Congo Tetra: Phenacogrammus Interruptus, Salah Satu Ikan Hias Air Tawar Yang Menarik…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Diantara sekian banyak jenis ikan air tawar, ikan ini adalah salah satu jenis ikan yang menarik karena memiliki warna yang indah dipandang mata. Congo Tetra adalah jenis ikan berkelompok dan sangat aktif. Ikan ini juga termasuk ikan pemalu namun bersahabat bagi ikan lainnya. Bentuk badan oval dan memanjang, serta memiliki warna biru metalik sedikit kekuning-kuningan terlihat lebih menarik saat terkena cahaya lampu dari aquarium. Warnanya akan terlihat lebih menyala dan mengkilap jika dipadu dengan warna lampu yang pas. Rekomendasi saya, pakailah lampu berwarna pink atau yang biasa disebut oleh para hobbies dengan sebutan warna ultraviolet.

image

Ikan Congo tetra bisa dicampur dengan ikan hias lainnya semacam ikan rainbow, platis, guppy, black tetra, black phantom dan jenis-jenis ikan yang bersahabat lainnya. Intinya jangan campur dengan ikan yang galak. Galak yang saya maksud adalah ikannya suka marah-marah gak jelas ikan yang suka usil dan iseng gigit-gigit buntut ikan lainnya. Karena ikan congo bisa menjadi sasaran bagi ikan-ikan semacam itu. Sirip dan buntut ikan congo yang melumbai-lumbai selalu menjadi daya tarik ikan lain untuk menggigit buntut dan siripnya.

image

Ukuran maksimal Congo Tetra sekitar 8-10 cm. Memang tidak terlalu besar, namun ikan ini terlihat menarik jika anda memelihara beramai-ramai, karena saat berenang berkelompok warna ikan congo terlihat semakin mencolok.

image

Makanan ikan Congo Tetra sama seperti ikan peliharaan lainnya seperti bloodworm atau cacing beku. Bisa juga diberikan pakan kering (pellet) yang berukuran kecil atau berbentuk granule. Sebenarnya gak terlalu susah untuk pakannya. Hal yang harus diperhatikan adalah saat melakukan penggantian air, jangan memakai air baru dari kran PAM/sumur. Pakailah air yang sudah diendapkan dan di aerasi minimal 1×24 jam. Semakin lama aerasi, semakin bagus untuk digunakan. Ikan ini sangat sensitif dengan perubahan air yang terlalu ekstreme. Bisa menyebabkan stress hingga kematian. Congo tetra bisa dipelihara di aquascape dengan suhu  antara 25°-28° celsius. Jika terlalu dingin, biasanya ikan mudah terserang whitespot di badannya. Kadar PH yang cocok untuk congo tetra adalah 6 hingga 7,5. Jika kualitas air terjaga dengan baik, warna ikan akan terlihat semakin cerah dan semakin menarik, sebaliknya jika kualitas air kurang baik, maka warna ikan akan menjadi pucat dan nampak kurang menarik. Penambahan daun ketapang kering pada air aquarium tidak masalah untuk menambah keasaman air dan membantu menstabilkan PH air. CMIIW

image

Harga ikan Congo Tetra dipasaran sekitar 10.000-an/ekor. Tentu saja untuk hal yang satu ini bisa ditemukan perbedaan harga di wilayah atau kota berbeda. Tergantung harga pasaran wilayah tersebut dan ketersediaan barang (ikan) itu sendiri.
Kira-kira itulah sedikit informasi tentang ikan Congo Tetra yang bisa saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon dimaafkan, dan saya menerima saran dan kritikan yang membangun. Jika ada yang menambahkan atau membenarkan, silahkan tulis dikolom komentar.

image

Bagaimana menurut masbri dan mbaksis tentang ikan Congo ini…???
Pantaskah untuk menghiasi aquarium anda…???

19 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. GLASS CATFISH: Transparan memang sangat menggoda….!!! | Ferboes.com
  2. Ikan botia….. Lucu juga nih….!!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*