Kisah inspiratif: ikan hias pertamaku, gagal kudapatkan…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Ada banyak alasan mengapa orang suka memelihara ikan hias dirumahnya. Mulai dari yang memang hobbie, iseng, atau untuk memperindah tampilan rumah. Namun, ada juga yang suka memelihara ikan hias karena ada sejarah yang takkan pernah terlupakan.
Sebut saja namanya Bro Oscar. Masbro yang satu ini adalah salah satu pembaca dan komentator di Blog Newbie saya ini. Semalam, dia bercerita kepada saya tentang Apa yang membuat anda menyukai ikan hias ..??? Adapun artikelnya dulu pernah saya buat [disini]
Dan berikut adalah sedikit kutipan dari Bro Oscar (bukan nama sebenarnya) melalui inbox di Facebook.
image

Tahun 1987 pertama kali ane ke jakarta buat berobat… saat ane jalan ke senen ma ayah ane…pas turun depan terminal senen disitu ada toko ikan hias salah satunya ikan warna hitam dengan corak kuning…pas liat ane langsung
suka ane rengek rengek minta ma ayah ane….beliau melihat ane nangis langsung menuju ke toko itu, beberapa lama kemudian beliau keluar dengan tak membawa apapun dari toko itu..ane nangis dong sejadi-jadinya…
Ayah ane cuman bisa diam ja, walau bikin malu tapi ayah ane gak sedikit pun memarahi atau bahkan memukul ane.. tapi sesampainya di rumah ane liat beliau seperti menahan rasa perih dimatanya, ketika di tegur ibu ane baru dia bicara bahwa harga ikan tersebut 50 ribu, ayah ane gak punya uang sebesar itu. ane liat ayah ane akhirnya menitikan airmatanya tanda sedih..dan ternyata yang paling menyedihkan
ketika dia tawar ikan itu 5000 rupiah malah dihina toko dengan sebutan miskin lah dan tetek bengek. sebenarnya ia terpaksa nawar segitu juga demi memenuhi keinginan ane…
itulah pengorbanan terbesar ayah ane yang saya rasakan bro….walau mungkin sekarang harga ikan itu murah tapi tetep aja ada semacam rasa dendam mendapatkan ikan itu …bukan karena keindahan ikanya ..tapi demi sebuah pengorbanan rasa malu.

image

Ikan Oscar adalah ikan hias yang dimaksud diatas.

Banyak alasan mengapa orang suka ikan hias, dan cerita masbro Oscar diatas adalah salah satunya. Cerita masa lalu yang bahkan sampai sekarang selalu terkenang akan perjuangan seorang ayah demi memenuhi keinginan sang buah hati meskipun harus dicaci-maki dan dihina.
Terima kasih kepada Bro Oscar yang sudah bersedia berbagi kisah masbro yang tentu saja takkan terlupakan.
Apakah diantara masbro dan mbaksis juga memiliki kisah yang serupa? Boleh di share jika berkenan. Atau boleh juga kirim via email.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Lapak Ferboes disini
Written by: Ferboes Richardson
Email: ferboesrichardson@gmail.com
twitter: @ferboesR

53 Comments

  1. uda minta ijin ma yg punya cerita supaya ceritanya boleh di share? 🙂
    btw jaman dulu,, ikan segitu 50rb? buseed,,,
    mahal banget,, 50rb brp taon yg lalu ma 50rb taun sekarang beda jau banget bro,, bener ga? ckck..
    dulu sempet piara oscar saya,,
    rakus,, apa aja dimakan,, sampe lebih lebar dari telapak tangan,, cm balik lagi d,, gr2 neh ikan rakus,, aer cepet kotor,, sibuk jg,,
    jd agak lama ganti aer nya,, akhirnya tewas,, 🙁
    ikan ini jg suka loncat,, makanya ditutupin pake kawat diatas aqrm nya,, sekarang c tuh ikan emang bener murah,, lagi itu sempet beli 5rb 3 ekor atw 10rb 3 ekor gt.. lupa,, dah lama banget..

  2. gak tau mo komen apa, ayah ane dah ga ada sejak ane masih balita, masih punya memori sang ayah beruntung banget

      • wkwkwkwk, dulu itu kan pernah ane ceritain
        pernah pelihara ikan louhan dari kecil ampe nonongnya nyendul
        pas ane tinggal luar kota,
        pulang pulang pas buka pintu aer meluber keluar mirip2 kek komik donal jaman dulu,
        ini musim kemarau kok banjir rumah, langsung saya lari ke dalam rumah, ternyata sang super red dah terkapar dalam aquarium,
        aquariumnya bocorrrr, capek dari luar kota lum ilang abis gitu langsung ngepel lantai,
        paling sedihnya pas ngubur si super red,
        dari bocah ampe gede, inget juga ane jalan lewat depan aquarium dia ngibrit2 ngejar ane, pas ane lagi suntuk kagak nikah2 ane matiin semua lampu rumah trus nongkrong depan aquarium ajakin ngobrol tu louhan, ampe ane ketiduran, sedih bgt dah pas dia gak ada.

      • jadi pengen melihara louhan lagi ini, wah racun nya bang ferboes bener2 maknyusss, bikin artikel dong bang ferboes ciri anakan louhan yang kalo udah besar jadi mantab, njenong, mutiaranya banyak, badannya lebar. biar kalo ada rezeki beli bibitnya gak diboongin orang

        • Begini bro kupaw, mengenai louhan terus terang saya kurang paham. Karena di sini (tempat kerja saya) jarang jual louhan. Kebanyakan ikan koki saja. Jadi saya gak bisa bantu untuk hal yang satu ini. Tapi, jika nanti saya ketemu pakarnya louhan, akan saya kuras ilmunya untuk dishare disini 🙂

      • kalo ikan cupang gimana brow ada artiklenya? ini temen saya bilang suruh pelihara ikan cupang hias aja gak repot2 soalnya

  3. Dulu jg pernah di beliin oleh almarhumah nenek tapi ngak semahal itu koq Boes, cuma 2500 ukuran 7cm, jadi dibeliin sepasang dech, itu aja masih sempetdi tawar2 harganya, berarti 50.000,-kebetulan aja tokonya yg lagi stock ikan oscar yg mahal, lagian sampe di hina2 mah kebangetan, penjaga toko yg baik mustinya ikut nyariin solusi supaya 5000 bisa kebeli walau ukurannya mungkin jadi kecil

Leave a Reply to ari Cancel reply

Your email address will not be published.


*