Iklan
jump to navigation

Kutu Jarum Pada Ikan Koki…!!! Agustus 10, 2014

Posted by Ferboes in Ikan Mas Koki, Tips and Trick.
Tags: , , , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Sudah cukup lama saya tidak membahas tentang ikan hias, saya lagi krisis ide bahasan mengenai ikan hias. Kali ini saya ingin share mengenai ikan hias kembali, namun hal yang saya angkat kali ini adalah mengenai salah satu penyakit ikan koki yaitu Kutu Jarum. Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai salah satu kutu pada ikan koki yaitu kutu tempel atau bisa juga disebut sebagai kutu kura-kura. Jika anda terlewatkan, anda bisa membacanya disini. Lalu, apa bedanya kutu jarum sama kutu tempel (kutu kura-kura)…???
Silahkan di lihat foto berikut ini…

image

image

Gambar diatas adalah contoh gambar kutu tempel pada ikan koki. Bentuknya bulat seperti kura-kura yang memiliki kaki-kaki kecil. Sedangkan kutu jarum memiliki bentuk badan seperti jangkar. Bagian kepala masuk kedalam tubuh ikan, sedangkan bagian badannya berada diluar. Untuk lebih jelasnya lihat foto dibawah ini…

image

image

Kutu jarum menempel pada ikan koki (maaf, hasil camera handphone resolusinya kurang bagus)

Kuta jarum ini lebih kuat daripada kutu tempel, maka masa pengobatannya biasanya lebih lama dibandingkan saat mengobati ikan yamg terkena kutu tempel. Jika kutu tempel dapat dihilangkan selama 1×24 jam, kutu jarum butuh berhari-hari untuk menghilangkannya. Apa penyebab ikan koki terkena kutu jarum…???
Banyak faktor yang membuat ikan bisa terserang kutu jarum. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
– ikan baru ada yang membawa telur-telur kutu jarum.
– air baru yang membawa telur-telut kutu jarum.
– media filter yang sudah terlalu kotor sehingga bakteri jahat tumbuh pesat.
– bisa berasal dari cacing beku yang kualitasnya buruk.
– masih banyak yang tidak saya ketahui. :mrgreen:

Bagaimana cara pengobatannya…???
Ganti air yang ada di aquarium 50-75%. Kalo bisa sekalian 100% dengan air endapan atau air yang sudah di aerasi. Setelah itu cuci bersih semua media filter. Sekalian kita bersihkan tempat filter aquarium/kolam ikan sampai bersih.
Catatan: Jangan menggunakan sabun saat membersihkan aquarium dan tempat filter aquarium.
Berikan obat untuk membasmi kutu jarum. Obat kutu jarum ini bisa anda beli di toko kaset dan CD toko ikan hias terdekat dikota anda. Salah satu contoh obat kutu jarum yang paling bagus adalah DIMILIN.

image

Dosis obat ini adalah 1gram untuk 1000 liter air.

Setelah diberikan obat, lakukan penggantian air setiap 2 hari sekali sebanyak 50%. Setiap melakukan penggantian air, tambahkan obat sesuai dosis semula. Hal yang perlu di ingat adalah Pada saat pengobatan, media filter cukup memakai busa atau kapas saringan saja. Jangan menggunakan carbon aktif, batu zieolite atau semacamnya. Lakukan langkah-langkah diatas hingga kutu yang menempel dan bekas luka pada ikan benar-benar hilang. Masa pengobatan ini biasanya sekitar 3 kali penggantian ait atau sekitar 1 minggu pengobatan hingga kutu jarum yang menempel bisa benar-benar hilang.

Semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa berguna bagi anda. Jika ada yang perlu di tanyakan atau mungkin anda ingin menambahkan info tentang kutu jarum pada ikan kokj, atau cara pengobatan kutu jarum silahkan anda sampaikan dikolom komentar.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Baca juga yang berikut ini guys…




Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Blog Ikan Hias: Ferboes.com & Goldfish-union.com
Blog Modifikasi: SAiiSOKU.com
Blog Sensasi: Sensasiku Blog
Blog Otomotif: TraktorDOHC.com

Iklan

Komentar»

1. harisirawan2014 - Agustus 10, 2014

1 gram untuk 1000liter?

Ferboes Richardson - Agustus 10, 2014

Iya masbro. Obat keras

harisirawan2014 - Agustus 10, 2014

Susang bgt dong bikin takaran dosisnya? 1drum besar oli pertamina aja baru 210 liter,

Ferboes Richardson - Agustus 10, 2014

Dikira-kira aha masbro. PxLxT (cm):1000 = liter air.

2. RPMspeed - Agustus 10, 2014

ada kutu jarum ? baru tau 😀

——————————
Honda Astrea Mesin Ducati 110CC
http://rpmsuper.com/2014/08/10/honda-astrea-mesin-ducati/

3. cuplis - Agustus 10, 2014

woww
ternyata rumit piara ikan hias, penyakitnya aneh2.

Ferboes Richardson - Agustus 10, 2014

Iya masbro. Kalo ikan lagi sakit mayan bikin puyeng

Nestrige - Maret 3, 2016

Kalo sudah tau caranya sih gak puyeng lagi. Paling cuman repot (waktu ilang untuk ngurus ikan sakitnya). Ya kayak kalo ngurus anak sakit aja kan repot xD

4. Fitready - Agustus 10, 2014

ada kutu jarum ada kutu benangnya juga ga ya 😛

Ferboes Richardson - Agustus 10, 2014

Hahahahaa…. adanya hair alga, bisa buat jahit gak tuh? 😛

Fitready - Agustus 11, 2014

😆

Nestrige - Maret 3, 2016

Kalo dah panjang nanti jadi benang tuh jarumnya lol xD

5. dave - Agustus 11, 2014

kalo ganti aer sampe setengah aquarium tiap hari c kerjaan banget ya,,
gmn kalo kita pisahin taro di ember gt mas,,
baru dilakukan seperti langkah2 diatas,,
jadi nya kan ga terlalu banyak buang aer dsb.. imho..

Nestrige - Maret 3, 2016

Pisahin ke ember ikannya? Trus air di akuarium diapakan? Kan tetep aja dibuang untuk menghilangkan kutu yang berkeliaran.

Kalo mau pindahin ke ember. Air di akuarium diganti 100% + Gravel di angkat trus cuci bersih lagi (skalian). Abis itu jangan masukin Gravel dulu. Isi air ke aquarium lagi. Trus kasih aja ikan Sumatra buat makanin anak kutu yang mungkin masih ada di situ. Kalo masih belom percaya tuh kutu dah ilang kasih obat lagi akuariumnya. Trus ganti 100% airnya (sampe 3-4 hari lah kalo 100% mah).

Trus ikan di embernya juga kasih obat buat jaga-jaga. Soalnya anak kutu jarum walau belum keliatan sama mata udah bisa nempel ke badan ikan. Makanya satu ikan bisa kena banyak kutu jarum kayak di gambar di atas. Itu bisa jadi kutu jarumnya dah nempel dari kecil.

Kutu jarum jantan tuh gak nempel, dia cuman membuahi betina trus mati. Yang nempel, dan punya telurnya ya betinanya. Kalo betinanya dah gede banget kemungkinan telornya dah netes semua dan lagi berkeliaran di akuarium. Setelah beberapa hari mereka dah bisa nempel ke badan ikan-ikan dan siklus kehidupan mereka mulai lagi deh.

Note: kalo kutunya gak ketemu ikan selama 2-4 hari (lupa berapa lama) setelah menetas, dijamin mati. Makanya kalo mau pake cara pindahin ke ember bagus juga. Sering sering aja pindahin ikannya (tekor tekor deh xD) nanti lama lama keturunannya ilang semua (asal yang nempel di tubuh ikannya di matiin dulu, entah di cabut pake pinset ato pake obat).

6. Mase - Agustus 11, 2014

duh ikan kokinya jadi serem gitu…kasian ya…

Nestrige - Maret 3, 2016

Kalo udah parah gtu gk bisa di ambil satu per satu lagi pake pinset. Nanti ikannya jadi luka luka soalnya. Kalo dah parah harus pake obat biar ikannya gk mati karena luka luka.

Trus kasih garam ikan buat membantu pengobatan lukanya (kata orang luar sih gtu, jadi ikutin aja deh lol xD )

7. yennyratnaa - Februari 12, 2015

ikan saya kena kutu jarum dan kutu kura kura.saya cari kutunya satu persatu…setelah itu saya belikan obat di penjual ikan.ehhh agak mabokkkk…akhirnya cepat saya ganti airnya.berdoa terus terusan…karna takut mati.kayaknya apa lebih aman di cari kutunya satu persatu drpd dikasih obat???habis….jd sempoyongan di obati 6 jam.pdh ditulisannya 6jam sp 12 jam .

Ferboes - Februari 13, 2015

Pakai obat aman asal sesuai dosisnya. Obat kutu (dimilin dan abate) jangan di campur. Pemakaian satu persatu.

8. Gambar Kutu Ikan Koki…!!! | Ferboes.com - Oktober 18, 2015

[…] ini yang akan saya tampilkan adalah kutu tempel pada ikan koki. Selain kutu ikan jenis argulus ini, ada satu lagi jenis kutu ikan koki yang sering menghantui para hobbies ikan koki […]

9. putra - April 9, 2017

mas kalo kutu tempel saya pernah coba langsung ambil ikannya, terus cabut deh itu kutu, udah selsai. hehehe

Ferboes - April 10, 2017

Iya, dicabut juga bisa. Tapi kadang kalo udah ninggal telur, ntar kutunya gak lama muncul lagi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: