Harga Ikan Koki Melambung Tinggi

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya…???

Entah mengapa, akhir-akhir ini sepertinya ikan koki semakin booming di pasaran. Atau cuma perasaan saya saja ya. Jika saya mengingat kembali ke beberapa tahun lalu sekitar 2005-2012 rasa-rasanya ikan koki tidak terlalu seheboh sekarang. Memang yang namanya ikan hias itu pasang-surut, kadang apa yang lagi rame bisa langsung naik ke permukaan. Setelah pada bosan ya kembali seperti sedia kala. Beberapa moment tentang ikan hias yang sempat booming seingat saya itu sekitar tahun sebelum 2004 yaitu ikan louhan. Setelah itu ikan louhan meredup bahkan harganya drop hingga membuat para hobbies tercengang. Tahun 2005-2007 gantian ikan hias air laut naik daun. Rame banget dah… banyak sekali yang ikut memelihara ikan laut. 2007-2009 gantian masanya ikan sapu-sapu exotic yaitu ikan Pleco.

image

Sekarang giliran ikan koki yang naik daun dan ramai di minati kembali. Tapi ada yang terlihat lain, harga ikan koki melambung tinggi. 
Bahkan ada ikan koki seharga Rp. 150 juta 😯
Kira-kira kenapa bisa begitu…???
Sebagai seorang newbie, saya akan menuangkan unek-unek saya di sini karena ini adalah wadah dimana tempat saya untuk share kepada masbro dan mbaksis, dan disini juga tempat kita berdiskusi bersama.

Menyikapi tentang hal ini (harga ikan koki) saya rasa kita harus melihat beberapa faktor yang sekiranya berpengaruh dalam hal yang menyebabkan harga ikan-ikan koki tersebut melambung tinggi. Mungkin dari dulu juga sudah ada yang menjual ataupun membeli ikan-ikan koki dengan harga yang WOW untuk orang awam termasuk saya, namun jika kita bisa menyikapinya dengan positif, maka kita akan paham da mengerti apa yang menyebabkan hal tersebut.

image

Biaya Operasional Meningkat
Kita semua tahu bahwa harga-harga kebutuhan selalu meningkat. Meliputi apa saja, mulai dari listrik, air, pakan, dan biaya operasional lainnya. Para breeder yang dengan susah payah berusaha untuk ‘mencetak’ bibit ikan berkualitas yang akan mereka jual ke pasaran. Tentu saja hal tersebut juga berpengaruh dalam harga jual yang akan mereka ‘pasang’ pada ikan-ikan hasil ternakannya.

Harga indukan ikan koki yang berkualitas itu juga gak murah lho
…  jangan bandingkan dengan ikan-ikan yang seadanya. Untuk dapat mencetak bibit-bibit ikan berkualitas juga banyak faktor yang berpengaruh. Mulai dari indukan, cara perawatan, pakan, dan ketelatenan dari breeder itu sendiri. Semua itu tidaklah mudah dan perlu proses yang panjang.

image

Ikan yang harganya diatas rata-rata pastinya memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki ‘ikan biasa’. Para breeder mensortir ikan-ikan mereka. Dari sekian ratus bahkan ribuan anakan ikan, tentu saja tidak semuanya menjadi bagus. Semua itu tentu saja sangat melelahkan untuk bisa menghasilkan ikan-ikan berkualitas dan bagus. Beda breeder, beda juga hasilnya. Karena tiap breeder hampir memiliki ciri khas tersendiri akan hasil ternakannya.

Bagi para newbie yang baru memulai belajar atau tertarik dengan ikan koki, ada baiknya belajar dulu mengenai anatomi tubuh dan cara pemeliharaan ikan koki yang benar. Belajar mengenal seperti apa ikan yang bagus, biasa, atau bahkan jelek. Harga memang susah di prediksi, karena yang namanya hobi itu memang tak ternilai harganya. Jika anda tertarik,suka, dan mampu ya bungkus gak pake cabe. Saya sendiri masih terus belajar dari para master-master ikan koki. Tapi saya selalu mencoba untuk memahami bagaimana susahnya mereka untuk bisa menghasilkan ikan-ikan yang berkualitas jempolan.

[display-posts tag=”ikan koki, tips, inspirasi, ikan hias” post_per_page=”5″]

Sekian sekilas info, Semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Facebook: Ferboes Richardson
Twitter: @ferboesR
Whatsapp: +628568847750

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*