Gabus Toman: The Redline Snakehead…!!!

image

Ferboes.com – Hallo masbro dan mbaksis, apa kabar semuanya …???

Ikan gabus adalah salah satu ikan yang berasal dari Indonesia. Dari beberapa jenis ikan gabus lokal, ikan gabus toman adalah salah satu jenis yang paling menarik untuk di pelihara karena pada saat masih kecil, tubuhnya berwarma sedikit kekuningan dan memiliki garis berwarna merah dibagian tengahnya. Ikan gabus toman menyebar luas di Indonesia bagian barat (Sumatra , Kalimantan dan pulau-pulau sekitarnya), Malaysia, Thailand, Laos , Vietnam, India , dan mungkin pula Myanmar. Keberadaannya di India barat daya ( Tamilnadu dan Kerala ) terasa janggal, karena terpisah sekitar 2500 km dari wilayah sebarannya yang lain di Asia Tenggara. Ikan ini diperkirakan dibawa masuk ke India oleh manusia sebelum abad ke-19.

image

Gabus toman termasuk ikan yang buas dan pemangsa yang agresif. Ikan ini dapat memakan ikan-ikan kecil sebagai umpannya. Selain itu anda juga bisa memberikan pakan berupa cacing beku. Ikan ini bisa tumbuh besar hingga mencapai ukuran lebih dari 70cm. Tentu saja ada beberapa faktor yang berpengaruh untuk pertumbuhan maksimalnya yaitu meliputi ruang lingkup dan ketersediaan pakannya. Gabus toman bisa dicampur dengan jenis ikan lainnya yang berukuran seimbang (sama besar) agar supaya tankmatenya tidak menjadi menu santapannya :mrgreen:

image

Bagi anda yang suka ikan-ikan buas, sepertinya ikan ini cukup menarik untuk dipelihara. Harga jual gabus toman juga terbilang masih lumayan. Mulai dari 50.000 rupiah hingga ratusan ribu rupiah tergantung ukurannya.

image

[display-posts tag=”ikan unik, lelucon, ikan ganas, inspirasi, ikan hias” post_per_page=”2″]

Sekian sekilas info, Semoga berguna.

Written by Ferboes Richardson
Contact me at:
Email: ferboesrichardson@gmail.com
Twitter: @ferboesR
Facebook: Ferboes Richardson
Whatsapp: +628568847750

16 Comments

  1. tolong berikan juga edukasi ke pehobi ikan, terutama yg hobi ikan2 yg termasuk ke dalam spesies asing dan karnivora karena perilaku mereka jika sudah tidak mampu memelihara ikan tersebut akan dilepaskan ke sungai/danau/waduk sehingga menyebabkan terganggunya spesies lokal dan petambak. lebih baik jika sudah tidak mampu memelihara, diserahkan kpd instansi terkait.

    • Terima kasih masukannya. Beberapa artikel saya tentang ikan2 besar sudah saya beri ‘pesan’ supaya sebelum memelihara ikan besar tersebut harus memiliki tempat yang besar. Jangan sampai setelah besar dilepas disungai 🙂

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sadis… Palmas Makan Gabus Toman, Gak Ketelan Mati Keduanya…!!! | Ferboes.com
  2. Ikan Sebagus Ini Hidupnya Di Sungai…??? | Ferboes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*