Asal Usul Nama Mbah Dharmo…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Bicara mengenai Mbah Dharmo pasti sudah gak asing lagi jika anda sering mampir ke warung Mas Iwan Banaran dan Wak Haji Taufik. Kadang menuai tanya, kenapa memilih nama Mbah Dharmo yang terkesan tua renta bau tanah. Jika anda termasuk salah satu dari sekian juta orang yang penasaran akan hal tersebut, kali ini saya saya memiliki Penjelasannya langsung dari Mbah Dharmo sendiri.
image

“Boneka Daruma inspirasi nama Mbah Darmo”

” Boneka Daruma yang asalnya dari Jepang ternyata bukan sembarang boneka. Ada filosofi dibalik boneka tersebut. Bentuknya agak bulat, ukurannya bisa sebesar bola tenis, hingga yang terbesar sebesar bola basket. Biasanya Daruma berwarna merah (meski kadang ada juga yang berwarna putih atau hitam). Umumnya benda ini terbuat dari pulp paper, tetapi bisa juga dibuat dari bahan lain seperti kayu, tanah liat atau gulungan kain.
Boneka Daruma tidak memiliki lengan dan kaki, tetapi memiliki gambar wajah lengkap dengan kumis dan jenggot hitam juga. Namun, kedua mata boneka Daruma ini awalnya kosong atau berwarna putih saja. Saat seseorang memiliki harapan yang ingin terkabul, bagian mata sebelah kanan akan diberi warna hitam dan sebelahnya lagi dibiarkan tetap kosong. Bagian mata sebelah kiri akan ikut dihitamkan ketika harapan tersebut terkabul.
Selain mewarnai bagian mata sebelah kanan, pemiliknya juga akan meletakkan boneka Daruma ini di bagian yang tinggi dari rumahnya. Hal ini dipercaya sebagai syarat agar harapannya lebih cepat didengar dan dikabulkan oleh para dewa. Pada umumnya seseorang hanya akan mempunyai satu boneka Daruma saja hingga harapan yang diinginkannya tersebut terkabul. Kepercayaan ini telah ada sejak ratusan tahun dan hingga kini tetap dilakukan oleh sebagian besar orang Jepang.
Tapi peran pentingnya, justru saat Daruma baru memiliki satu mata. Ketika itu, setiap kali pemiliknya melihat boneka ini, ia akan teringat akan targetnya di tahun ini yang belum tercapai. Ini sekaligus akan jadi pemicu semangatnya untuk mencapai hal itu.
Boneka Daruma ini juga disebut sebagai boneka yang tidak pernah jatuh. Bagian bawah dibuat lebih berat sehingga ketika digulingkan akan kembali tegak ke posisi semula. Hal ini disebut-sebut sebagai gambaran dari sikap dan ajaran Bodhidharma. Seseorang diharapkan bisa selalu berpikir optimis dan tidak menyerah ketika ingin mencapai tujuan atau impiannya. Begitu pula halnya ketika gagal, sebaiknya segera bangkit dan mulai berusaha kembali “
Jadi…. Nama Mbah Dharmo terinspirasi oleh boneka jepang yang bernama Daruma.
Semoga apa yang saya tulis diatas bisa mengobati rasa penasaran anda.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Sumber: Mbah Dharmo dan Kaskus Thread.
Written by Ferboes Richardson
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR

60 Comments

  1. Mbah sampluk linggis songormu biar rompal kaya cbr pekgo elu yang jadul bin lemot …
    Ngoahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*