Operasi Ban Cacing…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Ngomongin tentang ‘ban cacing’ pasti ada aja pro dan kontranya. Saya sendiri juga pernah kena ‘virus cacingan’ dalam memodifikasi motor. Lama kelamaan sadar sendiri kok kalo memakai ban kecil itu memang tidak nyaman dan kurang aman. Walaupun memakai ban gambot juga belum tentu 100% aman. Semua tergantung  bagaimana cara rider membawa kendaraannya di jalanan.

Beberapa waktu lalu pas nongkrong di bengkel temen saya, kebetulan ada seekor sebuah motor Yamaha Jupiter MX yang lagi Operasi Ban Cacing. Iseng-iseng saya nanya, kenapa diganti pake ban kecil bro…???
Biar tarikannya makin enteng bang…!!! Jawab sang pemilik motor. Oohh….. gitu ya…!!! Lanjut saya.
Setelah itu saya lihatin aja sambil ambil beberapa foto motor yang sedang ‘dioperasi’ tersebut.

image

image

image

image

Ban Kecil, Motor Semakin Kencang…???
Banyak yang beranggapan bahwa pemakaian ban kecil atau nama bekennya ‘ban cacing’ dipercaya bisa menambah kecepatan dalam berakselerasi bahkan topspeed.Benarkah demikian…???
Dulu saya juga beranggapan sama seperti jawaban pemilik jupiter MX diatas, biar lebih enteng tarikannya. Memang sih tarikan lebih enteng, dan jadi makin responsif, namun banyak juga gak enaknya brosis….
Mari kita simpulkan antara kelebihan dan kekurangan pemakaian ban cacing versi Ferboes.com.

image

KELEBIHAN
Untuk modifikasi tampilan memang ban cacing terlihat keren (bagi sebagian orang) apalagi kalo motornya di airbrush. Seperti motor drag gitu laaa….. jadi kesannya seperti joki motor drag nih :mrgreen:
Selain tampilan, ya seperti yang ditulis diatas tadi, tarikan motor jadi lebih enteng, karena bobot roda berkurang 😀
Untuk jalanan lurus dan mulus, emang ajib banget dah… itu lah kelebihannya ban cacing :mrgreen:

image

KEKURANGAN
Sebenarnya dibalik kelebihan diatas, ada banyak kekurangan yang lebih banyak lagi.
Pemakaian ban cacing membuat perjalanan tidak nyaman disaat jalanan basah karema air hujan.
Selain itu pelk juga rawan peyang dan penyok jika kepentok lubang dijalanan. Kurang safety dan kurang nyaman saat dikendarai sendiri maupun berboncengan, terlebih lagi jika bersama keluarga(istri dan anak). Gak enak buat cornering brosis, apalagi kalo brosis termasuk rider yang suka mereng-mereng kalo lihat tikungan mulus :mrgreen:
Selain itu pemakaian ban cacing juga membuat ban sering bocor, belum lagi banyak ranjau paku dijalanan. Wah… repot deh…!!!

image

Bagaimanapun juga, Standart Pabrikan itu memang lebih nyaman dan aman. Selain itu taati juga peraturan yang berlaku dan saling menjaga sikap kepada sesama pemakai jalan umum.
Oh ya…. apa ada yang mau menambahkan…???

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson

30 Comments

  1. terkadang suka aneh juga sama pengguna ban cacing..
    kalau ditanya pasti jawabannya “biar tarikan enteng”
    tapi kalau diingetin jangan ngebut pasti bilangnya “jalannya pelan2 kok”
    padahal analoginya kalau tarikan makin enteng, godaan untuk ngebut makin gede. Dan faktanya memang seperti itu.

    *mengamati teman yg pakai ban cacing

  2. Pasti mika lampu rem di modif bening.emang sih tampilan jadi keren,tapi jadi ga enak pas di pake,apalagi jalan rusak IMHO

  3. jadi inget masa SMA, modal jupiter, knalpot racing, ban cacing, dapet cabe”an satu sekolah 😀

  4. saya ganti ban lumayan gendut naik 2 ukuran tetep enak ko, ngga ganggu aksel+top speed aman dan nyaman pun dapet, tapi ya itu sering2 cek tekanan anginnya.. kempes dikit, dorong motornya aja udah berat

  5. ane mah paling gak hobi ban unyu” macam gitu orang gue gak bisa liat tikungan mulus dikit eh dengkul malah pengen banget mampir di aspal (baca: GESEK)

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*