Honda CS1… Lebih Dari Sekedar Motor Bebek…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Jika kita membicarakan tentang salah satu design motor yang aneh, nyeleneh, dan out of the box, mungkin motor yang satu ini masuk nominasinya. Honda city sport 1 (cs1) adalah salah satu motor keluaran dari honda yang dibekali dengan mesin 125 cc dengan 5 pistun. Bisa dibilang motor ini “kurang laku” dibandingkan dengan produk motor bebek lainnya yang juga diproduksi oleh Honda. Dan sekarang CS1 sudah di Discontinue. Kenapa motor ini “kurang laku”…??? Bisa jadi karena designnya yang aneh dan kurang sesuai dengan selera kebanyakan orang di Indonesia. Meskipun tidak semuanya beranggapan begitu, buktinya masih ada yang beli kok :mrgreen:

image

Baca juga: CS1 Reborn memakai design Ayago

Bicara soal mesin, tentu saja motor dengan kubikasi 125cc dari honda ini tidak bisa dianggap remeh. Jangan samakan dengan Honda supra X 125 ataupun kharisma 125. Meskipun kubikasinya sama-sama 125 cc, tapi tenaganya bung….!!! Jelas berbeda…!!! Mari kita lihat spesifikasinya berikut ini…

image

Motor ini ‘katanya’ adalah keturunan dari bebek super honda yaitu Honda Sonic 125 yang didesign ayago layaknya suzuki satria FU 150. Pada awal-awal keluarnya sonic dulu, saya termasuk salah satu orang yang mengidam-idamkannya. Sayangmya dulu saya masih duduk dibangku SMA, dan belum memiliki penghasilan untuk dapat membelinya meskipun dengan cara kredit 5 tahun sekalipun :mrgreen:

PERFORMA

image

Bisa dibilang saya ini kurang peka jika harus membedakan bagaimana perbedaan performa antara motor satu dengan motor yang lain. Namun beberapa hari yang lalu teman saya ada yang membawa motor penomenal ini dan saat itulah untuk pertama kalinya saya bisa mencoba bagaimana impresi dari si Domba Garut ini.

Baca juga: Honda mempersiapkan 2 motor Baru bermesin DOHC 150cc

Motor yang saya cobain kemarin sudah pasti bukan motor baru, dan sudah tidak standart. Karena sudah dibekali dengan knalpot merk NOBI gak pake TA lho ya…!!!

image

Suara yang dihasilkan dari knalpot ini terasa lembut dan garing didalam nyaman ditelinga saya. Ngebassnya pas tanpa treble yang terlalu tinggi 😆
Karena saya gak safety, jadi saya hanya muter-muter di jalanan depan tempat saya bekerja saja. Kebetulan lagi sepi dan tidak terlalu banyak kendaraan yang lalu lalang waktu itu. Berapa kecepatan yang berhasil saya raih dengan si domba garut ini…???

image

Weeiiitttsss…..!!! Tunggu dulu…!!!
Itu bukan topspeed yang berhasil saya raih, gambar diatas hasil sedot paksa dari juragan Orong-Orong :mrgreen:
Saya hanya melaju santai dan sesekali merasakan akselerasi dari si domba garut. Bisa dibilang motor ini (cs1) memang lebih dari sekedar motor bebek…!!!
Meskipun terasa agak berat diawal, tapi nafas tiap giginya terasa lebih panjang dari motor 125 cc yang pernah saya pakai yaitu Supra X 125 punya bapak saya sendiri :mrgreen:
Sepintas terasa mirip dengan suzuki satria yang pernah saya coba (baca: testride) dikampung beberapa waktu lalu [artikel disini], namun nafas gigi 1 satria lebih pendek daripada si domba garut. IMHO

image

image

Tetep jinjit, tanpa helm, dan sepatu. Hanya memakai sendal jepit. JANGAN DITIRU…!!!

Posisi berkendara cs1 nyaman khas motor honda, namun seperti yang saya bilang tadi bahwa motor ini sudah tidak standart, ada sedikit ubahan di jok motornya. Kata pemilik si domba garut ini, mesin masih standart dan belum pernah di oprak-oprek. Cuma penggantian knalpot racinh dan discbrake yang diganti dengan ukuran yang lebih lebar. Supaya pengereman lebih pakem, ujar sang pemilik.

image

Saat ini Honda ‘kabarnya’ telah mempersiapkan CS1 reborn dengan kubikasi mesin yang lebih besar yaitu 150cc DOHC 6-speed layaknya CB150R dan All new CBR150R. Selain itu ‘masih kabarnya’ Honda akan membuat 2 macam design dari motor yang diberi kode K56 dan K56A ini. Yang satu model ayago, dan yang satu lagi model motor bebek. Sasarannya tak lain tak bukan adalah bebek super dari suzuki dan yamaha yaitu suzuki satria FU 150 dan calon Jupiter MX yang ‘kabarnya’ juga akan diupgrade memakai mesin kubikasi 150cc SOHC 6-speed layaknya NVL dan R15. Sekarang motor bebek cc nya gede-gede yak…!!!
Saya mah nyimak saja deh… hehehehe 😀

image

image

image

image

Kalo menurut masbro dan mbaksis, bagaimana tentang Honda CS1 ini…???
Motor aneh, unik, dab nyentrik, tapi bisa diajak ngebut…!!!

image

image

image

image

image

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson

71 Comments

  1. motor penomenal matius neeh…. 😀 😀
    cuman ngeselin kalo kejebak macet bareng dibelakang ne mongtor… lambreta akselnya

  2. motor jelek kampungan bakar aja, benci ane ama motor ini, apalagi kalo telat gajian, pengen ane cemplungin ke got, soalna bos ane pake ni motor wkwkwkwkwk

  3. sakdurunge di poto mbokyo cemplungno nang sumur utowo nang empang disek opo’o??!!??ben ketok rodok mengkilap titik!!!sampe bulek koyo ngono lek???!!

  4. Saya pengguna cs1 motor saya suka di bilang produk gagal dan di tertawakan sedih sih
    Tp pas jalan yg ngetawain saya ketawain balik karena motor’y gk bisa nyalip bahkan ada yg keinggalan jauh
    Cs1 saya top speed baru’y 135kpj bisa lebih
    Setelah 6 tahun 128-130 kpj tp agak lemot

1 Trackback / Pingback

  1. Modifikasi Honda CD1 Bertangki Vixion | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*