Teknologi Berikut Ini Dapat Mudahkan Penyandang Disabilitas Untuk Menyetir Mobil

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Di jaman serba modern seperti saat ini, banyak teknologi-teknologi baru yang tercipta untuk memenuhi kebutuhan manusia di seluruh dunia. Seperti beberapa alat canggih berikut ini yang di tujukan untuk para penyandang Disabillitas supaya memudahkan mereka untuk tetap bisa menyetir mobil.

Dalam keterbatasan fisik seseorang, terkadang tidak menyurutkan niat untuk dapat mengendarai kendaraan sendiri. Dalam hal ini adalah mobil. Karena akan lebih mudah bagi para penyandang disabillitas untuk mengemudikan mobil daripada mengemudikan motor.
Kisah seorang pembalap yang memiliki keterbatasan fisik atau biasa disebut disabilitas, Mario Bonfante Jr agaknya menginspirasi beberapa perusahaan otomotif untuk membuat teknologi yang dapat membantu mereka dalam menyetir mobil. Mario sendiri berhasil selamat dalam sebuah kecelakaan karena sebuah teknologi yang dipasangkan pada mobil BMW M3 E46 miliknya. Di sana ada sistem kontrol untuk pengereman dan mengubah gigi dari roda kemudi otomatis. Sejak saat itu, beberapa pabrikan mulai mendesain teknologi yang dapat membantu para penyandang disabilitas.
Carmudi merupakan salah satu situs jual beli yang merilis lima alat yang bisa digunakan oleh para penyandang disabilitas supaya memudahkan mereka dalam menyetir mobil. Apa saja alat yang ditawarkan…????
image

1. Tombol otomatis
Dua jenis mobil yang memiliki tombol khusus bagi penyandang disabilitas adalah Ford Edge dan Chevrolet Traverse. Misalnya, jika Anda kesulitan memutar kepala, ada perangkat sensor yang dapat membantu anda hanya dengan menekan beberapa tombol. Harga kedua mobil tersebut sekitar Rp 300-400 juta.
image

2. Kursi roda dibalik kemudi
Pabrikan Elbee memiliki produk yang dirancang khusus bagi pengguna kursi roda, sehingga mereka dapat berkendara tanpa harus meninggalkan kursi. Jadi, tidak ada kesulitan berarti untuk melipat maupun memasang kursi roda Anda ke dalam bagasi. Harga alat tersebut sekitar Rp 250 juta.

image

3. Sabuk pengaman khusus
Produk EZ-ON 86Y Harness dibuat untuk menjaga anak-anak penyandang disabilitas supaya aman. Alat ini mampu mempertahankan posisi duduk, bahkan jika mobil melewati jalan bergelombang. Sabuk in dapat di lepas dengan cepat. Harganya sekitar Rp. 1-2 juta.
image

4. Jok mobil berputar
Jok mobil berputar (diproduksi oleh Motionperformance Essentials) memungkinkan Anda untuk memutar tubuh dan kaki hingga 360°. Hal ini dikendalikan oleh tali yang dilepas yang melekat pada sabuk pengaman dengan berat sekitar dua kilogram. Harganya sekitar Rp 250-700ribu.
image

5. Kontrol tangan otomatis
Rem push-pull dan akselerator kontrol tangan (diproduksi oleh Alfred Bekker) dapat dipasang ke mobil apapun untuk membuat penyandang disabilitas lebih nyaman dalam menyetir mobil, bahkan tanpa menggunakan pedal kaki. Wireless tombol di roda kemudi mobil memungkinkan untuk mengoperasikan remote lampu, wiper,klakson, dan banyak lagi. Harganya berkisar antara Rp. 4-6 juta.

Hmm…. semakin canggih saja alat-alat yang dibuat pada jaman sekarang yak….
Sayangnya Alat-alat tersebut hanya untuk mobil saja brosis… kalauau dipasang di motor sepertinya sangatlah sulit… Tapi tetap saja tidak menutup kemungkinan untuk dapat dipasang di motor, modifikator sekarang kan kreativitasnya tiada batas :mrgreen:

Sekian sekilas info, semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*