Ikan Goby: Gobiidae's Family

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Bicara mengenai ikan air tawar yang agak unik, ikan yang satu ini salah satunya. Ikan Goby memiliki hampir sebanyak 9 jenis, tapi yang ada di tempat saya bekerja hanya satu jenis aja 😀
Ikan ini memiliki warna abu-abu agak kecoklatan dan ujung sirip yang berwarna sedikit kekuningan. Bentuk badan bulat memanjang, dab sedikit belang-belang. Ikan ini tidak terlalu aktif dan bisa hidup di tempat yang tidak terlalu besar.
image
Makanan ikan goby ini terbilang cukup mudah, bisa berupa pellet lunak (granule) atau bisa juga cacing beku. Ikan ini termasuk ikan yang teritorial, bisa hidup berkelompok maupun individu.
image
Meskipun ikan ini tidak terlalu altif, namun ikan ini juga termasuk ikan Carnivora yang bisa memakan ikan-ikan kecil dan udang. Pastikan anda jangan mencampurnya dengan ikan-ikan kecil seperti Guppy, neon tetra, dan jenis-jenis ikan kecil lainnya.
image
Temperatur air yang sesuai berkisar antara 26°_30° celsius, dengan kadar PH air antara 6,5-7,5. Ikan ini juga bisa dicampur dengan beberapa jenis ikan air payau yang lain. Usahakan jangan terlalu besar agar supaya ikan goby anda tidak menjadi mangsanya.
image
Harga ikan ini gak tentu di pasaran. Sekedar untuk informasi saja, di tempat saya bekerja, ikan ini dijual dengan harga Rp. 50.000/ekor untuk ukuran sekitar 10-12 cm. Semoga saja di daerah anda berada harganya gak sampai segitu.
Itulah sedikit bahasan tentang ikan Goby. Jika anda memiliki info tambahan atau pertanyaan, jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Lapak Ferboes disini
Bonus: Bumblebee Goby
image
image
Written by: Ferboes Richardson
Email: ferboesrichardson@gmail.com
twitter: @ferboesR

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*