Ikan Hias Air Tawar Yang Dapat diPelihara Tanpa Pompa Oksigen !!!

image
Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???
Sering sekali ada pertanyaan dari customer yang datang untuk berbelanja ditempat saya bekerja seperti ini…
“Mas… ada gak ikan yang bisa dipelihara tanpa oksigen…???”
Mungkin anda juga pernah menanyakan pertanyaan yang sama tentang hal tersebut diatas. Seperti yang kita ketahui bahwa semua makhluk hidup membutuhkan oksigen untuk kelangsungan hidupnya. Sebagian besar ikan didalam aquarium membutuhkan suplai oksigen. Namun ad beberapa jenis ikan hias yang bisa dipelihara tanpa pompa oksigen. Diantaranya adalah…
GUPPY
image
Ikan berbadan kecil dan memiliki ekor lebar dengan berbagai warna ini menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling diminati. Daya tarik ikan Guppy ada pada warna-warni di ekornya yang lebar. Ikan guppy mampu bertahan hidup didalam aquarium tanpa bantuan pompa oksigen. Hanya dengan menggunakan aquarium kecil (minimal 1 liter air) ikan ini sudah bisa di pelihara dirumah anda. Jenis ikan guppy banyak sekali, dibedakan sesuai dengan warna dan bentuk ekornya. Jenis ikan guppy yang paling sering kita lihat adalah ikan guppy yang hidupnya di got/selokan air 😀

PLATIS
image
Selain ikan guppy, jenis ikan yang bisa dipelihara tanpa pompa oksigen adalah jenis ikan platis. Ikan platis juga memiliki banyak jenis yang dikelompokkan berdasarkan warna dan bentuk ekornya. Ikan platis termasuk jenis ikan yang mudah beranak di aquarium. Ikan ini cenderung lebih suka berenang dekat dengan permukaan air, selain itu ikan ini juga bisa loncat keluar jika dalam keadaan panic. Untuk membedakan ikan platis jantan dan betina, silahkan klik disini.
MOLLY
image
Ikan yang dapat dipelihara tanpa pompa oksigen lainnya adalah ikan Molly. Ikan molly juga memiliki banyak jenis yang dikelompokkan berdasarkan warna dan bentuk badannya. Ikan molly yang memiliku bentuk badan pendek dan membulat (seperti contoh gambar diatas) disebut Molly Balon. Ikan molly berenang seperti ikan platis yang cenderung suka berenang dekat dengan permukaan air, selain itu ikan molly juga mudah berkembang biak didalam aquarium.

CUPANG
image
Selanjurnya adalah ikan cupang. Ikan cupang termasuk salah satu ikan yang paling mudah dipelihara. Tanpa lampu dan tanpa pompa oksigen, ikan ini mampu bertahan hidup di dalam aquarium. Ikan ini mudah stress jika dipasang lampu. Ikan cupang lebih suka yang remang-remang dan gelap 😀 Jenis ikan cupang juga bermacam-macam, ada ikan culang hias dan cupang aduan. Ikan cupang hias memiliki warna dan ekor lebar yang cantik. Sedangkan ikan cupang aduan terlihat kurang menarik untuk dijadikan ikan hias didalam aquarium. Selain itu juga ada jenis ikan cupang alam yang memiliki warna menarik, sayangnya jarang sekali dijual di toko-toko ikan hias.

Itulah sedikit ulasan tentang Ikan hias air tawar yang dapat dipelihara tanpa pompa oksigen didalam aquarium. Semoga bisa membantu anda dalam menentukan jenis ikan apa yang akan anda pelihara.
Sekian sekilas info, semoga berguna.
Baca juga yang berikut ini ya guys…
[display-posts tag=”aquarium” post_per_page=”10″]
[display-posts tag=”aquascape” post_per_page=”10″]
Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
[display-posts tag=”hiasan-aquarium” post_per_page=”10″]

68 Comments

  1. Ada lagi Bro.. Arwana, punya ane sampe 2 minggu ga pake air pump karena penampungnya bocor sedang ane posisi di luar kota, ga kurang suatu apapun. Juuoosss

  2. nih serius, yg ngk.butuh pompa.
    ikan lele albino.
    ikan sapu sapu albino/ijo.
    gurame putih.
    belida albino.
    gabus toman cakep motifnya kalo udah gede, ngasih makannya asik ganas.
    ikan sepat.
    ikan betok.
    ikan patin.
    kesemua ikan yang di sebutin mungkin ngk umum tapi setidaknya unik ,tahan penyakit mudah perawatannya bahkan ada yang tahan 2hari ngk di kasih makan.

  3. Tapi kalau ikan guppy di campur molly dalam satu aquarium dia bakal berantem gk soalnya udh pengalaman ikan guppy sama cupang, ikan guppy nya mati di gigit ikan cupang

  4. Dari hasil googling katanya ikan guppy dan molly bisa akur bersama, lalu bisa bertahan tnp pompa oksigen.
    Tp heran kedua ikan peliharaanku itu selalu mati walau sdh pke pompa oksigen. Kelihatannya saling cucuk, dan yg terakhir bertahan si molly.
    Awalnya 9 guppy dan 9 molly skrg hny sisa 2 molly :'(
    Kira2 kenapa ya kok nggak sesuai?
    Sampai peliharanya pakai amdk krn takut ikannya kna air pet yg kotor.

      • Oo.. Mgkn terlalu sempit ya krn aq pelihara dlm aquarium bola uk 12 lt.
        Kalau air utk ikan pakai air tanah/sumur tahan nggak?
        Selama ini peliharanya pakai AMDK krn takut mrk nggak tahan. Maklum pelihara di kantor, sdngkan ledeng kantor menggunakan olahan air tanah.

        • Gak masalah, yang penting sebelum dipakai di aerasi dulu. Air tanah biasanya bermasalah dengan zat besi yg cukup tinggi yg bisa menimbulkan kerak kekuningan pada kaca 🙂

      • Klo neon ma molly balon boleh gabung gak? Itu neon saya campur manfish, 1 jd korban, matanya digigit manfish.

    • Gak bisa masbro, cupang harus satu didalam satu aquarium, kalau mau di campur kasih sekatan. Di atas gambar editan yg saya ambil dari google 🙂

  5. bagaimana dengan ikan komet, manfish, ikan sumatra, bala shark, atau keluarga ikan tetra? apa mesti pake oksigen juga mas? terus satu lg jenis ikan yg gak cepet bikin aquarium kotor jenis apa ya mas? makasih infonya

  6. gan saya mau nanyak, saya beli ikan molly betina dewasa udah gendut perutnya, waktu di aquarium saya amatin si betina itu sering ditempelin sama molly saya yg jantan, ukurannya sama besarnya, lah selang 2 hari saya liat perut si betina udah kempes, tapi saya ga liat ada anak yg lahir, itu apa udah abis di makan seisi aquarium apa emang gendut karna penyakit? isi aquarium saya molly, platy, ekorpedang, sama guppy total 18 ekor smuanya. thanks

  7. masbro, mau tanya ni. di akuarium saya punya ikan 2 redfin, 2 botia, 1 red zeebra,1 neon kardinal, 1 neon bening, 1 alga eater…nah kira2 kalo nambah jenis ikan lemon bisa akur gak ya? tertarik warna kuningnya 😀
    atau mungkin ada alternatif lain?

14 Trackbacks / Pingbacks

  1. Flashback di Tahun 2014 by Ferboes.com | Ferboes.com
  2. Ikan Neon: Orang Bilang Ikan Yang Ada Lampunya…!!! | Ferboes.com
  3. Tiger Catfish: Predator Belang-belang Yang Brutal | Ferboes.com
  4. Ikan Serpae Slayer (longfin serpae tetra) Banyak Peminatnya Juga Nih… | Ferboes.com
  5. Ikan arwana dianggap sebagai ikan hoki….!!! Pasti ada alasannya | Ferboes.com
  6. Ikan Sebagus Ini Hidupnya Di Sungai…??? | Ferboes.com
  7. Obat untuk membuat warna ikan menjadi cerah dan menawan….!!!! | Ferboes.com
  8. MITOS: Ikan Pembawa HOKKI…. !!! | Ferboes.com
  9. Tips memilih ikan koki jenis oranda…..!!! | Ferboes.com
  10. Palmas albino….!!! | Ferboes.com
  11. Undergravel: Fungsi dan Kegunaannya…!!! | Ferboes.com
  12. Apa aja yg perlu dipersiapkan untuk membuat aquascape…??? | Ferboes.com
  13. Surface Skimmer: Solusi Tepat Untuk Menghilangkan Busa dan Kotoran Di Permukaan Air Aquarium | Ferboes.com
  14. JENIS-JENIS IKAN RAINBOW | Ferboes.com

Leave a Reply to h3ru Cancel reply

Your email address will not be published.


*