Kelebihan dan Kekurangan Pemakaian Lampu LED…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Akhir-akhir ini banyak yang mengaplikasikan Lampu LED sebagai penerangan di dalam aquarium. Nah, disini akan saya ulas sedikit tentang Kelebihan dan kekurangan pemakaian Lampu LED.
Untuk pertama-tama saya bahas tentang Kelebihan Lampu LED untuk aquarium anda.
Cahaya yang dihasilkan Lebih Terang
Lampu LED memiliki cahaya yang terang dalam menerangi isi aquarium anda. Sehingga penghuni aquarium pun akan terlihat semakin jelas dan menarik. Lampu ini sangat cocok untuk ikan hias air tawar, air laut, aquascape, maupun tanaman laut.
Lebih Hemat Energi
Lampu LED ini termasuk salah satu lampu yang hemat energi. Meskipun cahayanya terang benderang, tapi kita bisa menghemat energi listrik sekitar 30% hingga 50%. Mungkin karena hal inilah para penghobbies ikan hias banyak yang beralih ke Lampu LED.
Membuat Warna ikan Semakin Menarik
Cahaya lampu LED yang terang bisa memberikan efek yang luar biasa pada tampilan (view) ikan anda. Tentu tergantung warna lampu LED yang akan anda pakai. Dalam hal ini saya ambil contoh lampu LED warna merah untuk ikan. Contohnya warna seperti ini…
image

Lampu LED warna merah bisa membuat tampilan ikan anda menjadi lebih cerah dan semakin terlihat merah. Contoh ikan arwana dibawah ini.
image

Tanpa Lampu LED

image

Menggunakan Lampu LED

[display-posts tag=”ikan-arwana” post_per_page=”10″]
Bagamana brosis, terlihat perbedaannya khan…???
Ikan arwananya terlihat semakin nge-jreng dan cerah. Cocok juga untuk ikan koki dan ikan discus, juga untuk ikan-ikan lainnya.
image
image
Diantara kelebihan-kelebihan diatas, ada pula kekurangannya.
Diantaranya adalah…..
Harga yang Relatif Lebih Mahal
Harga jual lampu LED termasuk lebih mahal jika dibandingkan dengan harga lampu neon biasa.  Bisa lebih murah jika kita mau merangkainya sendiri. Biasanya disebut dengan Lampu LED DIY (do it yourself) :mrgreen:
Kalo saya sendiri, terus terang gak paham masalah rangkai-merangkai lampu seperti itu :mrgreen:
Mudah Menyebabkan Tumbuhnya jamur/lumut di kaca Aquarium
Untuk lampu LED jenis celup, biasanya akan membuat pertumbuhan lumut/jamur dikaca menjadi lebih cepat dibandingkan dengan lampu neon biasa. Hal itu mungkin disebabkan oleh tingkat kepanasan lampu LED yang melebihi lampu neon biasa. Rata-rata lampu neon (T8) memiliki intensitas cahaya sebesar 5000°-6000° calvin. Cmiiw
Atau dikarenakan jarak antara lampu ke kaca yang terlalu dekat.
[display-posts tag=”aquarium” post_per_page=”10″]
image
image
Untuk mengatasinya, anda bisa memakai lampu LED yang bukan model celup, melainkan lampu LED yang dilengkapi tempat khusus atau satu paket sama boxnya.
Misalnya…
[display-posts tag=”hiasan-aquarium” post_per_page=”10″]
image
image
Dapat Menyebabkan Air aquarium menjadi Hijau.
Jika anda memakai lampu jenis ini (LED) usahakan jangan menyalakannya selama 24 jam nonstop, karena panas dari lampu ini bisa menyebabkan air di dalam aquarium anda menjadi kehijauan. Memang untuk hal ini berlaku untuk semua lampu yang memiliki intensitas cahaya diatas 10.000° calvin. Sebaiknya, menyalakan lampu aquarium maksimal cukup 12 jam sehari. Supaya kejernihan air di dalam aquarium anda bisa bertahan lebih lama.
[display-posts tag=”aquascape” post_per_page=”10″]
Itulah beberapa hal mengenai kelebihan dan kekurangan pemakaian lampu LED khususnya untuk aquarium. Hal ini saya tulis berdasarkan pengalaman dan percobaan saya sendiri di tempat kerja saya. Selebihnya, pilihan tetap di tangan anda. Meskipun begitu, kekurangan yang ada akan tertutupi oleh kelebihan-kelebihan dari lampu LED ini. Ikan anda menjadi terlihat cerah dan semakin menarik, dan tentunya anda akan lebih betah untuk memandangnya.

Jika masbro dan mbaksis punya pertanyaan atau pengalaman lain, silahkan tulis di kolom komentar. Saran dan kritik anda akan sangat membantu saya dalam memberikan informasi.

Sekian sekilas info, semoga berguna.
Baca juga yang berikut ini ya guys…
[display-posts tag=”ikan-aneh” post_per_page=”10″]
[display-posts tag=”tips” post_per_page=”10″]
 
Bonus:
image
Ikan koki Oranda Short body
Lapak Ferboes disini
Written by: Ferboes Richardson
Email: ferboesrichardson@gmail.com
twitter: @ferboesR

[display-posts tag=”ikan-discus” post_per_page=”10″]

59 Comments

  1. Saya pale led buat aquascape lumayan juga. Kalau ada lumut wajar karena cahaya tinggi memicu fotosintesis. Klo diaquascape biasanya co2 di naikin dosisnya biar lumut ga menyerang

    • sekarang memang banyak yang memakai LED untuk aquascape dan aquarium laut. jika suhu bisa dikontrol agak rendah, pastinya lumut juga bisa terhambat. terima kasih tambahannya masbro 🙂

  2. jamur dan ganggang hijau butuh sinar biar bisa fotosintesis. bisa jadi karena cahaya LED bagua buat mereka jadi jumlah mereka bertambah.
    anyway, nice sharing lagi. jozzzz

    • kalo buat aquascape memang butuh lampu yang kadar calvinnya tinggi u/ fotosintesis. karena didukung suhu yang rendah untuk tanamannya. tapi kalo buat ikan, dengan suhu yang lumayan tinggi menjadikan air lebih cepat hijau. jadi jangan terlalu lama dinyalain. max 12 jam sehari aja atau kalo malam dimatiin.

  3. Sebenarnya LED itu sangat kecil sekali menghasilkan panas/kalor jika dirakit secara benar. Mungkin yang menghasilkan panas itu adalah bagian power supply/regulator bukan pada LEDnya.
    LED beroperasi dengan tegangan DC dan daya yang dibutuhkannya sangat kecil. Berapapun besarnya tegangan bisa diaplikasikan dan disini peran yang kita mainkan adalah sebuah komponen yang disebut resistor ,yang tentu ada rumus perhitungannya sendiri.
    Saya sering merakit sendiri komponen LED dengan berbagai macam keperluan dengan berbagai macam sumber tegangan.

  4. ommm lampu led bis putus ga ,,mati kaya lampu biasa hehe ,,,soalnya led yg buat di TV dan segala monitor kayannya kuat ,,,berkesan ga bisa putus…..thx om

  5. mau nanya gan, saya belum tahu masalah lampu led yg dibahas ini tolong di bantu, setahu saya lampu led murah dan banyak di toko sparepart elektronik harganya seribuan, apa yg itu? klo bukan apa bedanya dan nyarinya klo di jakarta dimana ya? driver itu apa bukan trafo switcing ya? terima kasih gan bantuannya

  6. tambahan ferboes..
    kalau memilih lampu buat aquascape jenis led , lebih bagus merk Bridgelux US Led 1-3-5 watt dari pada epistar dan jenis merk led taiwan.. saya sudah membandingkan daya tahan dan kecepatan lampu menyala lebih cepat,akurat dan 120 derajat merk Bridgelux,

  7. mau tanya nih, semoga sempat balas 😀
    saya pake aquarium nisso 207.
    masih newbie (beberapa bulan punya aquarium)
    rencana mau beli UV sterilizer dan lampu LED.
    kira2 apa yang rekomended buat aquarium saya?
    yang simpel saja, karena masih pemula 😀
    dalam aquarium nya cuma ikan air tawar saja, tanpa tanaman.
    dan soal filter saya pake filter yang cantolan, air terjun. kira2 cukup nggak ya buat memfilter?
    terimakasih 🙂

    • Sepertinya filternya kurang cukup untuk 73liter. Minimal pakai top filter.
      Untuk lampu UV paling kecil ada yg 10 waat max: 600liter.
      Lampu LED biasanya ada panjang 50-60cm.asih pas untuk nisso 207 🙂

  8. Om, saya ada rencana pelihara Koki. Untuk ukuran tank, 100x45x45. Kira” jika menggunakan LED, butuh berapa Watt ya? Karena tank pstnya ga ada tanaman (aquascape) dan lampu hanya untuk media penerangan aja, jd saya agak bingung untuk memutuskan jumlah watt nya.
    Terima kasih sebelumnya.

      • Rencananya saya mau custom Om (biar bisa lebih irit. Hehe). Baik Om, sekiranya 18-20 watt udah cukup untuk penerangan ya?
        Ada pertanyaan yg lupa saya tanyakan Om. Saat ini saya masih melihara Cichlid, dan tank tidak menggunakan Aerator.
        Setelah baca”, untuk pelihara Maskoki, diwajibkan untuk menggunakan Aerator, itu bener ga Om? Klo seandaiya memang wajib, apakah wajib di nyalakan 24 jam?
        Karena saya punya pikiran, jika Aerator dinyalakan 24 jam, Istirahat ikan akan terganggu karena gelembung dan arus yg dihasilkan Aerator.

        • Tergantung bagaimana reaksi ikannya. Kalo gak ngap-ngap keatas gak masalah tanpa tambah aerator. Tapi kalau misalnya ikannya ngap, harus tambah aerator atau arus atas di tambahin. Aerator dan powerhead nyala 24 jam nonstop

  9. Mungkin ada baiknya, saat libur saya coba dulu untuk stop Aerator di siang hari sampai malam. Jd bisa langsung liat reaksi ikan nya.
    Terima kasih banyak untuk informasinya. Benar” sangat membantu.
    Terima kasih

  10. Besok beli ah lampunya . eh iya mas, bulan lalu ikan koki saya bertelur, tp gagal menetas, kata bapak sh umur jantannya msh muda, trus kemarin bertelur lagi, udah was was takut ga netes lagi, tp alhamdulillah hari ke 4 netes, di kirain larva nyamuk, pas di senter trnyata larva ikan 😀

18 Trackbacks / Pingbacks

  1. Obat untuk membuat warna ikan menjadi cerah dan menawan….!!!! | Ferboes.com
  2. MITOS: Ikan Pembawa HOKKI…. !!! | Ferboes.com
  3. Tips memilih ikan koki jenis oranda…..!!! | Ferboes.com
  4. Palmas albino….!!! | Ferboes.com
  5. Undergravel: Fungsi dan Kegunaannya…!!! | Ferboes.com
  6. Apa aja yg perlu dipersiapkan untuk membuat aquascape…??? | Ferboes.com
  7. Surface Skimmer: Solusi Tepat Untuk Menghilangkan Busa dan Kotoran Di Permukaan Air Aquarium | Ferboes.com
  8. JENIS-JENIS IKAN RAINBOW | Ferboes.com
  9. Ikan Belida Bangkok: Unik Karena Totol Di Tubuhnya…!!! | Ferboes.com
  10. INSPIRASI: Kolam minimalis…..!!!!! | Ferboes.com
  11. Arwana Pino Yang Dikenal Dengan Sebutan Green Arowana | Ferboes.com
  12. Ikan Neon: Orang Bilang Ikan Yang Ada Lampunya…!!! | Ferboes.com
  13. Louhan bonsai…….. boleh juga nih…..!!!!! | Ferboes.com
  14. Arwana Super Red Platinum Rp.368juta Masih Dibilang Murah…??? | Ferboes.com
  15. Kamar Tidur Didalam Air… Keren Nih | Ferboes.com
  16. Foto-foto Ikan Arwana Antik & Unik 2015 | Ferboes.com
  17. Ikan Transparan Itu Namanya GLASS EEL…!!! | Ferboes.com
  18. Kolam Ikan Koi diDalam Rumah…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*