Antara CBR 150 R dan K 45 (CBR 150 R lokal)

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Kerjaan banyak cukup untuk menyita waktu sehingga tidak banyak waktu untuk menulis. Tapi karena di pikiran ini ada yang sedikit mengganjal, maka saya utarakan sedikit demi sedikit.
Mengenai Judul diatas “antara cbr150r dan K45 (cbr150r lokal) adalah salah satu bentuk kebingungan saya seandainya saya memiliki uang/duit sekitar 30 hingga 35 jutaan, dan ingin membeli motor baru. Disini saya hanya akan membahas dua motor ini saja tanpa mencolek ataupun menyentil motor milik garasi sebelah.
image

Ilustrasi cbr150r dan K45 (cbr150r lokal)

Kedua motor ini lahir dari induk yang sama yaitu HONDA. Tapi beda dukun beranaknya perakitan atau pembuatannya (cmiiw)
CBR150R adalah produk buatan Thailand (CBU) dan  K45 (CBR150R lokal) adalah buatan Indonesia (lokal). Disini keduanya sama-sama mengusung mesin DOHC 6-speed, dan membawa nama besar CBR.
Design keduanya sangat identik, perbadaan terletak pada Headlampnya, yaitu single headlamp untuk CBR CBU dan dual headlamp pada Calon CBR lokal.
Selain itu, bentuk knalpot juga berbeda, selebihnya hampir semua bagiannya terlihat sama.
image

image

Renderan Motoblast.org

Mengenai Harga motor ini, bisa dibilang cukup jauh juga sih.
Seperti yang sudah saya baca di Blog senior seperti Mas IWB (artikel disini) bahwa CBR150 CBU ada diskon gede-gedean yaitu mulai dari 7 juta hingga 9 juta rupiah. Bahkan hanya dengan DP 2 juta rupiah anda sudah bisa membawa pulang sang DOHC superior CBU ini. Misalkan harga sebelumnya 42-43 jutaan diskon 7 juta = 35-36 jutaan. Sedangkan calon CBR150 lokal (K45) kabarnya akan dibanderol mendekati sang rival (Yamaha R15) yaitu diangka 28 jutaan (cmiiw). Kita ambil jumlah terbesarnya saja. Cbr150 CBU Rp.36 jutaan dan Cbr150 lokal Rp.28 jutaan, selisihnya adalah 8 jutaa. Hmmmmm……
image
Banyak yang bilang atau beropini bahwa kualitas mesin cbr150 CBU lebih bagus dan mumpuni dibandingkan dengan calon cbr150 lokal (berkaca pada mesin cb150r)
Terus terang saya belum pernah membuktikan sendiri akan kebenaran hal itu.
Disatu sisi mesin buatan Thailand dan yang satunya buatan lokal (AHM). Dengan selisih harga 8 jutaan dan dengan design yang lebih fresh, kira-kira mana yang akan anda pilih diantara kedua motor tersebut diatas…???
Nah…. disinilah saya akan mulai beropini.
Jika saja kedua motor tersebut diatas harganya sama, entah itu 36 juta maupun 28 jutaan, tentu saja saya pilih yang import. Alasannya…??? Sudah terbukti selama ini cbr150 import thailand tidak mengecewakan, sedangkan calon cbr150 lokal kan belum lahir :mrgreen: siapa yang tahu bagus atau tidaknya…???
Karena harga K45 kabarnya diangka 28 jutaan dan memiliki design yang lebih fresh yaitu dual headlamp, saya pribadi tentu akan memilih K45 (cbr150 lokal) biar gak dibilang shining syempak
image
Dengan brand Honda, tentu saja akan lebih tenang dan tentram karena dukungan 3S yang sudah tersebar dimana-mana. Apalagi dengan selisih harga 8 jutaan, tentu saja banyak bikers yang akan sabar untuk menunggu kelahiran si K45 (cbr150 lokal) ini. Sok tahu luh….!!!
Ini semua hanya opini saya pribadi, setelah melihat, membaca, dan mencermati dari komentar-komentar teman-teman dari Blog satu ke Blog yang lain, seperti ulasan Abang saya ngaku ngaku yaitu Bang kobay [artikelnya disini] tentang penurunan atau diskon CBR150R ini.
Naaahhh…. kalo masbro dan mbaksis bagaimana?
Pilih yang single headlamp tapi barang import, atau pilih yang lebih murah dengan design yang lebih fresh buatan lokal…???
Silahkan komentarnya…….
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Lapak Ferboes disini
Written by: Ferboes Richardson
Email: ferboesrichardson@gmail.com
twitter: @ferboesR

57 Comments

  1. kalo suruh milih, bakal milih yang CBU trus tuh fairing saya lepas jadi naked.kalo beli mending yang murah, 8 jutanya buat beli beat bletak dorr.. hix..hix..

  2. lokal sparepart lebih terjamin.
    walaupun tar banyak yang bisa substitusi, kalo cbu jatuh harus inden berbulan-bulan nunggu fairing impor ya puyeng

      • bahas apa bro? cbr 150 thai mata 2? emang ga ada,,
        mksdnya saya usul gt biar dibikin mata 2 di thai biar ky cbr 250..
        ahm tinggal import aja cbr 150 nya gt,,
        soal pembeda ma k45 ya dia pake teralis gt,,
        trs mata disamain,, gt lho..
        tapi sampe sekarang emang ga ada cbr 150 thai mata 2,,
        cm ngarep aja..
        kan tadi tanya:
        “Naaahhh…. kalo masbro dan mbaksis bagaimana?
        Pilih yang single headlamp tapi barang import, atau pilih yang lebih murah dengan design yang lebih fresh buatan lokal…???”
        kalo saya pilihnya double headlamp dan import,, :p
        barang nya mah ga tau ada atw ga,,
        cm ngarep,, masa cbr 250 dibikin 2 mata yg 150 kaga? hehe..

  3. sebenarnya CBR thai itu CBR lokal juga gan

















    lokal di negaranya sendiri 😎

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*