Si Slamet Yang Plonga-Plongo [kisah inspiratif]

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Banyak cerita di sekitar kita yang bisa kita ambil sisi positifnya. Seperti sebuah kisah berikut ini yang mengajarkan kita untuk menjadi orang yang lebih bijak dalam bertindak. Baiknya jangan asal mengambil tindakan sebelum kita paham betul tentang situasi, kondisi, dan toleransi dari permasalahan yang kita hadapi. Penasaran seperti apa kisahnya…??? Silahkan disimak ceritanya dibawah ini…..

Suatu sore yang cerah pak yanto dan pak udin sedang ngobrol di warung dekat sawah.
PY: ”Din, denger2 kmrn sore sampeyan nempeleng si slamet yang plonga plongo itu ya…???”
PU;”Iya, to. Habis aku kesel banget ama tuh anak”
PY: ”kesal kenapa?”
PU: ”kucing kesayangan anakku sdh 2 hari hilang, dicari kemana-mana gak ketemu. Lha kemarin sore pas aku keluar rumah papasan sama si slamet yang lagi nenteng kucing kesyangan anakku itu. Udah gitu kondisi si kucing kakinya pincang lagi, gimana aku ndak kesal”
PY: ” lho jadi sampeyan nuduh slamet yang nyuri dan bikin pincang kucing sampeyan?”
PU: ”lha jelas iya pasti si slamet yang plonga plongo itu pelakunya. Lha wong kucingku ada ditangannya”
PY: ”sampeyan kok suudzon, siapa tau slamet nemuin kucing itu dan pengin balikin ke sampeyan”
PU: ”walah…. ndak mungkin”
PY: ”hahaha ndak mungkin gimana? Semalam si wawan anakku cerita kmrn sore dia dan slamet lagi main di lapangan nemuin kucing sampeyan tergeletak di pinggir lapangan. Slamet tau itu kucing sampeyan makanya dia ngajakin anakku untuk bareng-bareng nganterin kucing itu ke rumah sampeyan. Tapi anakku takut sama sampeyan, katanya sampeyan galak. Makanya slamet nganterin kucing sendirian hahahaha”
PU: ”walah yg bener?”
PY: ”kalo ndak percaya tanya anakku tuh lagi main di sawah. Makanya din jd org jangan grusa grusu, cari tahu dulu mikir dulu baru bertindak, jangan suka suudzon. Kalau kaia gitu kan kasian si slamet”
PU: ”iya yah… kasian bener si slamet, udah anak yatim, miskin, agak terbelakang mental, plonga plongo lagi”
PY: ”walo plong plongo gitu dia sebenarnya baik, suatu sore menjelang maghrib mobilku pernah mogok di tengah bulakan. Mau minta tolong gak ada orang lewat tau tau tuh slamet yang abis nyari rumput tanpa diminta tiba-tiba bantuin mendorong mobilku. Slamet juga rajin lho suka bantuin ibunya, oh ya walau plonga plongo gitu ibunya juga cakep 11:12 lah sama desy ratnasari hahaha….”
Tawa pak yanto tiba-tiba terputus saat mendengar teriakan anak anak kecil yang main di sawah ”pak yanto… pak yanto …kepala si wawan bocor”.

image

Sontak pak yanto dan pak udin lari ke sawah, dengan emosi pak yanto bertanya ”siapa yang getok kepala anakku hingga bocor kayak gini” anak-anak serentak menjawab ”slamet pak”. ”KURANG AJAR…..mana slamet…??? hah…..!!!!’‘.

Dengan amarah pak yanto berlari ke arah jalan raya, saat melihat slamet yang sedang menenteng karung wadah rumput. Dengan cepat ditarik lah kerah si slamet dicekeknya, lalu plak… plak… plak… Masih kurang puas sebuah uppercut pak yanto menghajar tubuh kurus slamet yang plonga plongo itu. Sementara anak-anak kecil berteriak histeris sambil mendekat ”jangan pak yanto jangan…”

Pak yanto masih saja meluapkan emosi, karung si slamet dicabik cabik dengan sabit, tubuh slamet yang lemah disepak sepak. Pak yanto baru berhenti saat wawan menarik narik baju pak yanto sambil menangis histeris ”jangan pak jangan… Yang getok kepalaku bukan slamet yang ini tapi SLAMET ANAKNYA PAK HAJI WAHID!!”

Deg…!!! Pak yanto terpaku, tubuhnya gemetar dan lemas. Tak tahu apa yang harus diperbuat. Tak kuasa dia menatap anak-anak kecil yang menatapnya, tak kuasa dia menatap tubuh slamet plonga plongo yang terkapar.

Pengin menghilang rasanya, apalagi saat sebuah kalimat mengejek meluncur dri mulut pak udin, ”walah yanto yanto, jadi orang jangan grusa grusu, mbok yo dipikir dan cari tahu dulu, mbok yo jangan suudzon hahahaha. Enak toh mantep toh kalau ngomentarin masalah orang lain?
Giliran diri sendiri kena maslah kok malah lebih parah dariku. Yanto…yanto baru saja kamu nasehatin dan nguliahin aku…. hahahaha….”

Pak yanto hanya terpaku dan ekor matanya melirik wajah plonga plongo slamet yang sekarang penuh lebam.

Dari cerita diatas kita bisa ambil sisi positifnya. Berfikir sebelum mengambil tindakan.
Sampai jumpa di kisah-kisah inspiratif lainnya ya…. 😀

Baca juga: Satpam Mall dan Mbak-mbak Mukulin Gue…!!!
Kisah Seorang Hakim Yang Luar Biasa

Sekian sekilas info, Semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

23 Comments

  1. selumbar dimata orang laen keliatan,,
    tapi balok dimata sendiri ga keliatan..
    ya semua orang seperti itu,,
    termasuk SAYA..

  2. Mentang-mentang aku item dekil, nginep dirumah orang suruh tidur diteras loteng lantai 2.

  3. Jian lagu mahabarata versi dangdut koplo keren bingit, jadi semangat sebar brosur.

  4. kasihan yang namanya slamet di cerita ini.
    jadi ingat di kantor juga ada yang namanya slamet meski namanya slamet gak pernah salmet dari bully teman2 kantor

Leave a Reply to Ferboes.com Cancel reply

Your email address will not be published.


*