Iklan
jump to navigation

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Air Terjun Pasir Desember 6, 2014

Posted by Ferboes in Tips and Trick.
Tags: , , ,
trackback

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Setelah sebelumnya saya membuat ulasan tentang bagaimana cara membuat air terjun pasit didalam aquarium dengan menggunakan pompa air [baca disini], banyak diantara pembaca menanyakan tentang masalah yang mulai muncul saat membuatnya. Diantaranya banyak yang mempertanyakan “kenapa pasirnya tidak mau naik keatas, malah pasirnya menyembur dari bawah seperti lumpur lapindo…???”

image

Dan hal tersebut bukan hanya dialami oleh satu atau dua orang yang sudah mencoba membuatnya dirumah masing-masing. Ada beberapa orang lainnya yang mempertanyakan perihal yang sama kepada saya baik via email maupun via whatsapp [terima kasih kunjungannya ke ferboes.com]

Maka kali ini akan saya saya bahas lagi mengenai “Hal yang harus diperhatikan saat membuat air terjun pasir didalam aquarium”

Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya bahwa hal yang terpenting adalah pada bagian setelan dan penyumbat di keni T tempat input pasir. Pada bagian ini harus kita stel sedemikian rupa jika memang pasirnya belum bisa naik keatas.
Perlu diingat bahwa untuk pembuatan penyumbat keni T jangan terlalu lancip, melainkan agak lurus dibagian bawah dan melengkung pada bagian sampingnya supaya arus air dari pompa bisa mendorong pasir naik keatas melalui celah tersebut.
Contoh pembuatan penyumbat keni T yang benar seperti dibawah ini…

image

Jangan membuatnya terlalu lancip seperti contoh dibawah ini…

image

Selain itu, posisi yang pas saat menyetel penyumbat keni T ini juga terbilang agak susah. Jadi kita perlu memutarnya sedikit-sedikit untuk mendapatkan posisi yang pas. Caranya, dengan memasukan jari kita kedalam penyumbat keni T tersebut, lalu putar pelan-pelan kekanan maupun kekiri hingga posisinya pas saat pasir sudah bisa naik keatas….

Selain itu untuk besarnya kekuatan pompa air (power head) harus disesuaikan dengan tinggi air terjun pasir yang akan anda buat.
Untuk posisi jatuhnya pasir, usahakan berada disekitar lubang input pasir, sehingga pasir bisa terdorong kembali keatas.sedangkan tingkat ketebalan pasir disekitar lubang input pasir, usahakan sekitar 1 sampai 1,5 cm.
Semoga ulasan kali ini bisa membantu permasalahan anda yang mengalami kesulitan dalam membuat air terjun pasir ini dirumah. Berikut ini beberapa hasil karya pembaca yang di share via whatsapp dan sudah berhasil membuat air terjun pasir sendiri dirumah.

image

image

image

image

Bagaimana dengan anda…??? Sudahkah anda berhasil membuatnya diaquarium anda…???
Monggo share dan komennya…. 🙂

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

Iklan

Komentar»

1. yusufblog23 - Desember 6, 2014
2. peysblog - Desember 6, 2014
3. datuktoman - Desember 6, 2014

Mayang prastyo…

4. KLX Adventure - Desember 6, 2014

Tanpa ikan

========

Cara Pengereman yang Benar Menurut Instruktur Safety Riding Honda http://klxadventure.com/2014/12/06/cara-pengereman-yang-benar-menurut-instruktur-safety-riding-honda/

5. patjam - Desember 13, 2014

Hebat gan tanks ilmunya

Ferboes.com - Desember 13, 2014

Sama2 masbro, selamat mencoba 🙂

6. andi sudirman - Maret 22, 2015

udh 3 hr sy berutak atik ikutin petunjuk,tapi ga jadi jadi jg,lumpur lapindo mulu,,,mhn pencerahan mas bro, tinggi air terjun 50 cm, powerhead 1200,13 watt.

Ferboes - Maret 22, 2015

Harusnya sudah lebih dari cukup powerheadnya masbro. Coba sumbatan di keni T nya dibuat agak melengkung kedepan supaya sirkulasi air saat mendorong pasir lebih terarah. Semoga berhasil 🙂

7. ridwan - April 29, 2015

halo maz,,numpang nanya.
brarti ini cuma untuk waret fall ya?ga bsa d smbung k filter?

Ferboes - April 29, 2015

Bisa saja, tinggal dicabang saja atau pakai 2 way bawaan dari powerheadnya. 🙂

ridwan - Mei 15, 2015

ok ty mas infonya,,sangat membantu ^_^

Ferboes - Mei 15, 2015

Sama2 masbro

8. adiet - April 28, 2016

gan kalo punya ane udah di bilang sukses,jd si pasir muter,tp semburan nya terlalu jauh,yg mau ane tanyain,gmna cara nya supaya semburan pasir nya langsung jatoh ke bawah ,gak nyembur ke depan…..

Ferboes - April 28, 2016

Mungkin pompanya kegedean… Harus dipecah tuh tendangan pompanya

Ferboes - April 28, 2016

Mungkin pompanya kegedean… Harus dipecah tuh tendangan pompanya…

9. amyco prasetyo - Agustus 4, 2016

mohon pencerahan mas,klo pasir yg kluarnya sedikit dan ga lgsung jatoh tapi malah kaya salju itu knpa yaa?

Ferboes - Agustus 4, 2016

Mungkin ada mampet. Atau pasir di sekitar input kurang tebal/banyak

10. amyco prasetyo - Agustus 5, 2016

oww,tpi dari tekstur kasar/halusnya pasir jga ngaruh ga ya mas?
maksih mas atas pencerahannya

Ferboes - Agustus 6, 2016

Lebih halus lebih bagus. Biar gak gampang mampet

evan - Agustus 21, 2016

gan kalau air terjunnya gak bisa nyedot malah kayak lumpur lapindo tuh , gimana solusinya ya ?

saya makek PH , 1 untuk filter , 1 untuk waterfall

11. evan - Agustus 21, 2016

gan kalau air terjunnya gak bisa nyedot malah kayak lumpur lapindo tuh , gimana solusinya ya ?

Ferboes - Agustus 21, 2016

Ada beberapa faktor.
Ketebalan pasir, ketinggian air, dan setelan di keni T pipa inputnya

12. evan - Agustus 21, 2016

itu saya makek PH , jadi 1 untuk filter , 1 untuk air terjun

13. teten - November 13, 2016

gg

14. Zico - November 17, 2016

Mas nanya dunk…
Saya pasang air terjun…udah berhasil sampai 8 hari tp tiba2 dia jd nyembur kyk lumpur lapindo…
Dmn na ya yg salah mas..?
Tks.

Ferboes - November 17, 2016

Biasanya ada mampet di tikungan pipanya. Mungkinbada pasir kasar atau kerikil masuk kedalam

Zico - November 18, 2016

Ada solusi ga gan selain bongkar..?
Saya jg berpikiran sama…dah coba sedot/tiup pake pompa sedot air di tmpt nyembur, saat dipompa dia lancar tp jelang beberapa detik (saat tidak dipompa) dia nyembur lg…
Tks.

Ferboes - November 18, 2016

Biasanya saya tutup lubang input, biar arusnya searah dorong air keatas. Dibantu pakai kawat buat ngutak ngatik dari atas biar kerikilnya keangkat

15. Danang saputra, - Januari 25, 2017

Gan mau tanya ne,, apa aja yg di siapkan untuk bikin aquaskep,,, karna punya sya aquarium biasa,,, klo bikin air terjun pasir nya,, mohon infonya,, mksh,,,

Ferboes - Januari 30, 2017

Untuk hal itu sudah pernah saya bahas gan. Bisa cari di kolom pencarian sebelah kanan atas 🙂

16. Danang saputra, - Januari 31, 2017

Mantap mz brooo,,, 👍👍👍👍👍

Ferboes - Januari 31, 2017

Makasih gan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: