Undergravel: Fungsi dan Kegunaannya…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Ada sebuah request dari pembaca untuk membahas tentang UNDERGRAVEL. Oke…. mari kita bahas sejauh yang saya ketahui dan pahami, jika ada yang salah dan kurang mohon untuk dibenarkan dan ditambahkan 🙂

Undergravel itu sering dinamakan sebagai “tatakan media” untuk dasar aquarium semisal pasir maupun bebatuan yang sering dipakai untuk menghias aquarium.
Selain itu, masih ada lagi fungsi dari undergravel yaitu bisa juga digunakan sebagai filter. Filter dengan sistem undergravel ini memanfaatkan bakteri-bakteri pengurai yang ada di media dasar aquarium (pasir maupun bebatuan). Biasanya diujung salah satu sudut undergravel ada pipa untuk disambungkan dengan power head (pompa air) dan bisa juga menggunakan sistem aerator (pompa gelembung).

Undergravel memiliki kisi-kisi atau lubang input air sehingga air bisa masuk dan disirkulasi didalam aquarium. Caranya ya itu tadi… ujung pipa disambungkan dengan power head atau memakai aerator. Sistem ini dipakai agar supaya aquarium yang didekorasi memakai pasir/batu airnya bersih dan kotoran dari ikan bisa di filter dengan sempurna. Selain itu untuk menghindari tumpukan kotoran dibawah pasir/batu dekorasi yang bisa menimbulkan bakteri dan kuman penyebab kerusakan air dan penyakit pada ikan.

image

Macam-macam Undergravel
Undergravel yang dijual dipasaran ada dua macam (setahu saya) yaitu berbentuk kotak-kotak yang dapat dirangkai sesuai dengan ukuran aquarium dan satu lagi berbentuk pipa. Untuk harga undergravel saya tidak tahu, karena ditempat saya bekerja tidak menjual undergravel. Jangan tanyakan mengapa…. karena aku tak tahuu….. :mrgreen:

Oh ya… setelah ini, akan coba saya buat tutorial untuk membuat undergravel memakai pipa, jadi bisa lebih hemat dibandingkan jika masbro dan mbaksis beli undergravel yang sudah jadi.
So…. simak terus kelanjutannya ya….. 😀

Cara membuat Undergravel: klik disini

Sekian sekilas info, Semoga berguna.

Baca juga yang berikut ini guys…

[display-posts tag=”arwana, aquarium, spg-cantik, the-ladies, foto-spg, inspirasi” post_per_page=”5″]
[display-posts tag=”yamaha, bengkel-modifikasi, body-custom, honda, otomotif, gadget, modifikasi, suzuki” post_per_page=”5″]
[display-posts tag=”aquascape, ikan-koki kolam-ikan” post_per_page=”5″]
[display-posts tag=”info, sensasi” post_per_page=”5″]

Written by Ferboes

Contact me at:
Email: Ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Instagram: Ferboes_Richardson
Blog Ikan Hias: Ferboes.com & Goldfish-union.com
Blog Modifikasi: SAiiSOKU.com
Blog Sensasi: Sensasiku Blog
Blog Otomotif: TraktorDOHC.com

11 Comments

  1. Tq bro atas artikel nya,.. jadi dimana letak filter atau saringan kotoranya? Dibawah gravel atau menggunakan filter atas lgi?
    keep writing n original bro….ini yg saya suka dari ferboes.com

  2. Mas mau nanya..kalau memakai sistem filter undergravel terbalik dengan menggunakan tambahan filter canister bagus apa tidak yah?

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Membuat Undergravel Pipa | Ferboes.com
  2. Aquascape Minimalis… Berikut Ini Detailnya…!!! | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*