Cacing di Media Filter, itu Tidak Masalah…!!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Setiap aquarium maupun kolam ikan, harus selalu dilengkapi dengan saringam air (filter) supaya air didalamnya selalu terlihat jernih sehingga ikan-ikan yang ada didalamnya pun terlihat menarik. Kalo airnya keruh, tentu saja kurang enak dipandang dan ikan yang ada didalamnya pasti juga kurang sehat. Lalu apa saja media filter yang harus kita isikan kedalam bak filternya…???
Sebelumnya sudah pernah saya tulis disini tentang macam-macam media filter aquarium maupun kolam.
image
Pada jangka waktu tertentu, kira harus melakukan pencucian atau bahkan penggantian pada media filter tersebut. Biasanya setiap satu minggu sekali hingga satu bulan sekali. Memang terkadang ada juga yang mampu mencapai tig bulan tanpa dibersihkan. Tergantung berapa banyak ikan yang anda pelihara didalamnya. Pada saat kita mencuci media filter tersebut, terkadang kita akan menemukan cacing-cacing kecil seperti dibawah ini…
image
Masih kurang jelas…???
image
Banyak yang mengira bahwa cacing-cacing tersebut berbahaya bagi ikan yang ada didalam aquarium maupun kolam ikan. Padahal sebenarnya Itu Tidak Masalah. Karena cacing-cacing tersebut adalah para pengurai kotoran yang ada di dalam filter anda. Hal itu menandakan bahwa filter anda sudah bekerja dengan baik sehingga ekosistem filtrasinya berjalan sempurna. Lalu dari mana asalnya cacing-cacing tersebut…??? 
Cacing-cacing tersebut berasal dari kotoran yang menumpuk didalam media filter yang berubah menjadi bakteri pengurai (bakteri baik) didalam filter (saringan) aquarium atau kolam anda. Jadi keberadaan cacing-cacing tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika anda Merasa Geli dengan cacing tersebut lebih baik anda mengganti media filter anda dengan kulit manggis media filter yang baru setiap mencuci aquarium maupun kolam ikan anda.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Written by Ferboes Richardson
Contact me:
E-mail: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR

24 Comments

  1. cacingnya si no problem lah..cuma ituloh ada apa dengan si kulit manggis siih??!!
    ada yg ngga kebagian buahnya apa??

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*