Cara Membuat Air Terjun Didalam Aquarium Part 2

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Setelah sebelumnya saya bahas mengenai Bagaimana Cara membuat air terjun pasir didalam aquarium dengan menggunakan mesin pompa air [baca disini], masih banyak yang bingung dan bertanya-tanya tentang dimana letak dan posisi untuk pasir dan sistem kerjanya.

Maaf, karena saat saya sedang memasang instalasi air terjun pasir ini, tangan saya basah dan gak bisa untuk mengambil fotonya. Jadi saya akan jelaskan dengan gambar yang ada berikut dengan penjelasannya…..
Simak baik-baik ya brosis….!!!

Perhatikan gambar berikut ini

image

Gambar diatas adalah contoh instalasi perakitan pipa, keni L dan keni T. Bagi yang kelewatan tentang hal ini, silahkan baca dulu [artikel disini]. Lanjut ya…..
Diatas sudah saya berikan penjelasan gambar pada masing-masing sudut pipa yang sudah dirakit dan dimana tempat untuk meletakkan pasir silika putih yang akan dijadikan sebagai obyek yang ‘mirip’ dengan air terjun didalam aquarium.

Rakitan pipa diatas ditimbun pasir kedalam aquarium supaya tidak terlihat, pada bagian yang saya kasih tanda lingkaran merah adalah tempat untuk menaruh pasir silika putih yang akan didorong keatas oleh power head (mesin pompa air).
Jika sudah ditimbun pasir, penampakannya seperti gambar dibawah ini…

image

Hal yang perlu diingat…!!!
Agar power head tidak bermasalah, jauhkan atau lindungi dari timbunan pasir yang bisa masuk ke dalam ruangan baling-baling atau kipas power head yang bisa menyebabkan macetnya putaran baling-baling power head tersebut. Maka dari itu, saya sarankan untuk menumpuklan bebatuan disekeliling power head (jika power head ingin di sembunyikan) agar input air pada powet head aman dari air terjun pasir tersebut.

Sebelum pasir dimasukkan kedalam aquarium, sebaiknya anda ayak terlebih dahulu supaya tidak ada pasir-pasir yang berukuran besar yang masuk kedalam pipa instalasi. Karena dapat  menyumbat aliran pasir sehingga pasir tidak bisa naik keatas. Repot kalo harus bongkar instalasi ulang gara-gara mampet :mrgreen:

Selamat mencoba brosis…

Lihat Video hasilnya [disini] dan [disini]
Maaf, belum bisa upload video kedalam artikel 🙁

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
My Blog’s: http://ferboes.com
http://saiisoku.wordpress.com

33 Comments

  1. Biarpun saya komen belakangan,,,yg penting menguasai,,,
    mari kita boomingkan kata menguasai.,,kita geser kata”ngohahahaha”

  2. Nice Artikel..

    Mungkin sobat banyak yang bertanya-tanya, “untuk apa sih aquascape?? benarkah aquascape itu bermanfaat??, trus apa seh manfaatnya, coba pikir 100 x deh, aquascape kan mahal?” Atau mungkin banyak lagi yah keraguan sebelum membuat aquascape, Ok inilah jawabannya…

    Baca lebih lanjut, PENTING!! 7 Manfaat Membuat Aquascape Yang Belum Anda Ketahui

    !! Temukan kemudahan dan nuansa baru berbelanja online aquascape !!

    Pachira Aqua5cape : Menyediakan kebutuhan Aquarium Tanaman Hias Air Tawar, berupa Ikan, Udang, Keong, Tanaman Stem Moss, Anubias, Peralatan Aquascape

    http://www.aqua5cape.com

  3. Gemana sie gan dah 4 kali nyiba gagal teruz,, aruz teruz keluar dri keni T,, mohon pencerahannya 🙁

    • Ketebalan pasir harus lebih tinggi dari lubang input pasir, tinggi air harus setara atau lebih tinggi dari output pasir 🙂
      Selamat mencoba

      • Mas Bro,ane Udh bikin air terjun sesuai arahannya.thanks berat.cm skrg yg jadi masalah koq air nya ga bening ya..padahal pasir silika nya Udh ane cuci bersih.mohon pencerahan nya

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Membuat Air Terjun Pasir Didalam Aquarium Dengan Mesin Pompa Air | Ferboes.com
  2. Cara Membuat Air Terjun Pasir Dengan Mesin Aerator | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*