 23, 2016

Resiko gan, mendingan jangan dipake lagi

43. Fernando - Agustus 8, 2016

Hallo gan saya pendatang baru,
saya mau tanya, mata Ikan arwana saya yang sebelah kanan katarak, makan juga gak mau.
kalau saya masukkan ikan yang kecil2 dan udang kedalam aquarium, ikan dan udangnya langsung mati.
Mohon untuk sarannya gan,?

Ferboes - Agustus 8, 2016

Halo gan…. Untuk sementara jangan dikasih makan dulu. Penyakitnya diobatin dulu sampai sembuh. Selama sakit, nafsu akan arwana pasti drop.
Untuk obatnya bisa tanya ke toko ikan hias terdekat dikota agan. Atau bosa beli obat pomate

44. upezz - Agustus 28, 2016

Untuk letak nya heater di posisi mana gan ?

Ferboes - Agustus 28, 2016

Posisinya agak diatas dekat permukaan air. Sesuaikan dengan batas maximum sesuai yang tertera pada heaternya

45. imun - November 6, 2016

Om mau nanya nih , kallo nurunin ph air buat ikan arwana pake apaan yah ? Soalnya ph nya 9.0 om .
Sama merawat biar ph stabil itu gimana om .
Kan kemaren kemaren ikan di pindahin dulu karna ngambil sama daun daunannya di ga adain . Eh pas kesituin lagi malah jadi ga nafsu makan ikannya , ga kaya biasanya .
Maksudnya kalo ga ada pasir sama daun daunnya biar bebas gitu om

imun - November 6, 2016

Tolong jawab yah , perlu bantuan . Udah 3 hari ga di kasih makan , pas di kasih makan udang ga nafsu makannya ga kaya dulu .

Ferboes - November 6, 2016

Ada obat PH down. Habis dipindah? Berarti ikannya stress. Butuh waktu gan

46. ardi - Mei 22, 2017

boleh request cara setting heater eheim jager 100w
soalnya beli seken gx ada instruksinya gan.
pin 5bd2448d


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: