Iklan
jump to navigation

Ikan Hias Air Tawar Yang Dapat diPelihara Tanpa Pompa Oksigen !!! September 1, 2014

Posted by Ferboes in Jenis ikan hias air tawar, Tips and Trick.
Tags: , , , , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Sering sekali ada pertanyaan dari customer yang datang untuk berbelanja ditempat saya bekerja seperti ini…
“Mas… ada gak ikan yang bisa dipelihara tanpa oksigen…???”
Mungkin anda juga pernah menanyakan pertanyaan yang sama tentang hal tersebut diatas. Seperti yang kita ketahui bahwa semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk kelangsungan hidupnya. Sebagian besar ikan didalam aquarium membutuhkan suplai oksigen. Namun ad beberapa jenis ikan hias yang bisa dipelihara tanpa pompa oksigen. Diantaranya adalah…

GUPPY

image

Ikan berbadan kecil dan memiliki ekor lebar dengan berbagai warna ini menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling diminati. Daya tarik ikan Guppy ada pada warna-warni di ekornya yang lebar. Ikan guppy mampu bertahan hidup didalam aquarium tanpa bantuan pompa oksigen. Hanya dengan menggunakan aquarium kecil (minimal 1 liter air) ikan ini sudah bisa di pelihara dirumah anda. Jenis ikan guppy banyak sekali, dibedakan sesuai dengan warna dan bentuk ekornya. Jenis ikan guppy yang paling sering kita lihat adalah ikan guppy yang hidupnya di got/selokan air 😀

PLATIS

image

Selain ikan guppy, jenis ikan yang bisa dipelihara tanpa pompa oksigen adalah jenis ikan platis. Ikan platis juga memiliki banyak jenis yang dikelompokkan berdasarkan warna dan bentuk ekornya. Ikan platis termasuk jenis ikan yang mudah beranak di aquarium. Ikan ini cenderung lebih suka berenang dekat dengan permukaan air, selain itu ikan ini juga bisa loncat keluar jika dalam keadaan panic. Untuk membedakan ikan platis jantan dan betina, silahkan klik disini.

MOLLY

image

Ikan yang dapat dipelihara tanpa pompa oksigen lainnya adalah ikan Molly. Ikan molly juga memiliki banyak jenis yang dikelompokkan berdasarkan warna dan bentuk badannya. Ikan molly yang memiliku bentuk badan pendek dan membulat (seperti contoh gambar diatas) disebut Molly Balon. Ikan molly berenang seperti ikan platis yang cenderung suka berenang dekat dengan permukaan air, selain itu ikan molly juga mudah berkembang biak didalam aquarium.

CUPANG

image

Selanjurnya adalah ikan cupang. Ikan cupang termasuk salah satu ikan yang paling mudah dipelihara. Tanpa lampu dan tanpa pompa oksigen, ikan ini mampu bertahan hidup di dalam aquarium. Ikan ini mudah stress jika dipasang lampu. Ikan cupang lebih suka yang remang-remang dan gelap 😀 Jenis ikan cupang juga bermacam-macam, ada ikan culang hias dan cupang aduan. Ikan cupang hias memiliki warna dan ekor lebar yang cantik. Sedangkan ikan cupang aduan terlihat kurang menarik untuk dijadikan ikan hias didalam aquarium. Selain itu juga ada jenis ikan cupang alam yang memiliki warna menarik, sayangnya jarang sekali dijual di toko-toko ikan hias.

Itulah sedikit ulasan tentang Ikan hias air tawar yang dapat dipelihara tanpa pompa oksigen didalam aquarium. Semoga bisa membantu anda dalam menentukan jenis ikan apa yang akan anda pelihara.

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Baca juga yang berikut ini ya guys…

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson

Iklan

Komentar»

1. Bro Ndes 94 - September 1, 2014

Ikan ayam :v

harisirawan2014 - September 1, 2014

Ikan asin juga om! :v

Ferboes Richardson - September 1, 2014

hahahahhahaa 😀

2. ipanase - September 1, 2014

tanpa oksigen? coba pake nitrogen

Ferboes Richardson - September 1, 2014

wkwkwkwk… bisa ngebut dong ??? :mrgreen:

3. genbuz - September 1, 2014

kalo ngomongin ‘Cupang’ jadi inget ama seseorang… Hehe…

Ferboes Richardson - September 1, 2014

Siapakah diaaa….??? 🙄

genbuz - September 1, 2014

dia adalah seseorang FBH yg masuk kategori garis lumayan keras…

4. Mase - September 1, 2014

wah ikan cupang menarik jg kayaknya.tinggal taruh di toples…

Ferboes Richardson - September 1, 2014

Betul sekali pak…

force_kid - September 1, 2014

jgn lupA ttup rapat2 toplesnya, biar ikan cupangnya gak cpt basi mase 🙂
lmyan bisa awet jg lho smpe lebaran haji bulan depan… 😀

Ferboes Richardson - September 1, 2014

Walaaaahhh….. menjerumuskan 😈

Mase - September 2, 2014

terus taruh kapur barus ya

Ferboes Richardson - September 2, 2014

Cerdas :mrgreen:

5. force_kid - September 2, 2014

cuma solusi bg fer.. gk ad niat mnjerumuskan kokk..

kapur barus? lbih sip, biar gk d gnggu tikus am kecoa 😀

force_kid - September 2, 2014

kok mlh nyasar kbwh koment ku …

Ferboes Richardson - September 2, 2014

Hahahahahahaa

6. Budi - September 2, 2014

Ada lagi Bro.. Arwana, punya ane sampe 2 minggu ga pake air pump karena penampungnya bocor sedang ane posisi di luar kota, ga kurang suatu apapun. Juuoosss

Ferboes Richardson - September 2, 2014

Biasanya arwana dah ngap-ngap kalo kurang oksigen. Mungkin pompa gilternya masih berfungsi, jadi masih ada arus 🙂

7. kailgua - November 3, 2014

nih serius, yg ngk.butuh pompa.
ikan lele albino.
ikan sapu sapu albino/ijo.
gurame putih.
belida albino.
gabus toman cakep motifnya kalo udah gede, ngasih makannya asik ganas.
ikan sepat.
ikan betok.
ikan patin.
kesemua ikan yang di sebutin mungkin ngk umum tapi setidaknya unik ,tahan penyakit mudah perawatannya bahkan ada yang tahan 2hari ngk di kasih makan.

Ferboes.com - November 3, 2014

Iya, semua yang disebutin ikan2 yang kuat 🙂

8. Rasya123 - November 11, 2014

Tapi kalau ikan guppy di campur molly dalam satu aquarium dia bakal berantem gk soalnya udh pengalaman ikan guppy sama cupang, ikan guppy nya mati di gigit ikan cupang

Ferboes.com - November 11, 2014

Jangan gan… guppy campurnya sama ikan2 kecil aja macam neon tetra, cardinal, red nose dan yg seukuran 🙂

9. Venka - November 20, 2014

Dari hasil googling katanya ikan guppy dan molly bisa akur bersama, lalu bisa bertahan tnp pompa oksigen.
Tp heran kedua ikan peliharaanku itu selalu mati walau sdh pke pompa oksigen. Kelihatannya saling cucuk, dan yg terakhir bertahan si molly.
Awalnya 9 guppy dan 9 molly skrg hny sisa 2 molly 😥
Kira2 kenapa ya kok nggak sesuai?
Sampai peliharanya pakai amdk krn takut ikannya kna air pet yg kotor.

Ferboes.com - November 20, 2014

Ikan guppy jangan gabung sama molly. kecuali tempatnya sangat luas. Itu mungkin karena guppy di bully sama molly nya

Venka - November 20, 2014

Oo.. Mgkn terlalu sempit ya krn aq pelihara dlm aquarium bola uk 12 lt.
Kalau air utk ikan pakai air tanah/sumur tahan nggak?
Selama ini peliharanya pakai AMDK krn takut mrk nggak tahan. Maklum pelihara di kantor, sdngkan ledeng kantor menggunakan olahan air tanah.

Ferboes.com - November 20, 2014

Gak masalah, yang penting sebelum dipakai di aerasi dulu. Air tanah biasanya bermasalah dengan zat besi yg cukup tinggi yg bisa menimbulkan kerak kekuningan pada kaca 🙂

Fa74 - Desember 7, 2015

Klo neon ma molly balon boleh gabung gak? Itu neon saya campur manfish, 1 jd korban, matanya digigit manfish.

Ferboes - Desember 7, 2015

Molly balon masih aman sepengalaman saya. Kalo manfish kadang2 memang agresig

10. gaplek mania - Desember 10, 2014

wehhj..bisa toh..aku paling seneng ikan kecil2 dulu pernah punya guppy,danio sama neon tetra…

Ferboes.com - Desember 10, 2014

Guppy bisa tahan tanpa pompa gelembung

11. I-Am - Desember 11, 2014

nah ini penting

12. Flashback di Tahun 2014 by Ferboes.com | Ferboes.com - Januari 1, 2015

[…] ikan hias yang mampir di blog sederhana yang saya rintis ini. Diantaranya adalah…. – Ikan hias yang dapat dipelihara tanpa pompa oksigen – Cara membuat air terjun pasir di dalam aquarium – Apa saja yang harus dipersiapkan […]

13. kusnanto - Januari 20, 2015

Nah ini ikan2 kesukaan masa kecil, murah meriah, terjangkau.

Ferboes - Januari 20, 2015

Iya masbro 🙂

14. mamah kradenan - Januari 28, 2015

ikan cupang yang gampang tuh, cukup dalam toples kaca juga bisa hidup gan

15. siwid - Januari 31, 2015

gan, klo cupang hias jadi satu dalam satu akuarium gimana? seperti gambar diatas, apakah itu dalam satu akuarium? ty

Ferboes - Januari 31, 2015

Gak bisa masbro, cupang harus satu didalam satu aquarium, kalau mau di campur kasih sekatan. Di atas gambar editan yg saya ambil dari google 🙂

16. Alif - April 13, 2015

Gan Kalo Anak Ikan Guppy Butuh Gelembung Gak ???

17. Alif - April 13, 2015

Gan Kalo Anaknya Ikan Guppy Butuh Gelembung / Oksigen Gak ?

Ferboes - April 13, 2015

Gak pakai gelembung juga gak apa2 masbro

Alif - April 14, 2015

Thanks

18. Alif - April 14, 2015

Gan, Ane Mau Nanya Lagi, Kalo Anak Ikan Mickey Mouse Pakai Gelembung Apa Kaga ?

19. Alif - April 14, 2015

Gan, Ane Mau Nanya Lagi, Kok Black Molly Jarang Ya Gan ?

Ferboes - April 14, 2015

Black molly banyak masbro 😀

Alif - April 15, 2015

Di Mana ?

20. dewi - Agustus 25, 2015

mantep mass.. kalau mau beli2 ikan hias tu dimana ya mas? kalo utk daerah solo dan sektiarnya? terimakash

Ferboes - Agustus 25, 2015

Waduh… Saya kurang tahu. Belum pernah ke solo 😀

21. h3ru - Agustus 25, 2015

bagaimana dengan ikan komet, manfish, ikan sumatra, bala shark, atau keluarga ikan tetra? apa mesti pake oksigen juga mas? terus satu lg jenis ikan yg gak cepet bikin aquarium kotor jenis apa ya mas? makasih infonya

Ferboes - Agustus 25, 2015

Butuh oksigen…. Tapi kalau kolamnya luas dan airnya pendek kadang masih bisa bertahan

refangga - September 12, 2015

kalo ikan neon tahan gak pake oksigen gak?

Ferboes - September 12, 2015

Neon kurang tahan masbro

22. Salina - September 16, 2015

ikan cupang disimpen di botol juga idup hhaha
thanks infonya

Ferboes - September 16, 2015

Yg penting jangan ditutup rapat :mrgreen:

23. Andhika Wiratama - September 16, 2015

Thanks infonya gan.
jadi inget jaman kecil dulu, seneng banget sama yang namanya ikan cupang. Sekarang harganya kira-kira berapa ya?

Ferboes - September 16, 2015

Ikam cupang masih sangat terjangkau. Mulai dari 10 ribuan per ekor 😀

24. refangga - September 19, 2015

gan saya mau nanyak, saya beli ikan molly betina dewasa udah gendut perutnya, waktu di aquarium saya amatin si betina itu sering ditempelin sama molly saya yg jantan, ukurannya sama besarnya, lah selang 2 hari saya liat perut si betina udah kempes, tapi saya ga liat ada anak yg lahir, itu apa udah abis di makan seisi aquarium apa emang gendut karna penyakit? isi aquarium saya molly, platy, ekorpedang, sama guppy total 18 ekor smuanya. thanks

Ferboes - September 19, 2015

Berarti anakannya habis dimakanin 😦

25. Ikan Neon: Orang Bilang Ikan Yang Ada Lampunya…!!! | Ferboes.com - November 5, 2015

[…] guppy juga bagus untuk menghiasi aquarium aquascape, dan termasuk ikan hias yang dapat dipelihara tanpa pompa oksigen guys. Selain itu, ikan guppy juga termasuk dalam jenis ikan hias yang mudah beranak didalam […]

26. Nandio Daniel - Desember 19, 2015

Klo snakehead boleh gk ?

Ferboes - Desember 19, 2015

Pernah piara snakehead, tapi pake full pompa air dan oksigen. Gak tahu kalo tanpa oksigen bisa apa gak

27. yoga putra - Januari 4, 2016

gk ush pake oksigen pake nitrogen aja biar kaya ban….. :v

Ferboes - Januari 4, 2016

Hahahahhaaa

28. Tiger Catfish: Predator Belang-belang Yang Brutal | Ferboes.com - Januari 10, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa oksigen […]

29. Ikan Serpae Slayer (longfin serpae tetra) Banyak Peminatnya Juga Nih… | Ferboes.com - Januari 10, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa oksigen […]

30. Ikan arwana dianggap sebagai ikan hoki….!!! Pasti ada alasannya | Ferboes.com - Januari 10, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa oksigen […]

31. Ikan Sebagus Ini Hidupnya Di Sungai…??? | Ferboes.com - Januari 15, 2016

[…] Ferboes.com – Hi guys…!!! Betapa beruntungnya bro Riski ibnu yang mendapatkan ikan sebagus yang ada di foto gratis dari sungai di sekitar rumahnya. Swordtail fish atau biasa dikenal sebagai ikan platis memang memiliki beberapa jenis yang dibedakan dari segi bentuk badan, warna dan siripnya. Dan ikan ini memang terkenal sebagai ikan yang kuat meskipun tanpa pompa oksigen didalam aquarium. […]

32. Obat untuk membuat warna ikan menjadi cerah dan menawan….!!!! | Ferboes.com - Januari 19, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa pompa oksigen […]

33. MITOS: Ikan Pembawa HOKKI…. !!! | Ferboes.com - Januari 19, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa pompa oksigen […]

34. Tips memilih ikan koki jenis oranda…..!!! | Ferboes.com - Januari 19, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa pompa oksigen […]

35. Palmas albino….!!! | Ferboes.com - Januari 19, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa pompa oksigen […]

36. Undergravel: Fungsi dan Kegunaannya…!!! | Ferboes.com - Januari 19, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa pompa oksigen […]

37. Apa aja yg perlu dipersiapkan untuk membuat aquascape…??? | Ferboes.com - Januari 19, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa pompa oksigen […]

38. Surface Skimmer: Solusi Tepat Untuk Menghilangkan Busa dan Kotoran Di Permukaan Air Aquarium | Ferboes.com - Januari 19, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa pompa oksigen […]

39. JENIS-JENIS IKAN RAINBOW | Ferboes.com - Januari 19, 2016

[…] Ikan hias air tawar yang dapat di pelihara tanpa pompa oksigen […]

40. mascah - Mei 10, 2016

masbro, mau tanya ni. di akuarium saya punya ikan 2 redfin, 2 botia, 1 red zeebra,1 neon kardinal, 1 neon bening, 1 alga eater…nah kira2 kalo nambah jenis ikan lemon bisa akur gak ya? tertarik warna kuningnya 😀
atau mungkin ada alternatif lain?

Ferboes - Mei 10, 2016

Busyet dah… Gk Recommended. Neon pasti korban pertama

mascah - Mei 10, 2016

ada rekomendasi ikan apa gitu? yang warna nya mendekati lemon

Ferboes - Mei 10, 2016

Golden molly. Tapi itu ikan neon jangan campur ikan yg gede2. Pasti lama2 mati

mascah - Mei 10, 2016

oh gitu, saya juga bingung beberapa minggu lalu neon dan pink zebra saya ada yang menghilang misterius, bangkainya gak ada. makasih mas masukannya.

41. nathan - Juli 11, 2016

kak klo ikan lemon digabung ikan guppy bsa gk?

Ferboes - Juli 13, 2016

Jangan….. Bisa habis ikan guppy nya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: