Indahnya Lebaran Takkan Terasa jika Tidak Berpuasa…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Setelah memasuki Bulan suci Ramadhan, maka seluruh umat islam didunia menjalankan ibadah puasa bagi yang sudah baligh (dewasa) karena hukumnya adalah Wajib. Nah, sebenarnya ada beberapa kerugian bagi umat islam yang tidak menjalankan puasa, salah satunya adalah Tidak bisa merasakan indahnya Idul Fitri (lebaran). Yang saya maksudkan adalah Perasaan special akan hadirnya tanggal 1 syawal dimana kita para umat islam mendapatkan kemenangan setelah sebelumnya melakukan ibadah puasa sebulan penuh. Disini saya akan sedikit bercerita tentang diri saya sendiri supaya tidak merugikan orang lain. Khan aktornya saya sendiri…!!! :mrgreen:
Kisah ini terjadi sekitar tahun 2004 silam setelah saya lulus SMA lalu pergi ke Cikarang bersama pakdhe dan sodara sepupu saya untuk mencari pekerjaan. Alhamdulillah, setelah lulus sekolah saya tidak perlu lama-lama berdiam diri dirumah. Malu sama orang tua, tetangga dan diri sendiri tentunya. Saat itu sekitar bulan juli-agustus dan kebetulan mendekati bulan puasa. Untunglah saya sudah mendapatkan pekerjaan disebuah perusahaan di kawasan industri Hyundai tepatnya di PT. Shin Heung tempat merakit barang-barang elektronik dengan kontrak kerja 3 bulan pada masa itu.
Pada saat bulan puasa tiba, saya pun mulai berpuasa pada hari pertama, lalu berlanjut ke hari kedua. Pada hari ketiga, entah kenapa niat untuk berpuasa menjadi hilang, rasanya didalam hati berkata “ah, gue capek kalo kerja… gak kuat puasa nih…!!!”
Sejak hari itu saya tidak berpuasa meskipun saya ikut makan sahur bersama keluarga pakdhe saya. Keluarga dirumah tidak ada yang tahu kalo saya tidak berpuasa. Hingga akhirnya bulan ramadhan sudah hampir habis, dan saya baru berpuasa selama 2 hari. Hari-hari terakhir Ramadhan saya kembali berpuasa tapi hanya 1 hari lagi. Ini benar-benar Rekor Terburuk selama saya berpuasa. Biasanya saya bolong 3 hari, dan kali ini saya Hanya berpuasa selama 3 hari.
Hingga pada hari terakhir Ramadhan, terdengar suara gema takbir berkumandang disetiap Masjid dan mushola disekitar Perumahan Mega Regency Cikarang. Tapi kok telinga ini tidak merasakan sesuatu yang beda seperti tahun-tahun sebelumnya…??? Hati ini juga tidak merasakan getaran dari gema takbir yang berkumandang. Benar-benar terasa seperti hari-hari biasa. Hingga keesokan harinya saya melakukan sholat ied berjamaah dilapangan, semua masih terasa seperti hari-hari biasa. Sama sekali tidak aa perasaan special layaknya menyambut hari raya idul fitri. Setelah selesai sholat ied berjamaah dan halal-bihalal dengan keluarg pakdhe saya, kemudian saya telpon kedua orang tua saya dikampung, halal-bihalal via telpon dan lalu saya bercerita tentang apa yang saya rasakan. Mereka pun menyesalkan dengan apa yang sudah saya perbuat dengan tidak menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sejak saat itu, saya bertekad untuk memperbaiki ibadah puasa saya pada tahun berikutnya.
Ternyata setelah setahun berlalu (saya sudah bekerja di toko ikan hias Grogol) saya berusaha melaksanakan ibadah puasa sebanyak mungkin, meskipun akhirnya bolong 3 hari :mrgreen: pada malam takbir, akhirnya saya kembali merasakan getaran dari suara takbir yang berkumandang.
Perasaan Special akan hadirnya Idul Fitri kembali saya rasakannya. Tahun-tahun berikutnya hingga saat ini saya selalu menjaga puasa saya meskipun “mungkin” hanya sebatas menahan lapar dan haus, yang lainnya gak tahu dah…!!! :mrgreen:
Ternyata efek berpuasa bisa sangat terasa dalam perasaan saat menyambut datangnya Hari raya Idul Fitri. Sangat disayangkan jika kita melewatkan bulan yang penuh berkah ini begitu saja. Maaf, bukannya saya sok alim atau sok-sok’an yang lain, saya hanya berbagi cerita tentang pelajaran apa yang sudah saya dapatkan dari indahnya bulan Ramadhan.

“Saya bukanlah alim ulama, ustadz, atau ahli agama. Saya hanya manusia biasa yang masih banyak memiliki kesalahan, dan kekhilafan. Kisah ini hanya sekedar berbagi pengalaman semata, siapa tahu bisa berguna dan menginspirasi agar supaya saya, anda, dan mereka yang beragama islam semakin semangat dalam menjalankan ibadah puasa dibulan Ramadhan ini”

Apakah diantara masbro dan mbaksis memiliki kisah lain tentang bulan Ramadhan…???
image
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Written by Ferboes Richardson
Contact me:
E-mail: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR

40 Comments

  1. Bener om,,, pake baju baru aja serasa pake lama,,, :mrgreen;
    #sampean puasa tp mata sampean tiap hari liat yg telanjang mulu :p… Puasanya iya,pahalanya gk dpet :p
    Sent from my BuahBerry®

1 Trackback / Pingback

  1. Nonton Bareng Yamaha di Rumah Joglo Kemang… | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*